HomeSepakbola

Liga Premier Inggris Dimulai Dini Hari Nanti, Liverpool Siap Tancap Gas

Oleh:Ivan Andimuhtarom
09 Agustus 2019 - 19:12 WIB

Trio Firmansah milik Liverpool - Reuters/Phil Noble

Harianjogja.com, JOGJA—Liga Premier Inggris 2019/2020 dimulai dini hari nanti. Duel Liverpool versus tim pendatang Norwich City di Stadion Anfield, Liverpool, menjadi laga pembuka pada Sabtu (10/8/2019) pukul 02.00 WIB.

Meski baru laga perdana, hasil dari pertandingan tersebut bisa saja mempengaruhi perjalanan Liverpool dalam kampanye mereka meraih gelar Liga Premier musim ini. Musim kompetisi lalu, The Reds memulai kampanye mereka dengan kememangan telak 4-0 atas West Ham United pada 12 Agustus 2018.

Hasil tersebut ternyata berlanjut hingga akhir musim di mana tim besutan Jurgen Klopp tak pernah kalah di kandang sepanjang musim 2018/2019. Liverpool harus tancap gas sejak awal musim ini jika ingin bersaing dalam perebutan gelar juara.

Bagi Liverpool rekor kandang musim lalu membuat Norwich wajib menyiapkan mental dan mengerahkan segala daya upaya agar tak menjadi korban keganasan Trio Firmansah (Firmino, Mane, Salah).

Pelatih Norwich, Daniel Farke, akan menjadi manajer ke-12 yang mengawali karier di Liga Premier dengan bertemu Liverpool. Empat dari 11 manajer sebelumnya berhasil meraih kemenangan, tetapi empat lainnya menderita kekalahan, sementara tiga pelatih meraih hasil imbang.

Pertemuan kedua tim bakal menarik untuk disaksikan. Farke dan Klopp berasal dari negara yang sama, Jerman. Bahkan mereka sama-sama pernah melatih Borusia Dortmund.

Bedanya, Klopp menukangi tim utama Dortmund pada Juli 2008 hingga Juli 2015. Farke menjadi pelatih Borusia Dortmund II yang berlaga Regionalliga (kasta kedua sepak bola Jerman) pada November 2015-Mei 2017.

Beberapa pemain yang kini memperkuat Norwich juga mantal penggawa Dortmund. Sebut saja Mario Vrancic, Marco Stiepermann, Christoph Zimmerman, dan Moritz Leitner.

Menjelang laga, Klopp menegaskan timnya menaruh respek besar terhadap Norwich. Meski belum pernah bertemu langsung dengan Farke, Klopp telah memperhatikan karier sang pelatih lawan sejak memimpin tim cadangan Borussia Dortmund pada 2015 menggantikan David Wagner.

"Saya sangat menghormatinya, tetapi sayangnya kami tidak saling kenal. Kami mengelola tim yang sama [Dortmund], tetapi pada waktu yang berbeda,” ujar Klopp dilansir dari liverpoolecho.co.uk, Rabu (7/8/2019).

"Dia [Farke] melakukan pekerjaan luar biasa dan banyak mantan pemain saya [Dortmund] bermain untuk Norwich seperti Mario Vrancic, Marco Stiepermann, Christoph Zimmerman, dan Moritz Leitner. Kami menjadi juara bersama pada 2011/2012, yang merupakan saat yang bagus, jadi saya menantikan untuk bertemu mereka dan bertemu Daniel Farke untuk kali pertama," ungkap Klopp.

Di sisi lain, sejak jadwal Liga Premier musim 2019-2020 dirilis, Farke telah menyatakan timnya tak akan takut menghadapi Liverpool. Ia mengakui, pertandingan perdana akan menjadi pertandingan yang berat untuk anak asuhnya.

"Kami telah bekerja sangat keras untuk meraih kesempatan ini, untuk bisa bersaing melawan tim-tim top di negara ini dan kami berhasrat membawa sepak bola kami ke lapangan," ujarnya dilansir dari tribuna.com.

“Kami bekerja sangat keras dalam beberapa bulan terakhir dan bermain lebih dari 50 pertandingan musim lalu. Kami tidak ingin hanya menikmati momen melawan tim-tim top, kami ingin memberi penghargaan kepada para pendukung kami dengan sepakbola yang bagus dan hasil yang baik," tambahnya.

Liverpool pantas mengantisipasi kebangkitan Norwich. Musim lalu, mereka mencetak 93 gol dalam 46 pertandingan. Pertemuan terakhir antara dua tim terjadi pada 23 Januari 2016 di markas Norwich, Stadion Carrow Road.

Pada laga tersebut, terjadi hujan gol. Sembilan gol tercipta dan Liverpool keluar sebagai pemenang dengan skor 5-4.

Sumber: JIBI/Solopos Tag: Liga Inggris, Liverpool Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Chelsea Menang Meyakinkan Atas Spurs 1 day ago
Newcastle United Akhirnya Bukukan Kemenangan Kedua Musim Ini 1 day ago
MU Menang Dramatis Atas West Ham 2 days ago
Prediksi Chelsea Vs Tottenham: Tuan Rumah Bisa Terjungkal 2 days ago
Jelang Hadapi Chelsea, Tiga Pemain Liverpool Positif Covid-19 3 weeks ago

Berita Pilihan

Alasan Thailand Ganti Kiper Saat Hadapi Timnas Indonesia Resmi, Persija Rekrut Makan Konate Pemain Keturunan Ini Ogah Bela Timnas Indonesia Lolos ke Final, Gilang Juragan_99 Berikan Rp500 Juta ke Timnas Aturan Gol Tandang Tak Berlaku di Piala AFF, Ini Penjelasannya
Berita Terbaru
Chelsea Menang Meyakinkan Atas Spurs 1 day ago
Diwarnai 2 Penalti dan 1 Gol Injury Time, Elche Gagal Balas Dendam ke Madrid 1 day ago
Jelang Hadapi Persebaya, PSS Pilih Latihan di Pantai 1 day ago
Hasil dan Klasemen Liga Italia, Inter Makin Kokoh di Puncak 1 day ago
Newcastle United Akhirnya Bukukan Kemenangan Kedua Musim Ini 1 day ago

Terpopuler

Liga Prancis: Lyon Gusur Monaco dari Jatah Langsung ke Liga Champions Alasan Bos Real Madrid Florentino Perez Gulirkan Liga Super Eropa: Klub Tekor karena Covid PIALA INDONESIA 2018 : PERSIKABO VS PERSIJA : Preview dan Prediksi Yap, Yaya Setujui Kontrak Baru Jika Mencetak Gol ke Gawang Celta Vigo, Messi Cetak Sejarah Baru
Tundukkan Mallorca, Villarreal Lewati Barcelona di Klasemen La Liga 2 days ago
Dortmund Kalahkan Hoffenheim, Haaland Cedera 2 days ago
MU Menang Dramatis Atas West Ham 2 days ago
Aston Villa Menang Atas Everton, Laga Diwarnai Pelemparan Botol ke Pemain Villa 2 days ago
Laga Sarat Emosi Milan Lawan Juventus, Wasit Mendadak Diganti 2 days ago