Advertisement

KKN UMY Tingkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak Desa Trayu di Masa Pandemi dengan Peningkatan Intrinsic Motivation

Media Digital
Sabtu, 24 Juli 2021 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Tingkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak Desa Trayu di Masa Pandemi dengan Peningkatan Intrinsic Motivation Peningkatan Motivasi Belajar Anak-Anak Desa Trayu di Masa Pandemi dengan Peningkatan Intrinsic Motivation. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang dibimbing Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum., dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan kegiatan bertema Peningkatan Motivasi Belajar Anak-Anak Desa Trayu di Masa Pandemi dengan Peningkatan Intrinsic Motivation.

KKN berlangsung di Trayu, Ngargosari, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta pada bulan 1-31 Juni 2021 dan melibatkan 23santri TPA Tarbiyatul Atfal Desa Trayu.

Advertisement

“Tujuannya Meningkatkan motivasi belajar anak dengan kondisi pandemi yang mengharuskan anak belajar secara daring dengan meningkatkan motivasi intrinsik,” kata Andi.

Kegiatan diawali dengan pemaparan protokol kesehatan dan pengetahuan seputar pandemi sehingga anak tahu dan paham. Selanjutnya peningkatan motivasi intrinsik dilakukan dengan pendekatan cita-cita dimana pemateri memaparkan beberapa contoh orang yang berhasil dibidangnya masing-masing. Kemudian anak-anak digali potensi cita-cita yang akhirnya diupayakan untuk dapat meningkatkan motivasi intrinsik untuk menggapai cita-cita tersebut. Anak berperan aktif dalam kegiatan ini dengan menyampaikan cita-cita mereka di masa depan.

Pengasuh TPA Tarbiyatul Atfal, Bambang Sukisno menyampaikan apresiasi kepada UMY melalui program pengabdian ini sehingga santri TPA Tarbiyatul Atfal dapat lebih termotivasi belajar. Hal ini disampaikan mengingat pembelajaran daring yang hampir berlangsung selama lebih dari 1 tahun yang menyebabkan menurunnya motivasi belajar anak.

Program PKM seperti ini diharapkan untuk terus dilaksanakan sehingga manfaatnya akan bisa dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement