Advertisement

PIALA PRESIDEN 2022: Gulung PSS 5-2, PSIS Amankan Tiket Perempat Final

Arief Junianto
Sabtu, 25 Juni 2022 - 01:17 WIB
Arief Junianto
PIALA PRESIDEN 2022: Gulung PSS 5-2, PSIS Amankan Tiket Perempat Final Pemain PSS Sleman Marckho Sandi (kiri) mengadang pemain PSIS Frendi Saputra di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/6/2022). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Menghadapi PSIS Semarang di laga lanjutan Grup A Piala Presiden 2022, PSS Sleman tak bisa berbuat banyak. Super Elang Jawa (Elja) digulung dengan skor telak 5-2. Sebaliknya, kemenangan besar PSIS itu mengantarkan tim asuhan Sergio Aparecido Alexandre itu ke perempat final Piala Presiden 2022.

Dengan kemenangan ini, PSIS Semarang bertengger di puncak klasemen Grup A dengan 10 poin dari empat pertandingan. Sementara PSS Sleman tertahan di posisi dua dengan empat poin dari tiga laga.

Advertisement

Jalannya Pertandingan

Berlaga di Stadion Manahan, Solo, Jumat (24/6/2022), PSIS tampil spartan sejak menit awal. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Laskar Mahesa Jenar sudah unggul atas PSS lewat gol yang dicetak Jonathan Cantilana.

BACA JUGA: Persija Jakarta vs Borneo FC: Preview, Prediksi dan Perkiraan Pemain

Berawal dari umpan lambung Wawan Febrianto, bola disambut dengan tandukkan keras oleh Jonathan yang kemudian gagal diantisipasi kiper PSS, Jandia Eka Putra.

Unggul satu gol, PSIS kian mendominasi. Alhasil, angka papan skor berubah setelah Jonathan yang mencetak brace-nya di menit ke-23. Sama seperti gol pertama, gol ini pun tak luput dari aksi Wawan Febrianto yang memberikan assist pada Jonathan.

Setelah tertinggal dua gol, PSS mencoba bangkit. Skuat asuhan Seto Nurdiyantoro itu berupaya membangun serangan. Alhasil, di menit ke-40, penyerang Super Elja, Riki Dwi sukses memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 setelah sukses memanfaatkan umpan dari Manda Cangi.

Sayangnya, di tengah skuat Super Elja yang mencoba bangkit, gawang mereka justru kembali kebobolan. Kali ini penyerang anyar PSIS yang didatangkan dari Arema, Carlos Fortes sukses menjadi algojo penalti. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan Mahesa Jenar dengan skor 3-1.

Di babak kedua, dominasi masih milik Wawan Febrianto dan kolega. Ketika laga memasuki menit ke-63, kiper Super Elja, Jandia Eka Putra melakukan blunder. Bola sepakan Wawan dari tendangan bebas gagal ia tangkap dengan sempurna. 

Akibatnya, bola liar pun disambar oleh Fortes. Skor berubah menjadi 4-1.

Tertinggal tiga gol, PSS kembali bangkit. Skuat Super Elja mulai menguasai pertandingan. Alhasil, di menit ke-88, legiun asing anyar mereka, Ze Valente menjalankan tugasnya sebagai penendang pojok dengan baik. Dia sukses memberikan umpan terukur ke depan gawang PSIS yang kemudian disambar oleh Rifky Suryawan. Eks pesepakbola PSIM Jogja itu pun mengubah skor menjadi 2-4.

Akan tetapi, jelang berakhirnya babak kedua, gawang PSS kembali robek. Kali ini oleh sundulan Hari Nur di menit 92 yang mengunci skor menjadi 5-2.

SUSUNAN PEMAIN

PSIS Semarang: Yofandani Damai Pranata; Fredyan Wahyu Sugiyantoro, Alfeandra Dewangga Santosa, Alie Sesay, Frendi Saputra; Muhammad Guntur Triaji, Delfin Rumbino, Taisei Marukawa, Jonathan Eduardo Cantillana Zorilla, Wawan Febrianto; Carlos Manuel Dos Santos Fortes.

Pelatih: Sergio Aparecido Alexandre

PSS Sleman: Jandia Eka Putra; Marckho Sandi, Mario Maslac, Dedy Gusmawan, Derry Rachman Noor; Dave Mustaine, Manda Cingi; Todd Rivaldo Albert Ferre, Hambali Tolib, Irkham Zahrul Milla; Riki Dwi Saputro.

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

Fortes kembali mencetak gol setelah sukses memanfaatkan tangkapan tak sempurna Jandia Eka Putra. PSIS Semarang menjauh 4-1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement