Advertisement

UMY Beri Edukasi soal Produksi Batik Pewarna Alami

Media Digital
Rabu, 30 Desember 2020 - 19:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
UMY Beri Edukasi soal Produksi Batik Pewarna Alami Batik dengan pewarnaan alami. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Sebuah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan edukasi kepada perajin batik di Tegal Panggung Jogja tentang pewarnaan alami.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Sudarisman selaku Dosen Teknik Mesin UMY ini dilaksanakan mulai 1 Maret hingga 1 Agustus 2020.

Advertisement

Dalam rilisnya, Sudarisman menyampaikan bahwa seni pewarnaan alami sudah dilakukan para perajin sejak kain batik ditemukan. Menurutnya, pengabdian ini bertujuan memberikan edukasi khazanah kebudayaan batik tentang pewarnaan alami sebelum ditemukan pewarna kimia.

“Pewarnaan alami menggunakan indigofera, jolawe, tinggi, akasia menghasilkan warna-warna alam dengan tone pastel,” tuturnya.

Ia menjelaskan batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui oleh Unesco dan selalu diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Batik merupakan proses perintangan warna menggunakan lilin, yang memiliki motif dekorasi batik yang khas.

Program yang dilaksanakan bersama pegiat pewarna alam yaitu Saiful Bachri ini mampu mengedukasi bahwa proses pewarnaan pada batik harus melalui beberapa tahap. Setelah kain mori dilukis menggunakan lilin, kemudian dicelupkan dalam larutan warna, lalu dilakukan proses pemanasan untuk menghilangkan lilin dari kain.

“Proses inilah yang perlu diketahui masyarakat untuk semakin menghargai kain batik. Sehingga para perajin batik mampu bertahan dari serbuan kain-kain printing bermotif batik yang diproduksi oleh industri-industri tekstil besar. Karena sejatinya kain printing tersebut belum bisa disebut kain batik,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Dewa 19 Tampil Memukau, Ahmad Dhani Sempat Salah Memulai Lagu

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement