Advertisement

UMY Latih Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jogja Menulis Jurnalistik dalam Bahasa Inggris

Media Digital
Sabtu, 29 Agustus 2020 - 16:57 WIB
Budi Cahyana
UMY Latih Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jogja Menulis Jurnalistik dalam Bahasa Inggris Pelatihan penggunaan bahasa Inggris dalam penulisan jurnalistik bagi siswa di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puput Arfiandhani, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Pelatihan Penggunaan Bahasa Inggris dalam Jurnalistik di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Pelatihan berlangsung pada 27 Juli sampai dengan 15 Agustus 2020 dan diikuti 25.

Advertisement

“Tujuan dari program PKM ini adalah untuk memberi pendampingan kepada siswa dalam peningkatan kemampuan menulis berita dalam Bahasa Inggris,” kata Puput melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Pelatihan bahasa Inggris diberikan dalam tiga sesi online yang dilakukan oleh tim dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMY yaitu Puput Arfiandhani dan Ika Wahyuni Lestari. Tugas akhir dari program ini berupa Project Humans of Yogyakarta. Para siswa menulis profil atau kisah inspirasi mengenai orang di Jogja, seperti pedagang kecil, pengamen jalanan maupun pendiri komunitas angklung.

Sebelum program dimulai, siswa diberi pretest untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris dan jurnalistik mereka. Di akhir program, post-test juga diberikan untuk melihat apakah ada peningkatan kemampuan jurnalistik Bahasa Inggris siswa.

“Dalam tiga sesi pelatihan online yang diselenggarakan melalui media Whatsapp, siswa diajak mempelajari penulisan salah satu tipe berita, yaitu feature story. Sesi pertama dan kedua disampaikan melalui Whatsapp dan video yang di-upload di YouTube. Sesi kedua diadakan sebagai sesi mini webinar pada Sabtu, 15 Agustus 2020 melalui Zoom.

Taufik Akbar, salah satu siswa SMA Muhammadiyah 3 Jogja mengatakan workshop ini sangat bermanfaat. “Kami jadi menyadari mengenai pentingnya penguasaan Bahasa Inggris dalam jurnalistik. Selain itu, pengetahuan kami pun bertambah,” kata dia.

Eka Wahyu Saputra, guru pembina ekstrakurikuler Muhammadiyah English Club (MEC) menyebutkan program pelatihan English for Journalism ini adalah suatu program yang sangat menarik sekali dan luar biasa.

“Program ini sangat membantu dalam pengembangan dan penambahan skill berbahasa Inggris. Selain pengetahuan dasar tentang jurnalisme, peserta didik juga diajarkan pengembangannya. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat buat peserta didik karena program seperti ini belum tentu didapatkan ketika melaksanakan pembelajaran,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement