Advertisement

SEA Games 2019: Prediksi Indonesia Vs Laos

Chrisna Chaniscara
Rabu, 04 Desember 2019 - 23:37 WIB
Budi Cahyana
SEA Games 2019: Prediksi Indonesia Vs Laos Egy Maulana Vikri (kiri) dan Osvaldo Haay. - Antara/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, MANILA—Perjalanan Timnas Indonesia U-22 lumayan mulus di babak penyisihan sepak bola putra SEA Games 2019.

Padahal, Garuda Muda masuk dalam grup neraka bersama tim tangguh yaitu Vietnam dan juara bertahan turnamen, Thailand. Namun, kini tim asuhan Indra Sjafri tersebut justru punya peluang paling bagus untuk lolos dari Grup B menuju babak semifinal.

Advertisement

Indonesia akan menghadapi Laos dalam laga pamungkas mereka di fase grup. Duel Indonesia versus Laos akan digeber di di City of Imus Grandstand, Filipina, Kamis (5/12/2019) pukul 15.00 WIB. Egy Maulana Vikri dkk. cukup menang dengan selisih satu gol untuk mengunci satu tiket ke empat besar, tak peduli siapa pemenang laga hidup mati antara Thailand melawan Vietnam. “Kalau ingin aman betul ya menang lebih dari dua gol karena Thailand juga harus mengejar [selisih gol] Vietnam,” ujar Pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri, dilansir pssi.org, Rabu (4/12/2019).

Kemenangan dengan selisih minimal wajib di perjuangkan maksimal oleh Indonesia agar mereka keluar sebagai juara grup. Hal itu dengan catatan Thailand mampu membekuk Vietnam. Jika menjadi juara grup, Timnas bakal mendapat lawan relatif enteng di semifinal yakni Kamboja. Kamboja membikin kejutan dengan memastikan posisi runner up Grup A setelah mengandaskan Malaysia lewat kemenangan 3-1 di partai terakhir, Rabu.

Jika finis sebagai runner up, Indonesia bakal menghadapi lawan lebih berat yakni Myanmar yang  tak terkalahkan selama penyisihan grup dengan 10 poin dari empat pertandingan.

“Saya belum belajar jadi peramal [untuk mengetahui berapa gol yang akan dicetak Timnas]. Yang jelas kami akan persiapkan tim sebaik mungkin,” ujar Indra Sjafri.

Indra kemungkinan besar kembali menurunkan kiper utama Nadeo Argawinata yang diistirahatkan saat melawan Brunei Darussalam. Zulfiandi dan Evan Dimas akan menjadi motor lini tengah bersama gelandang muda Sani Rizki atau Syahrian Abimanyu. Di lini, top scorer sementara SEA Games 2019 dengan lima gol, Osvaldo Haay, berkesempatan menambah pundi-pundi golnya.

Meski demikian, Garuda Muda pantang terlalu percaya diri agar tidak terpeleset di partai terakhir. Sebab tak hanya sekali Indonesia gagal lolos ke babak semifinal setelah keok di laga pamungkas penyisihan. Itu terjadi pada SEA Games 2003 saat mereka diremukkan Thailand dengan skor 0-6.

Empat tahun kemudian Thailand kembali mengandaskan asa Indonesia dengan skor 2-1. Myanmar akhirnya yang lolos ke semifinal dengan keunggulan selisih gol setelah membekuk Kamboja, 6-2.

Laos bisa saja menjadi kerikil tajam bagi Indonesia karena mereka sempat membuat Singapura keteteran hingga laga harus berakhir 0-0. Thailand bahkan harus menunggu hingga pengujung laga untuk meraih dua gol kemenangan.

Indonesia harus mewaspadai permainan negatif Laos yang berpotensi membikin lini depan frustrasi. Namun, Osvaldo Haay optimistis timnya mampu memetik hasil terbaik. “Kemenangan [8-0] atas Brunei memberi kami energi baru,” ujar striker Persebaya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement