Advertisement

Inisiasi UMY Rancang Laboratorium Komputer dan Teknologi Informasi di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pabelan, Magelang

Media Digital
Sabtu, 24 Juli 2021 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Inisiasi UMY Rancang Laboratorium Komputer dan Teknologi Informasi di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pabelan, Magelang Penyerahan perangkat komputer dan proses instalasi unit komputer oleh tim Pengabdian kepada masyarakat UMY di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pabelan pada Rabu (13/07/2021). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, Magelang-Tri Wahyono beserta tim pengabdian kepada masyarakat Program Studi Teknik Mesin UMY melalui program kemitraan masyarakat (PKM) berinisiasi merancang laboratorium komputer dan teknologi informasi di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pabelan, Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini dimulai dengan persiapan, pengadaan, instalasi, perancangan, hingga penyerahan kepada MI Muhammadiyah Pabelan sejak Maret hingga pertengahan Juli 2021.

Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pabelan merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang ada di Desa Pabelan, Kec. Mungkid, Magelang. Karena lokasinya di Dusun Blangkunan, dusun yang paling jauh dengan akses kantor pemerintahan desa, lokasi MI tersebut jauh dari akses jalan utama sekitar 2.5 km. Dengan kondisi tersebut, motivasi warga Desa Pabelan untuk menyekolahkan anaknya ke MI tersebut sangat kurang sehingga siswa yang bersekolah juga sedikit.

Advertisement

Setiap tingkat kelas hanya terdiri atas 1 ruang atau rombongan belajar (rombel) dengan jumlah siswa yang tidak merata. Selain itu, karena kondisi walimurid yang umumnya hanya bekerja sebagai buruh dan petani sehingga MI Muhammadiyah Pabelan juga tidak bisa menentukan biaya pendidikan yang tinggi. Dalam kondisi tersebut, MI Muhammadiyah Pabelan sangat terbantu dengan adanya dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang dapat diandalkan untuk dana operasional pelaksanaan pendidikan. Dengan demikian, madrasah tidak mampu mengembangkan infrastruktur tambahan sebagai bahan dan pengetahuan belajar siswa. Melalui program pengabdian kemitraan masyarakat ini, diharapkan dapat menjadi solusi alternatif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang komputer dan teknologi informasi.

Pengetahuan dan keterampilan tentang teknologi komputer dan informasi harus diajarkan kepada siswa sejak dini. Keterampilan tersebut sangat dibutuhkan saat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Siswa sekolah dasar atau MI sangat membutuhkan keterampilan tersebut untuk bekal dalam menghadapi perkembangan dan kemajuan teknologi yang lebih canggih. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan infrastruktur yang memadahi agar proses pembelajaran teknologi informasi dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Hingga saat ini, pembelajaran komputer dan teknologi informasi di Madrasah Muhammadiyah Pabelan belum terlaksana karena tidak tersedianya perangkat komputer yang dapat digunakan oleh siswa.

Melalui program pengabdian masyarakat ini, secara bertahap akan dirancang laboratorium teknologi informasi di MI Muhammadiyah Pabelan agar dapat digunakan sebagai media belajar dan praktik teknologi informasi untuk siswa. Melalui program kemitraan masyarakat (PKM) Prodi Teknik Mesin dan MI Muhammadiyah Pabelan bekerjasama untuk merancang dan menyediakan peralatan komputer secukupnya. Pengadaan perangkat komputer didapatkan melalui program hibah pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Melalui program ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan siswa dalam bidang teknologi komputer dan informasi. Ke depan, semoga program kemitraan masyarakat (PKM) ini dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengoperasikan komputer dengan baik dan dapat mengembangkan keterampilan teknologi informasi seiring dengan perkembangan terkini. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 27 April 2024: Hujan Sedang di Siang Hari

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement