Advertisement

UMY Tingkatkan Maintenance & Kalibrasi Alat Kesehatan di Puskesmas Nglipar II

Media Digital
Selasa, 23 Juni 2020 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
UMY Tingkatkan Maintenance & Kalibrasi Alat Kesehatan di Puskesmas Nglipar II Peningkatan maintenance dan kalibrasi alat kesehatan di Puskesmas Nglipar II, Gunungkidul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Lewat Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dosen Teknologi Elektromedis, Nur Hudha Wijaya mendampingi tenaga medis untuk mewujudkan kompetensi menuju pelayanan prima di Puskesmas Nglipar II, Gunungkidul.

Kegiatan yang diikuti 20 tenaga medis beberapa waktu lalu itu bertujuan membantu mengatasi kendala yang dialami oleh Puskesmas Nglipar dalam pemeliharaan, perawatan, dan kalibrasi alat kesehatan

Advertisement

“Pemeliharaan peralatan kesehatan adalah suatu upaya yang dilakukan agar peralatan kesehatan selalu dalam kondisi laik pakai, dapat difungsikan dengan baik dan menjamin usia pakai lebih lama. Maintenance adalah perawatan peralatan kesehatan untuk menjaga kestabilan alat dengan performa yang sesuai standar yang berlaku. Tenaga medis di Puskesmas sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian ini, karena kebutuhan maintanance dan kalibrasi alat kesehatan terpenuhi. Tenaga medis mendapatkan pengetahuan tentang maintanance ringan alat kesehatan, dan berharan dapat dilaksanakan setiap tahun,” kata Nur Hudha melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Menurut dia, perawatan peralatan kesehatan di Puskesmas Nglipar II masih begitu minim.

“Hal tersebut dibuktikan masih banyaknya peralatan kesehatan yang rusak dan berdebu. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berguna untuk menyadarkan petugas untuk mengindahkan atau melakukan SOP perawatan peralatan kesehatan. Maintanance dan kalibrasi peralatan kesehatan merupakan hal yang sangat penting harus dilakukan oleh setiap pengelola sarana kesehatan, karena alat tersebut berhubungan langsung dengan pasien. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan kejadian yang tidak diinginkan oleh pasien, artinya kondisi alat kesehatan harus selalu siap pakai dan harus selalu terjamin,” ucap dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu Kristen Tak Terbatas, Tuhan Akan Angkat Kamu From Mess to Masterpiece!

Hiburan
| Jum'at, 19 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement