Pengabdian UMY

Desa Panggungharjo Sewon Butuh Perdes Difabel

Penulis: Media Digital
Tanggal: 24 Juli 2021 - 11:37 WIB
Desa Ramah Difabel: Pelatihan Legal Drafting Peraturan Desa Terkait Pemenuhan Hak Konstitusional Warga Difabel di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. - Istimewa

Harianjogja.com, BANTUL—King Faisal Sulaiman, dosen Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Desa Ramah Difabel: Pelatihan Legal Drafting Peraturan Desa Terkait Pemenuhan Hak Konstitusional Warga Difabel di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.

PKM diikuti 15 aparat Desa Panggungharjo dan warga difabel.

“Tujuan kegiatan ini adalah ,emberikan kontribusi signifikan bagi kelompok sasaran bagi peningkatan pengetahuan, dan kemampuan skill penyusunan legal drafting Perdes Difabel. Agar hak konstitusional warga Difabel di Desa Panggungharjo Sewon Bantul-DIY dapat terpenuhi secara baik,” kata King Faisal.

Sampai dengan 2021, statsitik BPS Bantul masih menunjukkan angka signifikan warga difabel yang berdomisili di Desa Panggungharjo-Sewon.  Sayangnya Desa ini belum memiliki Perdes Difabel, sehingga jaminan hak mendasar warga difabel yang dijamin negara dan konstitusi seperti pelayanan publik, dapat dikatakan belum terlayani maksimal. Materi Perdes yang diharapkan, setidaknya mencakup : apa saja kewajiban dan perhatian yang harus dipenuhi pemerintah; apa dampak dan/atau hak-hak apa saja yang wajib dilindungi negara; dan bagaimana cara memperoleh hak-hak difabel tersebut. Minimnya kesadaran hukum, ditambah skill legal drafting yang minus karena faktor sumber daya aparatur menjadi salah satu titik persoalan mengapa pembentukan Perdes Difabel masih menemui kendala. Untuk itulah, kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogykarta pada 2021 (LP3-UMY) sengaja menyasar Desa Panggungharjo sebagai kelompok mitra-Desa binaan, memberikan penguatan kapasitas berupa pelatihan legal drafting Perdes Difabel, di kalangan aparatur Desa dan warga penerima manfaat. Bertempat di Balai Desa Panggungharjo, kegiatan berlangsung pada Senin 22 Maret 2021 dan terbilang sukses. Acara dipandu oleh Dr Cand. Samaun H. Laha MIP, menghadirkan dua narasumber berkompeten yakni Nasrullah SH, MCL dengan materi ”aspek penting dan landasan pembentukan Perdes Difabel” dan Dr King Faisal Sulaiman SH, LLM,. dengan materi praktek Perancangan legal Drafting Perdes Difabel. Dikemas dalam diskusi interaktif-partisipatif.

Ini dibuktikan dengan tingginya antusias para partisipan dan sikap dialogis-interaktif dengan para narasumber selama kegiatan berlangsung; sikap pro aktif dalam sesi tanya jawab terutama keingitahuan mengenai hak-hak mendasar apa saja yang dijamin dalam konstisui; bagaimana cara merumuskan Perdes Difabel yang baik. Adanya keinginan besar pemerintah Desa untuk segera memiliki Perdes Difabel yang disampaikan perwakilan dari Kepala Desa diakhir kegiatan, merupakan fakta bahwa kegiatan ini nyata manfaatnya.

Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran, kapasitas diri, dan skill legal drafting bagi aparatur Desa dan warga difabel selaku penerima manfaat. Hal ini dibuktikan dengan tingginya antusias, dan sikap aktif partisipan selama kegiatan berlangsung; partisipan pro aktif dalam sesi tanya jawab terutama keingintahuan mengenai hak-hak mendasar apa saja yang dijamin dalam konstisui; bagaimana cara merumuskan Perdes Difabel yang baik. Adanya keinginan besar pemerintah Desa untuk segera memiliki Perdes Difabel yang disampaikan perwakilan dari Kepala Desa diakhir kegiatan, merupakan fakta bahwa kegiatan ini nyata manfaatnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Dosen UMY Optimalkan Potensi Bisnis untuk Atasi Permasalahan UMKM
Galeri Investasi FEB UMY Terbaik di DIY
Dosen UMY Kuatkan Organisasi PCA Ngampilan Melalui Komunikasi Organisasi dan Kesehatan Mental
Coblosan di TPS Khusus UMY, Pasangan Amin Unggul

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Pasutri di Semarang Curi Samsung S23 Ultra, Tapi Tak Tahu Harganya Setara Sapi
  2. Panen MT I, Petani Karanganyar Ngenes Harga Gabah Anjlok
  3. Dibekuk Polisi, Ini Tampang Pelaku Perampokan Rumah Rentenir di Kalipare Malang
  4. Menunggu Aksi Justin Hubner, Sergio Ramos-nya Indonesia di Duel Kontra Korsel

Berita Terbaru Lainnya

Adakan Pengabdian Masyarakat Tingkatkan Kinerja Organisasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat
Dosen UMY Beri Pelatihan Masjid Ramah Disabilitas
KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap