Advertisement

Hasil Jepang vs Kosta Rika: Los Ticos Langkahi Jerman di Klasemen

Andhika Anggoro Wening
Minggu, 27 November 2022 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Hasil Jepang vs Kosta Rika: Los Ticos Langkahi Jerman di Klasemen Timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2022 - FIFA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Hasil Jepang vs Kosta Rika dalam lanjutan Grup E Piala Dunia 2022, Kosta Rika menang tipis lewat gol Keysher Fuller di menit ke-81.

Bermain di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Minggu (27/11/2022) sore, Timnas Kosta Rika yang di pertandingan sebelumnya kalah telak 0-7 dari Spanyol langsung mengambil inisiatif serangan di awal-awal babak pertama.

Advertisement

Jepang yang menaklukkan Jerman 2-1 di laga sebelumnya, banyak melakukan pelanggaran guna menghentikan serangan Kosta Rika.

Timnas Jepang banyak melakukan serangan lewat lebar lapangan menggunakan sayap kanan-kiri. Pada menit 15 Jepang mendapat peluang, sayang umpan Ritsu Doan yang didalam kotak penalti tidak ada yang menyambut.

Kosta Rika bertahan lebih baik di pertandingan ini ketimbang melawan Spanyol. Mulai menit 15, Jepang terus menyerang pertahanan Kosta Rika.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Traktir Skuat Timnas Portugal di Restoran Mewah

Hingga menit ke-20, skor Jepang vs Kosta Rika masih imbang 0-0.

Penyerang Kosta Rika, Joel Campbell mendapat peluang namun tendangannya masih jauh di atas gawang Jepang.

Pertandingan Jepang vs Kosta Rika di babak pertama bisa dibilang monoton dan seimbang karena tidak terlalu banyak peluang tercipta.

Bahkan Jepang baru bisa melakukan tendangan tepat sasaran pada menit ke-38 lewat sepakan Yeltsin Tejeda tetapi masih bisa diamankan Keylor Navas.

Hingga babak pertama selesai, hasil Jepang vs Kosta Rika masih imbang 0-0. Kosta Rika harus memaksakan permainan guna meraih kemenangan di babak kedua untuk menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

Masuk babak kedua, Jepang melakukan sejumlah pergantian pemain untuk menambah daya gedor.

Takuma Asano yang baru masuk di babak kedua mendapat peluang satu menit selepas pluit dibunyikan. Tapi sepakan Asano bisa dimentahkan Navas dengan tangan kanannya.

Jepang terus menekan pertahanan Kosta Rika. Namun usaha anak asuh Hajime Moriyasu itu belum membuahkan hasil hingga menit ke-65.

Sementara Kosta Rika yang mengandalkan serangan balik tidak bisa membangun pola dengan baik dan selalu putus di lapangan tengah.

Pemain Kosta Rika bermain keras untuk menghentikan pemain Jepang seperti di menit ke-70 kala Francesco Calvo melanggar Junya Ito di depan kotak penalti yang mempunyai peluang mencetak gol.

Menyerang terus menerus membuat Jepang lupa akan pertahanannya. Kosta Rika yang mempunyai julukan Los Ticos di luar dugaan bisa menjebol gawang Jepang di menit ke-81 lewat sepakan kaki kiri Keysher Fuller.

Ini adalah tendangan tepat sasaran pertama Kosta Rika di Piala Dunia 2022. Hasil Jepang vs Kosta Rika 0-1.

Keylor Navas membuat penyelamatan gemilang di menit ke-84 dengan memblok bola sontekan Daichi Kamada di menit ke-89.

Hingga pertandingan berakhir, Kosta Rika menang atas Jepang dengan skor tipis 1-0. Kemenangan ini membawa Kosta Rika naik ke peringkat tiga Grup E Piala Dunia 2022 melangkahi Jerman yang kini ada di posisi terakhir.

BACA JUGA: Piala Dunia 2022: Hasil Lengkap, Klasemen dan Top Skor

Pelatih timnas Jepang Hajime Moriyasu melakukan lima pergantian pemain melawan Kosta Rika.

Penyerang Ritsu Doan yang mencetak gol ke gawang Jerman, Yuki Soma dan Ayase Ueda masuk ke dalam susunan pemain skuad Samurai Biru.

Bek kanan Miki Yamane menggantikan Hiroki Sakai yang cedera, sementara gelandang Hidemasa Morita yang baru saja bugar menggantikan Ao Tanaka.

Di sisi lain, pelatih Kosta Rika Luis Fernando Suarez melakukan dua pergantian pemain setelah pada pertandingan sebelumnya dibantai oleh Spanyol dengan skor telak 0-7.

Penyerang sayap muda Jewison Bennette dan bek Carlos Martinez disimpan di bangku cadangan, dengan Gerson Torres serta Kendall Watson menggantikan mereka.

Susunan pemain Jepang vs Kosta Rika:

Jepang (4-2-3-1)

Shuichi Gonda (GK); Miki Yamane, Kou Itakura, Maya Yoshida (C), Yuto Nagatomo; Wataru Endo, Hidemasa Morita; Ritsu Doan, Daichi Kamada, Yuki Soma; Ayase Ueda

Pelatih: Hajime Moriyasu

Kosta Rika (5-3-2)

Keylor Navas (GK/C); Keysher Fuller, Oscar Duarte, Francisco Calvo, Bryan Oviedo, Kendall Waston; Celso Borges, Yeltsin Tejeda, Gerson Torres; Anthony Contreras, Joel Campbell

Pelatih: Luis Fernando Suarez

Wasit: Michael Oliver (Inggris) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement