Sepakbola

Bekuk Tampines di LCA, Bali United Langsung Ditunggu Melbourne Victory

Penulis: Newswire
Tanggal: 15 Januari 2020 - 07:02 WIB
Pemain Bali United sedang berlatih - Antara

Harianjogj.com, JAKARTA - Bali United melaju ke babak kualifikasi kedua Liga Champions Asia seusai menang secara dramatis atas tim asal Singapura, Tampines Rovers, dalam laga yang digelar di Stadion Jalan Besar, Singapura, pada Selasa (14/1/2020) malam.

Drama delapan gol tercipta hingga pada babak tambahan kedua. Bali sempat unggul 2-0 lewat Melvin Platje untuk kemudian diperkecil Boris Kopitovic dua menit menjelang babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Tampines Rovers malah berbalik unggul 3-2 hingga menit ke-67 lewat gol Jordan Webb dan gol bunuh diri Rahmat Syamsudin. Rahmat kemudian membayar lunas kesalahannya dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Stefano Lilipali dan Sidik Saimima mengunci kemenangan Bali United untuk kemudian menang 5-3.
Kemenangan ini membawa pasukan Emral Abus, melaju ke babak kedua kualifikasi Liga Champions Asia. Mereka telah ditunggu Melbourne Victory asal Australia pada 21 Januari.

Saat bertandang ke Singapura ini, Bali tidak diperkuat sejumlah pilar utama seperti Ilija Spasojevic, dan Irfan Bachdim. Rekrutan baru pun belum diturunkan pelatih Emral Abus. Di lini depan mereka mengandalkan kecepatan Yabes Roni dan Melvin Platje.

Bali United unggul cepat saat memasuki menit ke-8. Kecerdikan Melvin Platje melihat kiper Tampines Rovers terlalu maju, sepakan di luar kotak penaltinya tak bisa dijangkau Zulfairuuz.

Empat menit berselang pemain bernomor punggung tujuh ini kembali mencatatkan namanya di papan skor, setelah sepakan keras di sisi kanan menerima umpan Stefano Lilipaly tak mampu diselamatkan kiper.

Usai gol ini, Tampines mulai mengurung pertahanan Bali United. Tercatat, tiga peluang lewat Mahdu Mohara, Jordan Webb, dan Nakamura. Ketiganya belum bisa mengarah ke gawang Wawan Hendrawan.

Saat laga telah berjalan setengah jam, Platje hampir mencetak Hattrick. Sayang sepakannya di sisi kanan memaksimalkan serangan balik cepat masih menyamping tipis di kiri gawang Zulfairuuz.

Tuan rumah baru bisa memperkecil ketertinggalan di menit ke-42. Akselerasi Boris Kopitovic yang diakhiri sepakan di sisi kiri, gagal diselamatkan Wawan Hendrawan. Hingga aruh pertama berakhir skor tetap bertahan 2-1.

Penyerang Tampines Rovers Jordan Webb mampu membawa kedudukan kembali imbang. Sepakannya di menit 53 menghujam gawang Wawan Hendrawan, skor 2-2.

Menit 65, Bali hampir memimpin. Sepakan keras Melvin Platje di dalam kotak penalti masih bisa ditepis Zulfairuuz Rudy. Untuk memperkuat lini depan, Emral Abus memasukkan Rahmat menggantikan Yabes Roni.

Namun Bali United malah kebobolan setelah Rahmat Syamsudin mencetak gol bunuh diri untuk membantu Tampines Rovers unggul 3-2. Kesalahan Rahmat dibalas pada menit 82 dan memaksa pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Rahmat yang baru masuk di babak kedua, berhasil mencatatkan namanya di papan skor untuk mengubah kedudukan menjadi 3-3. Berawal dari umpan Stefano Lilipaly, ia dengan mudahnya menyontek bola yang tak mampu diselamatkan kiper.

Wawan Hendrawan menjadi pahlawan bagi Serdadu Tridatu, berkat aksi penyelematan gemilangnya mampu menyelamatkan sepakan mendatar penyerang Tampines Rovers lewat skema serangan balik cepat jelang babak kedua berakhir. Pertandingan pun harus dilanjutkan di babak tambahan.

M. Rahmat kembali mengancam gawang Zulfairuuz di menit 90+3. Sepakan mendatarnya menerima umpan terobosan Lilipaly, membentur mistar gawang. Bola pun berhasil dihalau bek Tampines Rovers.

Upaya Bali United menggempur pertahanan Tampines Rovers berbuah hasil. Kali ini gol keunggulan dicetak Stefano Lilipaly memaksimalkan umpan Paulo Sergio silang mendatar di menit 100.

Pada babak tambahan kedua, Bali United terus dikurung Tampines Rovers. Mereka sesekali mengandalkan serangan balik cepat. Namun justru strategi Bali United berjalan mulus setelah memperlebar keunggulan menjadi 5-3.

Kali ini, gol Bali United dicatatkan Sidik Saimima. Aksinya setelah melakukan intersep, diakhiri sepakan mendatar yang tak terlalu keras. Namun bola menyentuh kaki bek Tampines dan berbelok arah sehingga tak bisa dijangkau kiper.

Hingga akhir pertandingan, skor 5-3 untuk kemenangan Bali United atas Tampines Rovers. Bali melaju ke babak kedua kualifikasi Liga Champions Asia dan telah ditunggu klub asal Australia, Melbourne Victory.

Berikut susunan pemain:
Tampines Rovers: Zulfairuuz Rudy; Abd Aziz, Amirul Adli, Mark Bennett, Muhammad Shah; Madhu Mohana, Zehrudin Mehmedovic, Kyoga Nakamura; Irwan Shah Arismail, Boris Kopitovic, Jordan Webb

Bali United: Wawan Hendrawan; Fadil Sausu, Brwa Nouri, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin; Paulo Sergio, Willian Pacheco, Andhika Wijaya; Stefano Lilipaly, Yabes Roni, Melvin Platje.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Berita Terkait

Hasil Inter vs Genoa: Skor 2-1, Nerazzurri Kokoh di Peringkat Pertama Klasemen Liga Italia
Inter Milan Menang 1-0 Atas Atletico Madrid di Liga Champions, Inzaghi: Harusnya Bisa Cetak Gol Lebih Banyak
Ada Perang Bintang, Ini Jadwal Perempat Final Piala Asia 2023
Indonesia Lolos 16 Besar, Akun Ini Diserbu Warganet karena Akan Telanjang di Malioboro

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
  2. Aktif Blusukan ke Masyarakat, Sudaryono Mantap Maju Cagub Jateng
  3. Mudik Lebaran, 34 Juta Orang Diprediksi Masuk ke Jatim
  4. Jadwal Imsak hingga Waktu Buka Puasa Wilayah Boyolali Jumat 29 Maret

Berita Terbaru Lainnya

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol
Kualifikasi Piala Dunia 2026, Thom Haye Disebut Shin Tae-yong Bekerja dengan Baik
Pelatih PSS Risto Vidakovic Tegaskan Bakal Lakukan Perubahan Saat Hadapi Madura United
Hasil Spanyol vs Brazil: Skor 3-3, Diwarnai 3 Hadiah Penalti
Hasil Slovenia vs Portugal: Skor 2-0, Ronaldo Gagal Cetak Gol
Vietnam Dibantai Indonesia di Hanoi dengan Skor 0-3, Phillipe Troussier Langsung Dipecat
Ragnar Oratmangoen: Kemenangan Indonesia Atas Vietnam Hasil Kerja Keras Tim
Dihajar Indonesia dengan Skor 0-3 Timnas Vietnam Tetap Yakin Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Akhirnya! Timnas Indonesia Patahkan Rekor Tak Pernah Menang Selama 20 Tahun di Kandang Vietnam
Jokowi Bangga Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam