HomeSepakbola

Madrid Menang Adu Penalti Lawan Atletico, Raih Piala Super Spanyol

Oleh:M. Syahran W. Lubis
13 Januari 2020 - 05:52 WIB

Real Madrid juara Piala Super Spanyol 2020. - Reuters/Waleed Ali

Harianjogja.com, JAKARTA – Real Madrid mengalahkan rival sekota Atletico Madrid 4 - 1 melalui adu penalti untuk memenangi edisi pertama Piala Super Spanyol di Arab Saudi menyusul hasil imbang tanpa gol setelah perpanjangan waktu dalam final yang menegangkan pada Senin (13/1/2020) dini hari WIB.

Kapten Sergio Ramos dengan tenang mengirim kiper Atletico Jan Oblak mengantisipasi ke arah yang salah dalam eksekusi penalti keempat yang menentukan bagi Real untuk menutup trofi pertama musim ini setelah Dani Carvajal, Rodrygo Goes, dan Luka Modric mencetak gol untuk timnya.

Tendangan Saul Niguez membentur tiang gawang pada penalti pertama Atletico, sementara upaya Thomas Partey diblok oleh kiper Real Madrid Thibaut Courtois dalam awal mimpi buruk untuk baku tembak bagi tim Diego Simeone, dengan hanya Kieran Trippier sukses mencetak gol untuk mereka.

Gelandang Real Madrid Federico Valverde dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-115 karena menyeret Alvaro Morata ketika striker Spanyol itu mencetak gol, tetapi tim Zinedine Zidane selamat dari hadangan terakhir di pertandingan di Jeddah tersebut untuk memaksakan penalti.

Real Madrid sukses dalam adu penalti untuk memenangi Piala Super Spanyol untuk ke-11 kalinya dan mendapatkan trofi ke-10 di bawah pelatih Zidane, yang pertama sejak pemain Prancis itu kembali ke kursi pelatih pada Maret tahun lalu setelah mengundurkan diri pada 2018.

Kemenangan adu penalti juga mempertahankan rekor sempurna Zidane di final. Pelatih asal Prancis itu memenangi sembilan trofi sebagai pelatih Real Madrid.

Oblak dan Courtois tampil hebat selama 90 menit yang memaksa waktu tambahan untuk final kelima berturut-turut antara rival sekota sejak 2013.

Courtois melakukan penyelamatan luar biasa untuk menggagalkan aksi Morata pada akhir waktu reguler setelah memanfaatkan umpan cantik dari Trippier, sedangkan Oblak melakukan penyelamatan dua kali hebat pada waktu tambahan untuk menggagalkan upaya Luka Modric dan Mariano Diaz.

Piala Super Spanyol tahun ini merupakan edisi perdana di Saudi dan akan berlangsung dua kali lagi, dengan total fee yang dikeluarkan Saudi untuk Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) sebesar 120 juta euro.

Sumber: Bisnis Indonesia Tag: Sepakbola Editor: Galih Eko Kurniawan

Artikel Terkait
#HarunaOut Trending karena Cuitan Berlebihan terhadap Pelatih Timnas 1 week ago
Keinginan Raffi Ahmad Memboyong Mesut Ozil ke RANS Cilegon FC Disorot Media Asing  1 week ago
Persikabo vs Persebaya: Preview, Prediksi dan Perkiraan Pemain 2 weeks ago
14 Pemain Hengkan, Ini Respons Persis Solo 2 weeks ago
Jokowi Beri Misi Khusus ke Shin Tae-yong, Apa Itu? 2 weeks ago

Berita Pilihan

Alasan Thailand Ganti Kiper Saat Hadapi Timnas Indonesia Resmi, Persija Rekrut Makan Konate Pemain Keturunan Ini Ogah Bela Timnas Indonesia Lolos ke Final, Gilang Juragan_99 Berikan Rp500 Juta ke Timnas Aturan Gol Tandang Tak Berlaku di Piala AFF, Ini Penjelasannya
Berita Terbaru
Chelsea Menang Meyakinkan Atas Spurs 10 hours ago
Diwarnai 2 Penalti dan 1 Gol Injury Time, Elche Gagal Balas Dendam ke Madrid 16 hours ago
Jelang Hadapi Persebaya, PSS Pilih Latihan di Pantai 1 day ago
Hasil dan Klasemen Liga Italia, Inter Makin Kokoh di Puncak 1 day ago
Newcastle United Akhirnya Bukukan Kemenangan Kedua Musim Ini 1 day ago

Terpopuler

Liga Prancis: Lyon Gusur Monaco dari Jatah Langsung ke Liga Champions Alasan Bos Real Madrid Florentino Perez Gulirkan Liga Super Eropa: Klub Tekor karena Covid PIALA INDONESIA 2018 : PERSIKABO VS PERSIJA : Preview dan Prediksi Yap, Yaya Setujui Kontrak Baru Jika Mencetak Gol ke Gawang Celta Vigo, Messi Cetak Sejarah Baru
Tundukkan Mallorca, Villarreal Lewati Barcelona di Klasemen La Liga 1 day ago
Dortmund Kalahkan Hoffenheim, Haaland Cedera 1 day ago
MU Menang Dramatis Atas West Ham 1 day ago
Aston Villa Menang Atas Everton, Laga Diwarnai Pelemparan Botol ke Pemain Villa 1 day ago
Laga Sarat Emosi Milan Lawan Juventus, Wasit Mendadak Diganti 1 day ago