News

KKN REG IT 120 UMY Bantu Digital Marketing UMKM di Bantul

Penulis: Media Digital
Tanggal: 31 Januari 2021 - 11:57 WIB
Program KKN-PPM UMY memberikan pendampingan UMKM di Bantul. - Ist/dok UMY

Harianjogja.com, BANTUL- Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler IT 120 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan program Pelatihan Digital Marketing bagi mitra KKN Reguler IT 120 yaitu UMKM Peyek Santoso dan UMKM Kripik Sagu Nayla di Imogiri Kabupaten Bantul.

Program Pengabdian Masyarakat Skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM berbasis IT ini diketuai oleh Adhianty Nurjanah yang sekaligus menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kelompok KKN Reg IT 120.

Kelompok tersebut beranggotakan Dyah Mutiarin dan Sakir. Adapun tujuan dari Program KKN-PPM ini adalah memberdayakan UMKM Peyek Santoso, UMKM Kripik Sagu Nayla Imogiri serta Organisasi Sosial yaitu PKK di Kelurahan Triharjo Bantul.

Baca juga: Hati-Hati! Pemberitaan Media yang Tak Ramah Anak Bisa Dipidana

Kegiatan tersebut berupa pelatihan dan pendampingan sehingga UMKM dan Organisasi Sosial PKK di Bantul dapat tetap maju, mandiri dan berdaya di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan proses Forum Group Discussion (FGD) bersama mitra untuk menggali permasalahan dan kebutuhan mitra dan kemudian berdiskusi bersama untuk mencari solusi.

Adhianty Nurjanah menjelaskan Program Pengabdian Masyarakat Skema KKN PPM ini bertujuan untuk membantu memberdayakan UMKM dan Organisasi Sosial di Bantul.

"Sekaligus merupakan kontribusi nyata Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bagi pemberdayaan masyarakat khususnya di Bantul terutama di saat pandemi Covid-19," kata dosen Ilmu Komunikasi UMY tersebut, dalam rilisnya, Minggu (31/1/2021).

Baca juga: HUT ke 11, RSUD Prambanan Gelar Aksi Donor Darah

Hal ini dilakukan melalui rangkaian program kegiatan pelatihan dan pendampingan manajemen organisasi kelompok, pelatihan dan pendampingan pembukuan dan penghitungan rugi – laba.

Selain itu, juga diberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan digital marketing yang dilakukan secara online dan offline dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan bagi mitra KKN Reg IT 120 yaitu UMKM Peyek Santoso, UMKM Kripik Sagu Nayla Imogiri serta PKK di Kelurahan Triharjo.

Kustinah selaku pemilik UMKM Kriprik Santoso mengucapkan terima kasih kepada UMY karena adanya KKN UMY ini turut membantu UMKM Peyek Santoso untuk belajar pentingnya pemasaran digital dan membuka pengetahuan baru terkait promosi produk makanan menggunakan internet.

Hal senada juga disampaikan Heni, pemilik UMKM Kripik Sagu Nayla. "Adanya KKN UMY ini membantu dalam pembuatan promosi online melalui media sosial dan pembuatan merek / logo serta kemasan yang menarik bagi UMKM Kripik Sagu Nayla," katanya.

Berita Terkait

UMY Berdayakan Petani Ikan Kolam di Mejing Kidul Gamping
Dosen UMY Beri Pelatihan Komunikasi Terapeutik dan Hibah Alat Inframerah Berbasis Android
Selalu Diburu dan Ditunggu Mahasiswa, UMY Bagikan 4.000 Box Menu Buka Puasa Setiap Hari
Abdimas UMY Latih Pengelolaan Wisata di Candi Cetho, Karanganyar

Berita Lainnya

  1. Pejabat Negara Kembali Berulah, Kali Ini Korupsi Pupuk
  2. Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Siang Turun Hujan
  3. Prakiraan Cuaca Klaten Hari Sabtu Ini: Sore Hujan Lebat
  4. Dugaan Penyimpangan Impor Sapi Diadukan ke Mabes Polri

Berita Terbaru Lainnya

KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap
KKN 120 UMY Bantu UMKM Manggleng dan Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul
Jaringan Komputer di MI Muhammadiyah Pabelan Ditingkatkan