Advertisement

SEA Games 2021: Pertandingan Perdana, Garuda Dilibas Tuan Rumah 3-0

Arief Junianto
Sabtu, 07 Mei 2022 - 02:07 WIB
Arief Junianto
SEA Games 2021: Pertandingan Perdana, Garuda Dilibas Tuan Rumah 3-0 Egy Maulana Vikri (kanan) mempertahankan bola dari kepungan pesepakbola Vietnam. - seagames/en.vnanet.vn

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Timnas Indonesia keok di laga perdana cabang olahraga sepakbola Grup A SEA Games 2021 menghadapi tuan rumah Vietnam di Stadion Vietn Tri, Jumat (6/5/2022) malam, skuat Garuda asuhan Shin Tae-yong dibekuk tiga gol tanpa balas. 

Sejak menit awal, tuan rumah memang mengambil inisiatif menyerang. Sementara Indonesia dengan skema high pressing-nya sukses meredam agresivitas Vietnam. 

Advertisement

Peluang pertama dalam pertandingan tersebut diperoleh oleh tim tuan rumah. Di menit ke-19, pemain Vietnam, Ly Cong Hoang Anh mengancam gawang Indonesia yang dikawal Adi Satrio. Beruntung, umpan matang pemain bernomor punggung 10 itu ternyata tidak disambut dengan baik oleh rekan-rekannya.

BACA JUGA: SEA Games Hanoi : Inilah Jadwal Pertandingan Timnas U-23

Indonesia sempat membalas dengan serangan yang dilakukan oleh Egy Maulana Vikri. Sayangnya, aksi cut inside Egy dari sisi kanan yang kemudian diakhiri dengan tembakan kaki kiri belum merepotkan kiper Vietnam. Tendangan winger FK Senica itu melambung jauh di atas mistar.

Jual beli serangan terus terjadi akan tetapi tak ada yang berujung pada gol. Alhasil, di babak pertama, pertandingan masih berakhir dengan skor 0-0.

Di babak kedua, permainan tuan rumah kian agresif. Adalah Linh Nguyen Tien yang berhasil mencatat namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan tarik di depan gawang.

Lima menit berselang, Nguyen Tien nyaris berhasil menggandakan keunggulan Vietnam. Akan tetapi, tendangannya melenceng di sisi kiri gawang Indonesia. 

BACA JUGA: PSS Sleman Lepas 3 Pemain Asingnya

Pasukan Garuda Muda mencoba bangkit untuk mengejar ketinggalan. Namun, serangan yang dibangun kerap patah di tengah jalan berkat pertahanan keras Vietnam.

Alih-alih cetak gol balasan, gawang Indonesia malah kebobolan untuk kali kedua di menit ke-74 kerja sama apik yang dilakukan pemain Vietnam di depan kotak penalti dituntaskan dengan baik oleh Do Hung Dung.

Tertinggal dua gol membuat permainan Indonesia jadi tergesa-gesa Alhasil, serangan yang dibangun Marc Klok dkk kerap terputus di tengah jalan karena salah umpan.

Meski kalah dengan skor telak, Indonesia beruntung. Pasalnya di pertandingan sebelumnya, Timor Leste juga dilumat Filipina empat gol tanpa balas. 

Di papan klasemen Grup A, Indonesia masih bercokol di urutan keempat. Sementara untuk pertandingan selanjutnya di babak penyisihan Grup A, Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada 10 Mei 2022 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement