Advertisement

UMY Gandeng Pemuda Jatinom Klaten Bentuk Posbindu PTM

Media Digital
Senin, 12 April 2021 - 22:17 WIB
Budi Cahyana
UMY Gandeng Pemuda Jatinom Klaten Bentuk Posbindu PTM Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggandeng pemuda kader kesehatan Dukuh Banyusri, Krajan, Jatinom, Klaten menginisiasi pembentukan Posbindu penyakit tidak menular (PTM). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Magister Keperawatan  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggandeng pemuda kader kesehatan Dukuh Banyusri, Krajan, Jatinom, Klaten menginisiasi pembentukan Posbindu penyakit tidak menular (PTM).

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilaksanakan pada Sabtu hingga Minggi (27-28/3/2021). Program ini dilaksanakan untuk mengenalkan pada masyarakat apa itu PTM, bagaimana deteksi dininya, serta memberdayakan masyarakat untuk mengelola Posbindu PTM.

Advertisement

“Kegiatan diawali dengan FGD untuk mengenalkan apa itu Posbindu PTM dengan mengundang perwakilan dari setiap kelompok umur, yaitu remaja, bapak-bapak dan ibu-ibu pada tanggal 13 Maret 2021. Hasil pertemuan semua sepakat untuk diadakan Posbindu PTM di Dukuh Banyusri sekaligus terbentuk kader – kader yang bertugas di Posbindu,” ujar Nur Chayati, dosen Magister Keperawaran UMY.

Kegiatan kedua adalah pelatihan kader pada 27 Maret 2021. Sebelumnya semua kader di ajari tata cara pengisian KMS Posbindu oleh Ema Waliyanti, kemudian kader di bagi 3 kelompok kecil, kelompok 1 untuk pemeriksaan berat badan, tinggi badan dan lingkar perut. kelompok 2 untuk pemeriksaan tekanan darah dan kelompok 3 untuk pemeriksaan darah.

Sementara pada kegiatan ketiga adalah peresmian dan pelaksanaan perdana Posbindu PTM pada tanggal 28 Maret 2021 mulai jam 8-12. Kedatangan warga dibagi berdasarkan RT, RT 8 jam 8-9, RT 9 jam 9-10, RT 10 jam 10-11 dan RT 11 jam 11-12. Kegiatan dijalankan dengan menggunakan protokol kesehatan. Untuk para kader wajib menggunakan masker medis, faceshield dan cuci tangan. Untuk warga yang datang harus menggunakan masker (kader juga menyediakan), cek suhu dan cuci tangan.

Posbindu PTM resmi dibuka oleh Ketua RT 10, dengan nama resmi Posbindu adalah ‘MEKAR ASRI’ dengan harapan Posbindu ini bisa terus kontinyu dijalankan, berkembang dan menarik untuk dikunjungi warga. Penyerahan barang kepada Ketua Posbindu, Agung Ali Mochtar dilakukan oleh Nur Chayati, berupa seperangkat alat-alat kesehatan.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Banyusri, karena banyaknya masalah kesehatan yang dialami warga serta ketakutan masyarakat untuk datang ke layanan kesehatan. Masyarakat merasa bangga dan berterimakasih kepada pengusul kegiatan dan UMY yang sudah bisa mewujudkan harapan masyarakat,” kata Agung Ali Mochtar.(ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Film Korea Selatan Terbaru, Jo Jung Suk Tampil sebagai Pilot Cantik

Hiburan
| Rabu, 17 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement