Advertisement

KKN UMY Tingkatkan Pemasaran Batik & Pangsit Tempe UMKM Pundong II Tirtoadi

Media Digital
Minggu, 11 April 2021 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Tingkatkan Pemasaran Batik & Pangsit Tempe UMKM Pundong II Tirtoadi Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 213 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan pengabdian masyarakat di UMKM Pangsit Tempe Asa Jaya dan UMKM Batik di Pundong II, Tirtoadi, Mlati, Sleman.

Advertisement

Harianjogka.com, SLEMAN—Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 213 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan pengabdian masyarakat di UMKM Pangsit Tempe Asa Jaya dan UMKM Batik di Pundong II, Tirtoadi, Mlati, Sleman.

“Program KKN ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran batik dan meningkatkan pemasaran produk pangsit rempe,” kata Wisnu Kartika, dosen pembimbing lapangan KKN UMY, Selasa (9/2/2021).

Advertisement

Wisnu mengatakan pelaksanaan KKN diharapkan dapat meningkatkan jangkauan pasar dengan motif batik Parijotho yang telah lama dikembangkan dan peningkatan pendapatan pada UMKM Pangsit Tempe Asa Jaya dengan bantuan hibah berupa drum untuk memasak cairan batik pada UMKM Batik.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan diawali pada Selasa (9/2/2021). Kegiatan diawali dengan workshop pengantar yang disampaikan oleh anggota KKN dengan mempresentasikan model dan motif batik yang akan menjadi bahan workshop. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan membatik oleh warga dan anggota KKN.

Program KKN UMY difasilitasi sepenuhnya oleh Lembaga Penelitian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY dan mendapat apresiasi dari UMKM. Program KKN UMY terbukti membantu UMKM di masa pandemi.

“Warga merasakan KKN ini sangat membantu pendampingan UMKM yang menurun dikarenakan adanya pandemi. Adanya masukan dari tokoh masyarakat supaya kegiatan KKN ini dapat dilanjutkan lagi pada kesempatan berikutnya,” ujar Wisnu. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement