Advertisement

Lewat Aplikasi, Data Golongan Darah Lebih Mudah Diketahui

Media Digital
Sabtu, 29 Agustus 2020 - 19:57 WIB
Budi Cahyana
Lewat Aplikasi, Data Golongan Darah Lebih Mudah Diketahui Pengabdian UMY di TK Al Fatah Sedan, Ngaglik, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Mega Octavia, dosen Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membantu TK Al Fatah Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, memanfaatkan aplikasi teknologi menggunakan Android Based Health Record Students untuk mempermudah penyimpanan dan penyajian data golongan darah yang mudah dan cepat di taman kanan-kanak tersebut.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY tersebut berlangsung di TK Al Fatah Sedan pada Sabtu, 14 Maret 2020. Kegiatan itu diikuti 48 orang tua siswa dan 75 siswa TK.

Advertisement

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan orang tua siswa tentang pentingnya pemeriksaan golongan darah, mendorong siswa TK mengetahui lebih dini jenis golongan darah ABO dan rhesusnya, serta memudahkan pencarian database kesehatan siswa dengan pembuatan aplikasi Android Based Health Record Students,” kata Mega melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Pengabdian UMY ini dibagi dalam tiga tahap, yakni sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya pemeriksaan pada orang tua siswa yang diisi oleh seorang dokter, pemeriksaan golongan darah oleh farmasis dan organisasi TBO Prodi Farmasi FKIK UMY kepada siswa TK, serta pembuatan aplikasi software database kesehatan siswa.

“Acara sangat bermanfaat terbukti dengan peningkatan pengetahuan tentang materi pada pre-test dan post-test, orang tua sangat senang karena disediakan pemeriksaan golongan darah gratis dan terdokumentasi. Pelaksanaan berjalan lancar, tetapi aplikasi software butuh waktu yang lama,” ujar Mega.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement