Pengabdian UMY

KKN UMY Promosikan Kuliner & Kearifan Lokal Mandar Melalui Media Teknologi Informasi

Penulis: Media Digital
Tanggal: 07 Mei 2021 - 15:17 WIB
Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakra (UMY) mengoptimalkan peran warga KKMSB Jogja dalam promosi kuliner mandar dan kearifan lokal berbasis IT melalui kegiatan in house training (IHT). - Istimewa

Harianjogja.com, JOGJA—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengoptimalkan peran warga KKMSB Jogja dalam promosi kuliner mandar dan kearifan lokal berbasis IT melalui kegiatan in house training (IHT).

Dosen pembimbing lapangan, Muh. Naim Madjid, S.S., M.I.S., Ph.D., yang juga dosen Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas  Pendidikan Bahasa, UMY, mengatakan kegiatan ini berlangsung di Jl. Taman Siswa Gg. Brajahita mergangsan kidul, Wirogunan , Kec. Mergangsan, Kota Jogja (Asrama Todilaling) pada Sabtu, 6 Februari 2021, pukul 08.30-12.00 WIB. Kegiatan berlangsung secara offline dan live Youtube.

“Tujuan pengabdian untuk mempromosikan kuliner Mandar (ule-ule) dan kearifan lokal (kerajinan tangan) melalui media IT dengan mengoptimalkan peran warga Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat di Jogja,” kata Naim.

Pengabdian KKN PPM ini dilakukan dalam bentuk IHT yang dibagi dalam 3 sesi. Ssesi pemaparan ilmiah oleh Dr. Muh. Naim Madjid selaku ketua tim pengabdian dengan judul Membangun Semangat Produktivitas Warga KKMSB di Era Pandemi Berbasis Ta'awun.

Pemaparan kedua disampaikan oleh M. Pudail, S.Th.I, MSI. selaku mitra dengan judul Membangun Ketahanan Ekonomi Warga KKMSB Melalui Promosi Budaya Mandar & Kearifan Lokal. Sesi kedua dilanjutkan dengan demo masakan khas Mandar yaitu Tarreang oleh Nasra (anggota Mitra) dan pada sesi ketiga pelatihan & pendampingan IT (Packaging & Marketing Produk Kuliner Mandar) dilakukan oleh Tim KKN-IT 075 UMY dan ditutup dengan foto produk. Kegiatan ini berlangsung dengan baik sesuai dengan protokol kesehatan.

Secara keseluruhan, kegiatan ini disambut hangat dan baik oleh pihak mitra dengan harapan kegiatan dan kerjasama yang sangat bermanfaat seperti ini dapat tetap terlaksana dan terjalin dengan baik.

“Perserta dalam kegiatan pengabdian ini adalah para warga sulawesi barat yang terhimpun dalam orsos KKMSB dan mahasiswa Asrama Todilaling yang dihadiri kurang lebih 15 orang secara offline dan 20 orang secara online. Pihak mitra sangat merespon dengan baik dan penuh antusias.. Melalui kegiatan pengabdian ini, pihak mitra berharap pendampingan seperti ini dapat berkelanjutan dan kuliner Mandar dapat lebih dikenal oleh masyarakat Yogyakarata pada  khususnya dan oleh masyarakat luas pada umumnya,” kata Naim. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Dosen UMY Optimalkan Potensi Bisnis untuk Atasi Permasalahan UMKM
Galeri Investasi FEB UMY Terbaik di DIY
Dosen UMY Kuatkan Organisasi PCA Ngampilan Melalui Komunikasi Organisasi dan Kesehatan Mental
Coblosan di TPS Khusus UMY, Pasangan Amin Unggul

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Jenis Kemasan Air Minum Berbeda-beda, Ini Penjelasannya
  2. Kolaborasi EIGER dan Difa Bike, Ojek Online Difabel Satu-Satunya di Dunia!
  3. Pengamat Politik: Ketua DPR Harus dari Partai Pemenang Pemilu 2024
  4. Penyampaian Santunan Jasa Raharja Meningkat, Segini Angkanya

Berita Terbaru Lainnya

Adakan Pengabdian Masyarakat Tingkatkan Kinerja Organisasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat
Dosen UMY Beri Pelatihan Masjid Ramah Disabilitas
KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap