Advertisement

Pembinaan Life Skill Santri PA Ahmad Dahlan Kokap Melalui Budidaya Ikan Lele

Media Digital
Rabu, 01 September 2021 - 14:52 WIB
Budi Cahyana
Pembinaan Life Skill Santri PA Ahmad Dahlan Kokap Melalui Budidaya Ikan Lele Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dilaksanakan bersama mahasiswa KKN UMY dibawah bimbingan Sudarisman, Ph.D. Program ini dimaksudkan untuk memberdayakan santri Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap, Kulonprogo melalui pembekalan ketrampilan hidup (life skill) berupa usaha budidaya ikan lele. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dilaksanakan bersama mahasiswa KKN UMY dibawah bimbingan Sudarisman, Ph.D.  Program ini dimaksudkan untuk memberdayakan santri Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap, Kulonprogo melalui pembekalan ketrampilan hidup (life skill) berupa usaha budidaya ikan lele.

Di samping itu, bidudaya lele tersebut juga berupa sumber pendapatan tetap Panti Asuhan.

Advertisement

Kolam ikan terbuat dari bahan lembaran kombinasi polietilena dan poliuretan yang lebih dikenal sebagai terpal. Sedangkan tiang penahan dan batang penguat dinding dibuat menurut prinsip optimasi rancangan struktur, sehingga pemakaian materialnya menjadi lebih hemat dengan tetap mempertahankan kekuatannya. Agar masa panen tidak terkonsentrasi pada satu waktu sehingga penjualan hasilnya lebih mudah, maka kolam ikan dibuat kecil sebanyak 3 buah, masing-masing berukuran 2x3 meter persegi.

Bibit ikan yang ditebar berukuran panjang sekitar 4-6 cm, sehingga masa pembesarannya memerlukan waktu sekitar 3 bulan. Panen pertama sudah terlaksana pada pertengahan Mei lalu. Kini sedang dipersiapkan periode kedua karena air relatif sulit akibat kemarau. Selama masa pembesaran sampai dengan panen, para santri sangat antusias dalam memberi makan, memonitor kondisi air dan menggantinya, serta monitoring perkembangan ikan.

Hasil panen ketiga kolam dengan tiga waktu yang berbeda diperoleh keuntungan bersih sekitar Rp600.000 dari modal sekitar Rp3 juta termasuk penyusutan nilai kolam. Selain itu, para santri juga memiliki pemahaman dan ketrampilan dalam hal budidaya ikan lele. Pimpinan Panti Asuhan, bapak Juremi, mengucapkan terima kasih atas kerja sama ini, dan berharap dapat terus berlanjut di waktu mendatang dengan bentuk program yang berbeda. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Pemilu Usai, Gus Endar Serukan Persatuan dan Kerukunan

Bantul
| Jum'at, 26 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Lima Kdrama yang Dinanti pada 2025

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement