Pengabdian UMY

Dosen UMY Adakan Pendampingan Belajar dan Membaca Al-Qur’an Siswa SD di Dukuh Butuh Kidul Selama Pandemi Covid-19.

Penulis: Media Digital
Tanggal: 24 Juli 2021 - 19:57 WIB
Pendampingan Belajar dan Membaca Al-Qur'an Siswa SD di Dukuh Butuh Kidul Selama Pandemi Covid-19. - Istimewa

Harianjogja.com, BANTUL—Fanny Monika, dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Pendampingan Belajar dan Membaca Al-Qur’an Siswa SD di Dukuh Butuh Kidul Selama Pandemi Covid-19.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlangsung pada 13 Maret 2021 dan diikuti 17 siswa SD di Dukuh Butuh Kidul Sedayu, Bantul

“Tujuan kegiatan adalah meningkatkan prestasi akademik serta semangat belajar anak-anak di Dukuh Butuh Kidul, Sedayu, Bantul selama masa pandemi Covid-19,” kata Fanny.

Dua tahun terakhir ini Indonesia bahkan dunia disibukkan dengan munculnya virus corona (Covid-19). Di Indonesia sendiri, penyebaran virus ini ditemukan pertama kali pada tanggal 2 maret 2020. Warga dukuh Butuh Kidul yang merupakan mitra dalam pengabdian ini juga mengalami dampak dari adanya pandemi Covid-19 khususnya pada  anak – anak, dimana selama pandemi anak – anak diwajibkan untuk melaksanakan sekolah secara online. Kendala yang dialami anak – anak Dukuh Butuh Kidul dalam pelaksanaan sekolah secara online adalah keterbatasan perangkat elektronik seperti handphone dan laptop.

Menurut para pakar ada 6 metode pembelajaran yang dianggap efektif dilaksanakan selama masa pandemi, salah satunya adalah metode home visit. Metode ini tepat digunakan bagi anak – anak yang tidak memiliki perangkat yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, dalam pengabdian ini Dosen Teknik Sipil UMY bersama Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) UMY telah melaksanakan pendampingan belajar dengan metode home visit pada anak – anak di Dukuh Butuh Kidul. Mata pelajaran yang diberikan dalam pengabdian ini yaitu pelajaran Matematika dan BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an).

Mata pelajaran Matematika sering dianggap sulit oleh siswa sehingga membutuhkan pendampingan secara langsung, begitupun dengan membaca Al-Qur’an yang sulit untuk diajarkan secara online. Selain itu, dalam kegiatan pengabdian ini Dosen dan Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) UMY juga menyediakan taman bacaan di Mushola Dukuh Butuh Kidul dengan menyediakan berbagai buku bacaan bagi anak - anak. Kegiatan dilaksanakan dengan membagi Siswa menjadi 3 kelompok, pelaksanaan bimbingan belajar dilaksanakan di Mushola Dukuh Butuh Kidul dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta didampingi oleh Fanny Monika ST., M.Eng yang merupakan Dosen Teknik Sipil UMY dan Ibu Dukuh Butuh Kidul yaitu Ibu Tri Handayani.

Tri Handayani, Dukuh Butuh Kidul, mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak - anak di Dukuh Butuh Kidul dan diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan di kemudian hari terutama di masa Pandemi saat ini.

Kegiatan ini berhasil meningkatkan keceriaan dan semangat belajar anak – anak di Dukuh Butuh Kidul, hal ini terbukti dari hasil analisis angket yang kami bagikan kepada anak - anak tersebut, dimana semua anak menyatakan bahwa mereka menyukai kegiatan belajar dengan metode home visit ini. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Dosen UMY Optimalkan Potensi Bisnis untuk Atasi Permasalahan UMKM
Galeri Investasi FEB UMY Terbaik di DIY
Dosen UMY Kuatkan Organisasi PCA Ngampilan Melalui Komunikasi Organisasi dan Kesehatan Mental
Coblosan di TPS Khusus UMY, Pasangan Amin Unggul

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Terlihat Lebih Berisi, Syahrini Diduga Hamil Anak Pertama
  2. Pembalap Aston Martin Lance Stroll Terdepan di Sesi Latihan GP Cina
  3. Tips Aman Gunakan Lampu Jauh Saat Berkendara Motor
  4. Seusai Lebaran Sebagian Harga Komoditas Pangan di Solo Turun

Berita Terbaru Lainnya

Adakan Pengabdian Masyarakat Tingkatkan Kinerja Organisasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat
Dosen UMY Beri Pelatihan Masjid Ramah Disabilitas
KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap