Advertisement

Desa Sadar Konstitusi & Sadar Bencana Didorong di Lereng Merapi

Media Digital
Kamis, 17 September 2020 - 11:07 WIB
Budi Cahyana
Desa Sadar Konstitusi & Sadar Bencana Didorong di Lereng Merapi Penyuluhan desa sadar konstitusi di Desa Donoharjo, Ngaglik, Sleman, pada 19 Juli 2020. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendorong desa di lereng Merapi, Sleman, untuk lebih sadar konstitusi dan sadar bencana.

Melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM), Iwan Satriawan, dosen Fakultan Hukum UMY, menggelar pelatihan yang diikuti 20 orang di Desa Donoharjo, Ngaglik, Sleman, pada 19 Juli 2020.

Advertisement

“Tujuan program ini adalah memberikan pemahanam hak-hak konstitusional warga negara, khususnya daerah yang rentan terkena bencana alam dari Gunung Merapi,” kata Iwan.

Penyuluhan ini menghadirkan tiga narasumber, yakni Agus Setyo Muntohar selaku ahli teknik tanah, Iwan Satriawan ahli hukum tata negara, dan Sunarno Ibrahim ahli hukum agraria dan kebencanaan.

Menurut Iwan, masyarakat harus mengerti akan hak-hak warga negara yang perlu dipenuhi ketika terjadi mitigasi bencana alam agar tidak terjadi simpang siur, dan pengabaian HAM oleh pemerintah.

“Pada hakikatnya hak-hak warga negara wajib dijunjung tinggi di sebuah negara demokrasi. Apabila lalai dalam pemenuhannya, pemerintah dapat dikatakan telah melanggar nilai-nilai HAM dan demokrasi yang telah diatur oleh UUD 1945. Perlindungan dan pemenuhan hak-hak konstitusional warga negara di wilayah yang rentan bencana merupakan kewajiban seluruh pihak, terutama pemerintah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement