Advertisement

Pelatihan Pola Asuh Ibu pada Sekolah Ibu’ Bunda Sholihah’ Digelar untuk Tingkatkan Kualitas Pengasuhan

Media Digital
Rabu, 11 Agustus 2021 - 13:57 WIB
Budi Cahyana
Pelatihan Pola Asuh Ibu pada Sekolah Ibu’ Bunda Sholihah’ Digelar untuk Tingkatkan Kualitas Pengasuhan Meningkatkan Kualitas Pengasuhan Melalui Pelatihan Pola Asuh Ibu pada Sekolah Ibu' Bunda Sholihah'. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dr. dr. Warih Andan Puspitosari, M.Sc., Sp.KJ(K), dosen Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Meningkatkan Kualitas Pengasuhan Melalui Pelatihan Pola Asuh Ibu pada Sekolah Ibu’ Bunda Sholihah’

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini berlangsung di Sekolah Bunda Shalihah Dusun Kembaran Rt 03 Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Advertisement

Target kegiatan ini adalah melatih pola asuh anak kepada para ibu pengurus dan anggota Sekolah Ibu “Bunda Sholihah”. Pengurus dan anggota yang telah mendapatkan pelatihan dapat mengaplikasikan hasil pelatihan untuk melakukan pola asuh yang efektif dalam mengasuhan anak dalam kehidupan sehari-hari.  Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pemberian materi/edukasi kepada pengurus dan anggota, yang diberikan oleh ahli kesehatan jiwa sebagai narasumber.

“Peserta kegiatan adalah pengurus dan anggota Sekolah Ibu “Bunda Sholihah” sebanyak 30 orang. Peserta dipilih yang memiliki anak usia hingga 12 tahun yang merupakan masa tumbuh kembang yang pesat pada anak,” kata Warih.

Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan yang diberikan oleh narasumber ahli di bidang kesehatan jiwa. Pelatihan dilaksanakan dengan metode daring dikarenakan kondisi pandemi. Kegiatan dimulai dengan penyusunan modul oleh tim pengabdian. Modul terdiri dari 2 bagian yaitu tentang pola asuh dan perkembangan anak.

Modul akan disampaikan oleh narasumber secara daring melalui zoom  bentuk power point dan video pembelajaran. Pelatihan dibuat interaktif dengan peserta dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Pelatihan dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan selama 2 jam setiap pertemuan. Peserta akan dinilai pengetahuan dan keterampilan managemen stres sebelum pelaksanaan pelatihan dan melakukan evaluasi setelah selesai pelatihan. Pelatihan sangat bermanfaat untuk orang tua, di masa saat ini. bagaimana mendampingi anak saat menggunakan gedget. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Film Korea Selatan Terbaru, Jo Jung Suk Tampil sebagai Pilot Cantik

Hiburan
| Rabu, 17 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement