Advertisement

UMY dan PRIM Queensland Australia Tingkatkan Derajat Kesehatan di Masa Pandemi

Media Digital
Jum'at, 16 April 2021 - 14:22 WIB
Budi Cahyana
UMY dan PRIM Queensland Australia Tingkatkan Derajat Kesehatan di Masa Pandemi Ketua Pengabdian Masyarakat Kerja Sama Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Laili Nur Hidayati, Ns.,M.Kep.Sp.KepJ menginisiasi kerja sama dalam program pengabdian masyarakat antara PSIK UMY dengan Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) Queensland, Australia. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ketua Pengabdian Masyarakat Kerja Sama Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Laili Nur Hidayati, Ns.,M.Kep.Sp.KepJ menginisiasi kerja sama dalam program pengabdian masyarakat antara PSIK UMY dengan Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) Queensland, Australia.

sebagai bentuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat di masa pandemi.  Penyuluhan dan bimbingan terkait masalah fisik dan psikososial pada masyarakat selama masa pandemik ini untuk membantu mengakses informasi yang akurat dan update terkait perawatan dan pencegahannya. Edukasi ini sangat penting dan mendesak untuk dilaksanakan agar kualitas hidup warga muslim di wilayah kerja PRIM Queensland semakin meningkat.

Advertisement

“Harapannya, dengan bersinergi antara PCIM dan PCIA Australia dan PRIM Qld dengan UMY, maka dapat semakin mengembangkan potensi mitra dan UMY. Topik kesehatan diambil karena selama masa pandemi, isu ksehatan sangat penting untuk mencegah berbagai masalah kesehatan fisik dan psikologis. PCIM Australia ini juga punya potensi hebat, sudah ada beberapa kegiatan yang dilakukan, banyak pengajiannya, akan tetapi yang spesifik terkait kesehatan perlu lebih di tingkatkan lagi.,” kata laili, dosen Ilmu Keperawatanm Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY.

Penyuluhan terkait masalah kesehatan secara fisik dan psikososial ini didukung dari hasil penelitian pengabdi sebelumnya yang menyatakan bahwa penyakit fisik yang kronik dapat mengalami ansietas sehingga membutuhkan banyak biaya untuk pengobatan dikarenakan berulang kali berobat ke pelayanan kesehatan dengan munculnya gejala penyakit fisik (https://www.atlantis-press.com/proceedings/icosihsn-19/125919827). Semua aktivitas pengabdian ini dilakukan secara online (zoom) untuk memfasilitasi agar kegiatan dapat menjangkau banyak warga Muhammadiyah dan Aisyiyah dimanapun berada,  bahkan warga non Muhammadiyah sebagai bentuk dakwah amar makruf nahi munkar. Pengukuran  dilakukan dengan Pre post terkait knowledge dan attitude, kemudian di akhir webinar ada evaluasi kegiatan selama pengmas.

Pelaksanaan Webinar dilakukan pada Sabtu, 13 Maret 2021 dan dimulai pukul 13.00 – 16.30 WIB. Webinar kali ini mengambil topik dari pemateri yang sudah ahli dalam bidangnya dan dilanjutkan dengan Video Edukasi Massa dari Mahasiswa Profesi Ners PSIK UMY Angkatan 28. Topik materi yaitu “Understanding and Preventing Diabetes Mellitus” oleh Yanuar Primanda, Ns., MNS, selaku dosen PSIK UMY yang juga aktivis PRIM QLD

Ketua PRIM Queensland Ahmad Rizky M.Umar berharap dengan adanya kegiatan pengabdian maysrakat ini bisa meningkatkan resiliensi atau ketahanan masyarakat dalam meningkatkan kesehatan serta bisa meningkatkan koneksi warga Muhammadiyah yang tidak terbatas ruang dan waktu sehingga terjalin silaturahmi yang baik antara UMY dengan PRIM Queensland. (ADV)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement