Advertisement

KKN UMY Kembangkan Alat Peraga Edukatif (APE) untuk Pembangunan Karakter Anak Usia Dini

Media Digital
Sabtu, 24 Juli 2021 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Kembangkan Alat Peraga Edukatif (APE) untuk Pembangunan Karakter Anak Usia Dini Pengembangan Alat Peraga Edukatif (APE) untuk Pembangunan Karakter Anak Usia Dini. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dibimbing Andi Wirantaka, S.Pd., M.Hum., dosen Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Pendidikan Bahasa, mengadakan kegiatan bertema Pengembangan Alat Peraga Edukatif (APE) untuk Pembangunan Karakter Anak Usia Dini.

KKN berlangsung di KB & TK Aisyiyah Khadijah Bangunjiwo Timur, Bangunjiwo Timur, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, 1 Juni- 10 Juli 2021 dan diikuti delapan guru-guru KB & TK Aisyiyah Khadijah Bangunjiwo Timur.

Advertisement

“Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan Alat Peraga Edukatif (APE) untuk Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,” kata Andi.

Kegiatan pengabdian ini meliputi beberapa kegiatan yang antara lain, yang pertama adalah pemaparan program dan materi APE yang dimaksudkan untuk memberi pemahaman dan input kepada peserta pengabdian terkait materi dan topik pengabdian. Kegiatan kedua adalah diskusi kelompok pengembangan APE yang dilaksanakan oleh guru dengan membentuk kelompok kecil dengan. Kegiatan ketiga adalah pembuatan APE dari hasil diskusi sebelumnya. Kegiatan yang keempat adalah presentasi APE untuk melaporkan hasil pengembagan APE kepada sesama guru. Kegiatan yang terakhir adalah evaluasi APE dan program pengabdian yang dilakukan dengan tanya jawab dan angket.

Kepala sekolah KB & TK Aisyiyah Khadijah, Ibu Riana Yuliastuti, S.Pd. AUD menyampaikan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk guru- guru mengingat kebutuhan APE sangat besar dalam mendukung proses belajar mengajar. Selain itu APE yang dikembangkan memiliki kehususan dalam hal pendidikan karakter anak usia dini.

Riana Yuliastuti menyampaikan terima kasih kepada UMY dan tim pengabdian yang telah menjalin kerjasama dengan KB & TK Aisyiyah Khadijah Bangunjiwo Timur dan besar harapan bahwa kerjasama ini akan terus berlanjut. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Tingkatkan Daya Saing, Pemkot Jogja Dorong Sertifikasi dan Legalitas Produk UMKM

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Peringatan Hari Kartini 21 April: Youtube Rilis Dokumenter Perempuan Kreator

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement