Advertisement

PKM UMY Terapkan PLTS pada Lahan Pekarangan Terbatas di Sleman

Media Digital
Sabtu, 24 Juli 2021 - 21:37 WIB
Budi Cahyana
PKM UMY Terapkan PLTS pada Lahan Pekarangan Terbatas di Sleman Penerapan PLTS pada Lahan Pekarangan Terbatas di Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang diinisiasi Dr. M. Heri Zulfiar ST., MT, dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UMY mengambil tema Penerapan PLTS pada Lahan Pekarangan Terbatas di Sleman.

PKM berlangsung di Trimulyo dan Kentungan, Januari sampai dengan Juli 2021. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa sebagai tim teknis, pemuda sebagai mitra pelaksana, warga pemilik lahan pekarangan untuk pertanian, LSM Argoteknologi dan tokoh masyarakat

Advertisement

“Tujuan kami adalah melakukan pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan PLTS untuk pertanian di lahan pekarangan terbatas,” ujar dia.

Kegiatan diawali dengan melakukan survei dan dilajutkan diskusi awal untuk mendapatkan layout atau konsep pertanian modern pada lahan terbatas. Melakukan koordinasi awal, sosialisasi PLTS serta melakukan diskusi terkait dengan kebutuhan dan mengefisienkan penggunaan lahan sekaligus meningkatkan efektifitas penerapan pertanian modern. Melakukan survey untuk mengidentifikasi altenativ lokasi beserta kendalanya. Kegiatan ini menghasilkan 3 alternatif lokasi yaitu:

Lokasi 1 di lahan rumah penduduk, namun terkendala minimnya intensitas matahari karena lokasi terlalu rindang oleh pepohonan sehingga intensitas matahai sangat kurang, Lokasi 2 diperpustakaan mayarakat desa yang lebih terbuka. Namun karena ada kendala zona covid, maka dilakukan surveu lokasi 3 di perpustakaan. Melakukan kegiatan perencanaan dan perancangan PLTS. Kegiatan ini menghasilkan rencana disain struktur bangunan penopang dan rancangan sistem PLTS dan spesifikasinya. Melakukan kegaiatan pengadaan peralatan dan material PLTS sesuai dengan disain dan spesifikasinya. Melakukan pameran TTG pada 9 April 2021 di Kampus UMY dengan mengundang masyarakat. Pemasangan PLTS bersama warga dan uji coba.

“Pemasangan PLTS di di masyarakat sangat bermanfaat untuk media pembelajaran sebagai energi alternatif dan terbaharukan bagi masyarakat khusunya petani sehingga dapat membantu memanfaatkan lahan terbatas di era pandemi covid dan dapat menjadi contoh di masyarakat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan dapat menerapkannya,” kata M Ilham, dari LSM Argoteknologi

Selama pandemi Covid, pelaksanaan pengabdian mengalami beberapa kendala, menyebabkan terbatasnya peran masyarakat terutama saat pembangunan PLTS. Kegiatan sosialisasi, pameran dan perencanaan dapat terlaksana dengan baik. Namun karena lokasi pemasangan PLTS merupakan zona merah pandemic covid belum diizinkan untuk di pasang. Selanjutnya atas sepengetahuan LP3M program pengabdian pemasangan PLTS dipindahkan ke perpustakaan di daerah ketungan Sleman lokasi bukan zona pandemic. Secara menyeluruh program pengabdian ini dapat terlaksana dengan baik. Hasil dari program ini adalah PLTS untuk penerangan mendukung perpustakaan dan kegiatan masyarakat terkait dengan perpustakaan tersebut. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement