Advertisement

KKN UMY Tingkatkan Pengetahuan Warga Pandak dalam Hadapi New Normal

Media Digital
Jum'at, 16 April 2021 - 15:12 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Tingkatkan Pengetahuan Warga Pandak dalam Hadapi New Normal Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di bawah bimbingan Dr.dr.Sri Sundari, Mkes, dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY mengambil tema Peningkatan Pengetahuan warga dalam menghadapi New Normal dan skrining komorbit pasien Covid. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di bawah bimbingan Dr.dr.Sri Sundari, Mkes, dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY mengambil tema Peningkatan Pengetahuan warga dalam menghadapi New Normal dan skrining komorbit pasien Covid.

KKN berlangsung di Puskesmas Pandak 2, Bantul dan melibatkan 34 orang Prolanis Puskesmas Pandak 2 dengan  komorbit Diabetes Mellitus.

Advertisement

“Tujuan kami adalah meningkatkan pengetahuan warga dengan komorbit DM dalam menghadapi New Normal Pandemi Covid 19 dan meningkatkan ketaatan dalam kontrol komorbit Diabetes yang sudah lama diderita,” kata Sri Sundari.

Pada kegiatan  ini diawali dengan penyebaran flyer dan pemberian hand sanitizer kepada warga prolanis Puskesmas Pandak 2. Setelah itu dilakukan tanya jawab  pemahaman warga tentang penyakit covid 19 yang saat ini mesih pandemi di Indonesia dan tentunya wilayah puskesmas pandak 2 yang terdapat banvak warga yang terkonfirmasi Covid. Pemahaman yang ditanyak adalah tentang penyakit Covid, gejala, cara penularan, dan cara pencegahan serta ditanyakan juga kebiasaan warga saat ini setelah pandemi terjadi. selain itu juga ditanyakan tentang pemahaman warga terkait penyakit kaitan DM yang sudah diderita sejak lama dengan penyakit Covid 19.

Sebagian warga paham tentang bagaimana menghadapi penyakit ini setelah hidup dalam kendisi new normal di antaranya tentang pemakaian masker, cuci tangan dan jaga jarak, namun apa yang dipahami ini belum sepenuhnya dipraktekkan secara nata tengan terlihatnya mereja yang menggunakan masker tanya menutupi mulut, ketika berbicara dengan teman sebelah masker dibuka, ketika bertemu teman langsung mendekat dan bercerita. Apalagi pemahaman tentang kaitan DM dengang Penyakit Covid meraka banyak yang belum paham. Oleh karena itu peningkatan pemahaman warga terkait pencegahan penyakit covid 19 ini perlu disosialisaikan secara terus menerus denna harapan akan menjadi kebiasaan baru dalam kehidupan meraka saat ini. kegiatan ini diakhiri dengen peeriksaan kadar gula darah bagi prolanis Puskesmas Pandak 2.

“Warga sangat senang dengan kegiatan ini, begitu  juga pihak mitra  merasa terbantu dengan sosialisasi yang dilakukan oleh LP3M melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat bersama KKN tema Kesehatan UMY. Peningkatan dan sosialisasi kebiasaan baru di era new normal ini perlu dilakukan secara terus menerus, arena untuk membentuk kebiasaan baru tidak cukup sosialisasi dilakukan sekali atau 2 kali,” ujar Sri Sundari. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement