Pengabdian UMY

KKN UMY Tingkatkan Keterampilan Pendampingan Melalui Pelatihan Komunikasi dan Konseling bagi Santri dan Pengasuh Panti Asuhan

Penulis: Media Digital
Tanggal: 30 April 2021 - 12:07 WIB
Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meningkatkan kualitas pengasuhan anak melalui pelatihan pengasuh panti asuhan di Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari, Kalimanjung RT 03/031 Ambarketawang, Gamping, Sleman. - Istimewa

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meningkatkan kualitas pendampingan santri melalui pelatihan Komunikasi Efektif dan Konseling bagi santri dan pengasuh di panti asuhan di Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari, Kalimanjung RT 03/031 Ambarketawang, Gamping, Sleman. Kegiatan berlangsung pada 6 - 14 Februari dan dilaksanakan seminggu 2 kali. Pelatihan diikuti 30 santri dan pengasuh Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari.

Dr. dr Warih Andan Puspitosari, M.Sc., Sp.KJ(K), dosen Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY yang menjadi dosen pembimbing lapangan mengatakan bahwa santri dan pengasuh membutuhkan penambahan pengetahuan dan keterampilan mendampingi santri dalam mengatasi masalah.

“Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan tersebut, sesama santri maupun pengasuh dapat melakukan pendampingan yang efektif kepada para santri. Komunikasi efektif dan konseling adalah salah satu keterampilan yang dibutuhkan para santri dan pengasuh, yang selama ini belum pernah dilaksanakan di Panti Asuhan Al Ghifari,” kata dia.

Pelatihan dilaksanakan secara online melalui media Zoom dengan narasumber psikiater dan dosen UMY Dr. dr. Warih Andan Puspitosari, M.Sc., Sp.KJ(K) dan Shanti Wardaningsih, Ns. M.Kep, Sp.Jiwa, Ph.D

“Pelatihan berjalan dengan baik, semoga bermanfaat untuk para santri untuk melakukan peer konseling dan untuk para pengasuh dalam mendampingi para santri,” ujar Warih.

Selain itu, mahasiswa kelompok KKN juga melaksanakan berbagai program kerja lainnya, diantaranya adalah peningkatan ketahanan pangan di Panti dengan budidaya lele dan bertanam sayur dengan mengunakan metode aquaponik. Kegiatan ini dilaksanakan secara online dan offline dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan, dengan memberikan materi bagaimana cara pembudidayaan dan perawatan dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar nantinya ketika musim panen tiba dapat membantu perekonian panti dan menyediakan bahan pangan yang baik untuk warga panti. Program peningkatan penataan administrative dan kelengkapan panti juga dilaksanakan selama kegiatan KKN di Panti Asuhan Al-Ghifari. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Dosen UMY Optimalkan Potensi Bisnis untuk Atasi Permasalahan UMKM
Galeri Investasi FEB UMY Terbaik di DIY
Dosen UMY Kuatkan Organisasi PCA Ngampilan Melalui Komunikasi Organisasi dan Kesehatan Mental
Coblosan di TPS Khusus UMY, Pasangan Amin Unggul

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Masuk Bursa Calon Wali Kota, Sekda Kota Semarang Beri Jawaban Ini
  2. Dedy Endriyatno Aktifkan Lagi Relawan 2015 untuk Pilkada Sragen 2024
  3. Innalillahi! Pria asal Semarang Ditemukan Meninggal di Tepi Ring Road Jombor
  4. Bursa Pilgub Jateng 2024: Kapolda dapat Dukungan Kadin & Pengusaha Muda Batang

Berita Terbaru Lainnya

Adakan Pengabdian Masyarakat Tingkatkan Kinerja Organisasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat
Dosen UMY Beri Pelatihan Masjid Ramah Disabilitas
KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap