Pengabdian UMY

UMY Tingkatkan Kesiapan Bidan Menghadapi Kegawatdaruratan di Era New Normal

Penulis: Media Digital
Tanggal: 12 Mei 2021 - 17:57 WIB
Yosy Budi Setiawan, dr., M.Sc.,Sp.An, dosen Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Upaya Peningkatan Kesiapan dan Kewaspadaan Bidan dalam Rangka Menghadapi Kasus Kegawatdaruratan di Era New Normal Pandemi COVID-19. - Istimewa

Harianjogja.com, BANTUL—Yosy Budi Setiawan, dr., M.Sc.,Sp.An, dosen Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Upaya Peningkatan Kesiapan dan Kewaspadaan Bidan dalam Rangka Menghadapi Kasus Kegawatdaruratan di Era New Normal Pandemi COVID-19.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bidan tentang patofisiologi, gejala, komplikasi, dan penatalaksanaannya terkini, khususnya tentang kegawatan serta tentang vaksinas serta meningkatkan keterampilan bidan dalam hal proteksi diri dan pasien dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Maret 2021 pukul 13.00-15.00 WIB secara daring (zoom dan live youtube) dengan metode webinar dengan judul ‘Upaya Peningkatan Kesiapan dan Kewaspadaan Bidan dalam Rangka Menghadapi Kasus Kegawatdaruratan di Era Pandemi Covid-19’.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber yang ahli dalam bidangnya yaitu dr Ardorisye Saptaty Fornia (POPY), Sp.P, M.Kes., menyampaikan materi tentang ‘Update Seputar Covid-19 dan Vaksinasinya’ dan Dr dr Muhammad Adrianes Bachnas, SpOG (K) FM yang menyampaikan materi tentang ‘Covid-19 dan Kehamilan’.

Kegiatan ini didahului dengan pre test dan diakhiri dengan post test dengan bentuk kuesioner melalui Google Form. Selanjutnya kegiatan tersebut diikuti oleh 333 peserta dan pada akhir acara peserta mendapatkan e-sertifikat ber-SKP IBI.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini tentunya sangat bermanfaat bagi bidan khususnya dan umumnya untuk masyarakat sekitar. Apalagi dimasa pandemi ini sangat diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang diselaraskan dengan adaptasi kebiasaan baru di era new-normal dengan memanfaatkan teknologi digital yang praktis dan fleksibel di kalangan masyarakat banyak,” jelas dr Yosy Budi Setiawan M.Sc Sp.An, (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Dosen UMY Optimalkan Potensi Bisnis untuk Atasi Permasalahan UMKM
Galeri Investasi FEB UMY Terbaik di DIY
Dosen UMY Kuatkan Organisasi PCA Ngampilan Melalui Komunikasi Organisasi dan Kesehatan Mental
Coblosan di TPS Khusus UMY, Pasangan Amin Unggul

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. DBD Karanganyar Makan Korban, Bocah 4 Tahun di Jaten Meninggal Dunia
  2. Jenis Kemasan Air Minum Berbeda-beda, Ini Penjelasannya
  3. Kolaborasi EIGER dan Difa Bike, Ojek Online Difabel Satu-Satunya di Dunia!
  4. Pengamat Politik: Ketua DPR Harus dari Partai Pemenang Pemilu 2024

Berita Terbaru Lainnya

Adakan Pengabdian Masyarakat Tingkatkan Kinerja Organisasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat
Dosen UMY Beri Pelatihan Masjid Ramah Disabilitas
KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap