Pengabdian UMY

KKN UMY Dampingi UMKM Klaten Jual Produk Melalui Medsos

Penulis: Media Digital
Tanggal: 26 Juli 2021 - 12:57 WIB
Branding Marketplace Berbasis Online pada UMKM Prambanan Digital Marketing di Kebondalem, Klaten, Jawa Tengah. - Istimewa

Harianjogja.com, KLATEN—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang didampingi Putri Rachmawati, dosen Program Vokasi Teknologi Industri, mengadakan kegiatan bertema Branding Marketplace Berbasis Online pada UMKM Prambanan Digital Marketing di Kebondalem, Klaten, Jawa Tengah.

Kegiatan berlangsung pada 27 April 2021, 27 Juni 2021, 22 Juli 2021 dengan sasaran 15 kelompok digital printing sekitaran prambanan dan karyawan prambanan digital printing.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sedikit pengetahuan kepada pihak mitra untuk melakukan penjualan produk melalui sosial media karena mitra belum pernah mencoba melakukan penjualan secara online dan tidak memiliki sosial media seperti instagram, facebook ataupun yang lainnya yang digunakan sebagai sarana menjual produknya,” kata Putri.

Pembekalan secara online melalui zoom meeting, berupa penyampaian materi tentang pembukuan online pada tanggal 27 April 2021, Pendampingan offline dengan membuat produk di prambanan digital printing pada tanggal 27 Juni 2021, Penyerahan dan pemberian alat untuk membantu proses produksi digital printing serta penyuluhan tentang proses pembuatan media marketing online 22 Juli 2021.

Ciptaning selaku pemilik dari UMKM Prambanan Digital printing berterima kasih sekali dalam program kemitraan pengabdian ini, karena kelompok digital printing di wilayah prambanan sendiri sangat berdampak hampir 2 tahun ini sulit mendapatkan pesanan. “Pengabdian bersama teman-teman KKN UMY dan DPL Putri Rachmawati, ST., M.Eng sudah membantu dalam pembuatan marketing online sehingga beberapa bulan ini ada pesanan masuk sedikit demi sedikit, semoga akan selalu bersinambungan untuk kedepannya,” kata dia.

Arif cahyo selaku perwakilan dari Karang taruna dari kebondalem sendiri sangat mengapresiasi dalam kegiatan KKN pandemi seperti ini sangat membantu masyarakat dalam menjalankan usahanya.

“Dampak pandemi hampir 2 tahun ini sangat berdampak bagi masyarakat kebondalem yang terbiasa dengan hirukpikuknya wisata candi serta banyak pesanan untuk banner, spanduk, seragam dll sekarang sangat sepi dan cenderung layu perekonomian di Kebondalem, imbuh Nanang Hariyanto selaku Kepala Dukuh Tloyo KebondalemKidul,” imbuh dia.

Putri Rachmawati, ST., M.Eng sangat berterima kasih sudah diberi kesempatan dalam bekerja sama dalam program kemitraan ini, untuk bisa berkelanjutan program selanjutnya sehingga dapat bersinergi bersama dalam meningkatkan kelompok UMKM di Kebondalem kidul ini karena sangat berpotensi dalam desa wisata candi sehingga dapat dikenal kembali dalam dunia digital online. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Dosen UMY Optimalkan Potensi Bisnis untuk Atasi Permasalahan UMKM
Galeri Investasi FEB UMY Terbaik di DIY
Dosen UMY Kuatkan Organisasi PCA Ngampilan Melalui Komunikasi Organisasi dan Kesehatan Mental
Coblosan di TPS Khusus UMY, Pasangan Amin Unggul

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Indonesia Gagal Pertahankan Keunggulan, Pertandingan Lanjut ke Extra Time
  2. Profil Rafael Struick, Pemborong Dua Gol ke Gawang Korsel di Piala Asia U-23
  3. Struick Borong Gol, Timnas U-23 Unggul 2-1 Atas Korsel di Babak Pertama
  4. Rio Fahmi Gantikan Fajar, Ini Susunan Pemain Timnas U-23 vs Korsel U-23

Berita Terbaru Lainnya

Adakan Pengabdian Masyarakat Tingkatkan Kinerja Organisasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat
Dosen UMY Beri Pelatihan Masjid Ramah Disabilitas
KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap