Advertisement

Setelah Tujuh Tahun, Liverpool Akhirnya Taklukkan Old Trafford

Jum'at, 14 Mei 2021 - 07:10 WIB
Sugeng Pranyoto
Setelah Tujuh Tahun, Liverpool Akhirnya Taklukkan Old Trafford Diogo Jota merayakan golnya ke gawang MU. liverpoolfc com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Liverpool berhasilĀ mengalahkan Manchester United dengan skor 4-2, dalam lanjutan Liga Inggris, Jumat (14/5/2021) WIB.

Advertisement

Kemenangan ini sekaligus membuat The Reds mampu menaklukkan keangkeran Stadion Old Trafford untuk pertama kali setelah tujuh tahun lebih. Raihan tiga poin ini juga menjaga asa Liverpool menembus empat besar klasemen akhir musim. Liverpool naik ke posisi kelima dengan raihan 60 poin, hanya terpaut empat poin dari zona Liga Champions.

Bagi MU (70), kekalahan yang mereka derita dalam dua laga beruntun, tak secara langsung mempengaruhi posisi mereka di urutan kedua, hanya gagal memperlebar jarak empat poin dari Leicester City (66).

Hasil ini meruntuhkan sejumlah catatan buruk Liverpool di Old Trafford, yakni kemenangan pertama dalam 16 pertandingan di semua kompetisi, kemenangan pertama dalam delapan laga tandang Liga Premier sekaligus tiga poin perdana Juergen Klopp dalam lawatan ke sana.

Sempat tertinggal akibat gol Bruno Fernandes, Liverpool bangkit melalui Diogo Jota dan Roberto Firmino yang mengemas dua gol. Marcus Rashford sempat memantik momentum kebangkitan MU, tapi Mohamed Salah membunuhnya lewat gol serangan balik di pengujung laga, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Pertandingan ini sempat diwarnai kekhawatiran tidak bisa digelar, laiknya pada 3 Mei lalu ketika seharusnya laga dimainkan karena suporter MU kembali menggelar aksi protes menuntut keluarga Glazer menanggalkan kepemilkan klub itu.

Setelah drama skuat MU datang enam jam sebelum sepak mula dan bus Liverpool sempat diadang oleh suporter tuan rumah, pertandingan akhirnya tetap bisa dimainkan sesuai rencana.

Kerapuhan lini belakang Liverpool yang terpampang sepanjang musim kembali menjadi masalah ketika mereka melakukan dua blunder hanya dalam 10 menit pertama setelah sepak mula.

Blunder pertama dilakukan oleh kiper Alisson Becker pada menit kelima yang umpannya ke arah Rhys Williams dipotong oleh Edinson Cavani, beruntun tembakan penyerang Uruguay itu melenceng di sisi gawang.

Lantas pada menit ke-10, lini belakang Liverpool lalai membuka kesempatan Bruno Fernandes melepaskan tembakan berbahaya, yang berusaha dihalau oleh Nathaniel Phillips, tetapi bola malah berbelok ke dalam gawang tim tamu membuat MU memimpin 1-0.

Drama terjadi pada menit ke-26 saat wasit Anthony Taylor menunjuk titik putih di dalam kotak penalti MU setelah Phillips jatuh dijegal Eric Bailly. Tetapi keputusan itu dianulir Taylor setelah ia meninjau langsung monitor VAR di tepi lapangan, dan menyatakan kaki Bailly sudah lebih dulu mengenai bola sebelum menjatuhkan Phillips.

Liverpool nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-31, tetapi tembakan Jota bisa diantisipasi dengan reaksi sigap kiper Dean Henderson hanya menghasilkan sepak pojok.

Sepak pojok itu sayangnya gagal diantisipasi oleh lini belakang MU dan menciptakan kemelut di depan gawang mereka, yang dimanfaatkan Phillips dengan mengirim umpan yang disambut sontekan manis Jota untuk membuat kedudukan imbang 1-1 pada menit ke-34.

Liverpool berbalik memimpin atas MU lewat gol perdana Firmino ke gawang Setan Merah sepanjang kariernya. Firmino bisa lepas dari kawalan Pogba untuk menanduk umpan tendangan bebas yang amat bagus kiriman dari Trent Alexander-Arnold demi membawa Liverpool unggul 2-1 saat turun minum.

Liverpool menginjak pedal gas dalam-dalam memasuki babak kedua dan langsung berhasil menggandakan menambah keunggulan lewat gol kedua Firmino pada menit ke-47.

MU yang punya tren menaikkan tensi permainan dalam 30 menit akhir laga kembali melakukannya dan pada menit ke-68 Rashford mampu memperkecil ketertinggalan tuan rumah jadi 2-3 setelah berlari kencang menggiring umpan kiriman Edinson Cavani sebelum sepakannya memperdaya Alisson.

Gol itu sempat membuat alur permainan berpindah tangan ke MU tapi serangan demi serangan yang dibangun tak kunjung membuahkan hasil hingga sebuah keteledoran terjadi di lini tepat di pengujung waktu normal.

Curtis Jones mampu mencuri bola dari penguasaan para pemain MU, mengirimkannya jauh ke depan di mana Salah bisa lolos dari jebakan offside dan melaju hingga menaklukkan Henderson untuk mengunci kemenangan Liverpool 4-2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement