Advertisement

UMY Gelar Pelatihan Pembagian Waris Menggunakan Metode At-Tashil di SMK Muhammadiyah Gamping

Suci Dinda Astian
Minggu, 11 April 2021 - 12:27 WIB
Budi Cahyana
UMY Gelar Pelatihan Pembagian Waris Menggunakan Metode At-Tashil di SMK Muhammadiyah Gamping Pembagian Waris Menggunakan Metode At- Tashil. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Juanda, dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gamping mengadakan pelatihan pembagian waris menggunakan metode At-Tashil. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Gamping dan menghadirkan 16 peserta pada Sabtu (3/4/21) pukul 08.30 – 11.00 WIB. 

Pelatihan ini merupakan kegiatan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah Yogyakarta yang salah satunya berupa pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini bertema Pelatihan Pembagian Waris Menggunakan Metode At- Tashil. Juanda, berkata, “Pelatihan ini dilakukan untuk mempermudah penghitungan pembagian waris.”

Advertisement

Dalam Islam, harta peninggalan disebut dengan tirkah. Rohmansyah, kolega Juanda di UMY, menjelaskan bahwa pemindahan harta peninggalan orang yang telah meninggal dunia kepada pewaris, harus berupa benda yang sifatnya tidak bergerak, baik berupa tanah, atau uang. “Apabila benda tersebut berupa rumah maka harus diubah ke dalam bentuk uang dahulu,” ujarnya.

Di dalam Islam ada hal-hal kewarisan yang tidak bisa di lakukan, seperti  perbedaan agama, dan pembunuhan secara disengaja anggota keluarga dan kerabat.

Tim Pengabdian Masyarakat UMY telah membuat sebuah aplikasi berbasis alat hitung waris At-Tashil. Di dalam aplikasi ini terdapat beberapa subbagian mulai dari jumlah harta peninggalan almarhum, jumlah hutang almarhum, dan ahli waris terdiri dari siapa saja. Dalam aplikasi ini masyarakat dimudahkan dalam penghitungan waris. Hasil yang dikeluarkan menggunakan aplikasi ini sangat akurat.

“Ke depannya kami akan membuat aplikasi software seperti At-Tashil namun subbagan penghitungan akan ditambahkan dan lebih lengkap lagi jadi akan mempermudah masyarakat yang menggunakannya,”  ucap Juanda. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement