Advertisement

Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari Gamping Mendapat Pelatihan Personal Hygiene dan Batik Ecoprint

Media Digital
Minggu, 19 September 2021 - 03:27 WIB
Budi Cahyana
Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari Gamping Mendapat Pelatihan Personal Hygiene dan Batik Ecoprint Peningkatan Kesehatan dan Kemandirian Ekonomi Santri melalui Pelatihan Personal Hygiene dan Batik Ecoprint. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Peningkatan Kesehatan dan Kemandirian Ekonomi Santri melalui Pelatihan Personal Hygiene dan Batik Ecoprint.

Pelatihan tersebut digelar di Pondok dan Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari, Gamping, dan diikuti pembina serta  santri pondok PPA Abu Dzar Al Ghifari.

Advertisement

Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, Dr. Lisa Musharyanti, S.Kep,Ns,M.Med.Ed mengatakan kegiatan bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang personal higiene santri dan memberikan bekal keterampilan pembuatan ecoprint agar dapat mandiri dalam ekonomi.

“Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sambutan, baik dari tim pengabdian UMY dan pengurus PPA ABu Dzar Al Ghifari. Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan tentang personal higiene khususnya hand higiene atau cuci tangan dengan benar. Acara dilanjutkan dengan pelatihan disertai praktek secara berkelompok dalam membuat ecoprint, dipandu oleh lima pelatih dari EcoJ,” katanya.

Peserta sangat senang mendapat pengetahuan baru tentang cuci tangan yang benar terutama di masa pandemi ini karena dapat emnecgah penularan penyakit. Peserta juga antusias saat praktek membuat karya ecoprint dan mengetahui hasil motif kain ecoprint yang sangat cantik dan bernilai ekonomi. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Pendaftaran Ditutup, Ini 8 Nama yang Mendaftar Lewat Golkar di Pilkada Bantul 2024

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

The Tortured Poets Departement, Album Baru Taylor Swift Melampaui 1 Miliar Streaming di Spotify

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement