Advertisement

RANGKUMAN PIALA ASIA: Iran Meyakinkan, Thailand Digagalkan Penalti, Vietnam Memuaskan

Budi Cahyana
Senin, 21 Januari 2019 - 18:05 WIB
Budi Cahyana
RANGKUMAN PIALA ASIA: Iran Meyakinkan, Thailand Digagalkan Penalti, Vietnam Memuaskan Ashkan Dejagah - Reuters/Suhaib Saleem

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Iran, China, dan Vietnam lolos ke perempat final Piala Asia 2019 dengan cara berbeda.

Iran secara meyakinkan mengandaskan Oman dua gol tanpa balas di Stadion Mohammad Bin Zayed, Senin (21/1/2019) dini hari WIB. Dua gol Team Melli dilesakkan penyerang sayap Alireza Jahanbakhsh dan kapten Ashkan Dejagah. Iran membuat dua gol di babak pertama dan mempertahankan keunggulan dengan solid di babak kedua.

Advertisement

Ketika pertandingan baru berjalan satu menit, striker Oman Mohsin Al Ghassani diganjal bek Majid Hosseini. Wasit langsung menunjuk titik putih. Namun, kiper Alireza Beiranvand secara brilian mampu menggagalkan eksekusi Ahmed Al Mahajri. Beiranvand dengan tepat menjatuhkan diri ke kanan dan menepis bola yang sudah diarahkan ke sudut bawah gawang.

Setengah jam kemudian, Iran memimpin. Penyerang yang merumput di klub Liga Premier, Brighton & Hove Albion merebut bola dari penguasaan Mohammed al Musalami sebelum menjebol gawang Faiyz al Rashidi.

Sembilan menit kemudian, giliran Iran yang mendapat penalti setelah Mehdi Tarimi diganjal Saad Al Mukhaini.

Ashkan Dejagah, mantan pemain Jerman U-21 yang memenangi Euro U-21 2009 sukses menjadi eksekutor.

“Pertandingan ini diawali dengan situasi yang tak biasa dan penyelematan luar biasa dari kiper. Kemudian kami mengontrol pertandingan dan seharusnya bisa mencetak tiga atau empat gol,” kata pelatih Iran Carlos Queiroz, sebagaimana dikutup indianaesxpress.com.

Ujung tombak Iran, Sardar Azmoun, tampil buruk di laga ini. Striker 24 tahun ini membuang dua peluang yang semestinya bisa dia jadikan gol.

“Kami seharusnya tidak melewatkan kesempatan itu. Kami harus punya insting membunuh lebih tajam.”

Kerja Keras China

Sementara, China yang dilatih Marcello Lippi bangkit dari ketertinggalan dan mampu mengalahkan Thailand dalam perdelapan final di Stadion Hazza Bin Zayed, Abu Dhabi. China tertinggal lebih dulu setelah penyerang sayap Thailand Supachai Jaided menuntaskan asis Thitipan Puangchan.

Lippi kemudian memasukkan striker Guangzhou R&F Xiao Zhi karena dominasi China tak bisa membongkar pertahanan Thailand. Xiao kemudian menyamakan kedudukan di menit ke-67, tiga menit setelah menggantikan Debao Yu. Di menit ke-71, striker China Gao Lin dijatuhkan bek Chalermpong Kerdkaew dan Thailand dihukum tendangan penalti.

Gao Lin yang maju sebagai eksekutor menunaikan tugasnya dengan bagus

“Kami bermain buruk di babak pertama dan membuat banyak kesalahan. Tetapi saya sangat senang dengan permainan di babak kedua. Kami menciptakan banyak peluang dan berhasil mencetak dua gol dan sebenarnya kami bisa membuat gol lebih banyak,” ujar Lippi dikutip indianaexpress.com.

China selanjutnya menantang Iran di perempat final padaKamis (24/2/2019).

Vietnam Memuaskan

Vietnam menang adu penalti 4-2 atas Yordania di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (20/1/2019) malam WIB.

Kiper Dang Van Lam menjadi pahlawan Vietnam berkat keberhasilannya menahan eksekusi penalti pemain-pemain Yordania, setelah kedua tim bermain imbang 1-1 dalam perpanjangan waktu.

Yordania unggul terlebih dahulu melalui tendangan bebas Baha Abdel Rahman di menit ke-39. Namun Vietnam berbalik mengendalikan permainan pada babak kedua.

Nguyen Cong Phuong kemudian menyamakan kedudukan untuk Vietnam pada menit ke-51. Sisa babak kedua diwarnai gelombang serangan Vietnam yang masih dapat diredam Yordania untuk membuat pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Baha Seif yang menjadi eksekutor kedua Yordania gagal menuntaskan tugasnya ketika sepakannya mengenai mistar gawang, sebelum Van Lam menggagalkan sepakan Ahmed Salah, dan Bui Tien Dung kemudian melesakkan bola yang memastikan Vietnam menuju delapan besar.

Pelatih Vietnam Park Hang-seo mengatakan kemenangan atas Yordania diraih dengan susah payah.

“Sangat berat berkompetisi di sini. Pera pemain tidak mendapat cukup waktu istirahat, tetapi mereka bermain sangat baik hari ini," kata Park dikutip Fox Sports Asia.

Di perempat final, Vietnam akan menghadapi pemenang laga Jepang melawan Arab Saudi. Jepang menghadapi Arab Saudi di Stadion Sharjah, Senin sore ini pukul 18.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement