Pengabdian UMY

UMY Tingkatkan Pendapatan Usaha Kecil di Semanu Gunungkidul Lewat Pembuatan Website

Penulis: Media Digital
Tanggal: 07 Mei 2021 - 16:17 WIB
Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakra (UMY) meningkatkan pendapatan usaha kecil Sinar Konveksi di masa pandemi melalui pembiatan website dan memperluas jaringan. - Istimewa

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meningkatkan pendapatan usaha kecil Sinar Konveksi di masa pandemi melalui pembiatan website dan memperluas jaringan.

Kegiatan pengabdian ini berlangsung di Ngebrak Timur RT. 05/RW.027, Semanu, Semanu, Gunungkidul pada Rabu, 3 Februari 2021, pukul 08.30-12.30 WIB secara offline dan live Youtube.

“Tujuan kami adalah membantu mitra usaha kecil Sinar Konveksi dalam meningkatkan pendapatannya melalui perluasan jejaring dengan mempromosikan produknya melalui media IT (blog, Instagram, Facebook, dan e-shopee),” kata dosen pembimbing lapangan, Muh. Naim Madjid, S.S., M.I.S., Ph.D., yang juga dosen Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Pengabdian KKN PPM ini dilakukan dalam bentuk webinar pengabdian yang dibagi dalam 2 sesi. Sesi pertama adalah pemaparan ilmiah oleh Dr. Muh. Naim Madjid selaku ketua tim pengabdian dengan judul: Meningkatkan Produktivitas Sinar Konveksi Di Era Pandemi Melalui Spirit Ta'awun Dan Wawasan Teknologi”.

Pemaparan kedua berupa Best Practice disampaikan oleh Saenal Abidin S. Hum. selaku mitra. Adapun sesi kedua dilanjutkan dengan pelatihan & pendampingan IT berupa pembuatan blog, instagram, facebook dan promosi produk di e-Shopee yang dilakukan oleh Tim KKN-IT 076 UMY. Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar sesuai dengan protokol kesehatan. Secara keseluruhan, kegiatan ini disambut sangat baik oleh pihak mitra dengan harapan kegiatan dan kerjasama yang sangat berkesan ini dapat tetap terlaksana dengan baik (berkelanjutan).

“Perserta dalam kegiatan pengabdian ini dihadiri oleh pemilik usaha kecil Sinar Konveksi (Abidin S.Hum) dan 4 karyawannya yang tinggal di desa yang sama (Semanu). Mitra sangat antusias dengan kegiatan pendampingan ini. Mereka sangat berharap bahwa melalui webinar & pendampingan seperti ini jejaring sinar konveksi bertambah dan meluas sehingga mereka pun dapat bangkit di era pandemi ini dengan meningkatkan produktivitas dan pada waktu yang sama mereka dapat mengatasi permasalahan ekonomi yang ada,” ujar Naim. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Dosen UMY Optimalkan Potensi Bisnis untuk Atasi Permasalahan UMKM
Galeri Investasi FEB UMY Terbaik di DIY
Dosen UMY Kuatkan Organisasi PCA Ngampilan Melalui Komunikasi Organisasi dan Kesehatan Mental
Coblosan di TPS Khusus UMY, Pasangan Amin Unggul

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. 875 Calon Haji Boyolali Berangkat 2024, Paling Sedikit Juwangi Hanya 5 Orang
  2. Lagu So Long London, Diduga Ungkapan Patah Hati Taylor Swift
  3. MUI Tegaskan Bakda Kupat Tak Bertentangan dengan Islam
  4. Ketua KPU Hasyim Asy’ari Dua Kali Dilaporkan Dugaan Kasus Asusila

Berita Terbaru Lainnya

Adakan Pengabdian Masyarakat Tingkatkan Kinerja Organisasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat
Dosen UMY Beri Pelatihan Masjid Ramah Disabilitas
KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap