Advertisement

KKN UMY Promosikan Kuliner & Kearifan Lokal Mandar Melalui Media Teknologi Informasi

Media Digital
Jum'at, 07 Mei 2021 - 15:17 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Promosikan Kuliner & Kearifan Lokal Mandar Melalui Media Teknologi Informasi Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakra (UMY) mengoptimalkan peran warga KKMSB Jogja dalam promosi kuliner mandar dan kearifan lokal berbasis IT melalui kegiatan in house training (IHT). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengoptimalkan peran warga KKMSB Jogja dalam promosi kuliner mandar dan kearifan lokal berbasis IT melalui kegiatan in house training (IHT).

Dosen pembimbing lapangan, Muh. Naim Madjid, S.S., M.I.S., Ph.D., yang juga dosen Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas  Pendidikan Bahasa, UMY, mengatakan kegiatan ini berlangsung di Jl. Taman Siswa Gg. Brajahita mergangsan kidul, Wirogunan , Kec. Mergangsan, Kota Jogja (Asrama Todilaling) pada Sabtu, 6 Februari 2021, pukul 08.30-12.00 WIB. Kegiatan berlangsung secara offline dan live Youtube.

Advertisement

“Tujuan pengabdian untuk mempromosikan kuliner Mandar (ule-ule) dan kearifan lokal (kerajinan tangan) melalui media IT dengan mengoptimalkan peran warga Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat di Jogja,” kata Naim.

Pengabdian KKN PPM ini dilakukan dalam bentuk IHT yang dibagi dalam 3 sesi. Ssesi pemaparan ilmiah oleh Dr. Muh. Naim Madjid selaku ketua tim pengabdian dengan judul Membangun Semangat Produktivitas Warga KKMSB di Era Pandemi Berbasis Ta'awun.

Pemaparan kedua disampaikan oleh M. Pudail, S.Th.I, MSI. selaku mitra dengan judul Membangun Ketahanan Ekonomi Warga KKMSB Melalui Promosi Budaya Mandar & Kearifan Lokal. Sesi kedua dilanjutkan dengan demo masakan khas Mandar yaitu Tarreang oleh Nasra (anggota Mitra) dan pada sesi ketiga pelatihan & pendampingan IT (Packaging & Marketing Produk Kuliner Mandar) dilakukan oleh Tim KKN-IT 075 UMY dan ditutup dengan foto produk. Kegiatan ini berlangsung dengan baik sesuai dengan protokol kesehatan.

Secara keseluruhan, kegiatan ini disambut hangat dan baik oleh pihak mitra dengan harapan kegiatan dan kerjasama yang sangat bermanfaat seperti ini dapat tetap terlaksana dan terjalin dengan baik.

“Perserta dalam kegiatan pengabdian ini adalah para warga sulawesi barat yang terhimpun dalam orsos KKMSB dan mahasiswa Asrama Todilaling yang dihadiri kurang lebih 15 orang secara offline dan 20 orang secara online. Pihak mitra sangat merespon dengan baik dan penuh antusias.. Melalui kegiatan pengabdian ini, pihak mitra berharap pendampingan seperti ini dapat berkelanjutan dan kuliner Mandar dapat lebih dikenal oleh masyarakat Yogyakarata pada  khususnya dan oleh masyarakat luas pada umumnya,” kata Naim. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Dibanding 2019, KPU Sleman Klaim Pemilu 2024 Berjalan Lebih Sukses

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement