Sepakbola

Media Korsel Sebut Asnawi Sama dengan Park Ji-Sung

Penulis: Newswire
Tanggal: 11 Mei 2021 - 19:37 WIB
Pemain Timnas U-22 Asnawi Mangkualam Bahar (tengah) berebut bola dengan pemain Thailand Sakunchai Saengthopho (kiri) dalam pertandingan Final Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019). - ANTARA/Nyoman Budhiana

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemain klub Ansan Greeners Asnawi Mangkualam Bahar disebut oleh media K-League memiliki kesamaan dengan gelandang legendaris Korea Selatan, Park Ji-Sung. 

Asnawi menyatakan dirinya masih belum dapat disejajarkan dengan Ji-Sung yang pernah bermain di Manchester United. Dia pun menilai penyebutan bahwa dirinya mirip dengan Ji-Sung lebih karena efek yang diberikannya untuk popularitas K-League sejak bergabung dengan Greeners pada Februari lalu.

"Dari sisi kualitas permainan, saya masih sangat jauh dari Park. Namun mungkin, kami mirip dari segi popularitas. Park Ji-sung membuat banyak penonton Korea Selatan mengikuti Liga Inggris, seperti saya membuat masyarakat Indonesia melihat K-League 2 karena bermain di Korea Selatan," ujar Asnawi dalam diskusi via Instagram, Selasa (11/5/2021).

Dia pun mengakui memberikan kontribusi positif bagi popularitas klubnya dan K-League, terutama di dunia maya. Selain menguntungkan klub, menurut dia, hal itu juga bisa membuat pemain Indonesia semakin dilirik.

"Saya senang karena selain bisa menaikkan nama klub, itu dapat membuat pemain Indonesia semakin dikenal di Korea Selatan," ujar Asnawi.

Melalui publikasi tersebut, menurut bek berusia 21 tahun itu, masyarakat sepak bola internasional dapat melihat Indonesia sebenarnya memiliki banyak potensi unggul. Selama ini fakta tersebut seakan tertutup lantaran sepinya publikasi.

"Ke depan, saya berharap lebih banyak teman dari Indonesia yang bisa berkarier di luar negeri," tutur Asnawi.

Asnawi saat ini bermain di divisi dua Liga Korea Selatan, K-League 2, bersama Ansan Greeners. Kehadiran pemuda asal Makassar itu memang membawa dampak langsung terhadap peningkatan popularitas Ansan Greeners dan K-League di media sosial.

Di media sosial Instagram, misalnya, akun Ansan Greeners yaitu @ansan_greeners_fc meraup lonjakan para pengikut (followers) begitu Asnawi bergabung.

Berdasarkan data statistik socialblade.com, pengikut Ansan Greeners di Instagram langsung bertambah 5.819 hanya dalam periode Februari-Maret 2021. Asnawi baru bergabung dengan Ansan Greeners pada Februari 2021.

Kedatangan Asnawi membuat Ansan Greeners, yang baru memiliki 22.754 followers pada Februari 2021, sampai Selasa hari ini, sudah mempunyai sekitar 61.700 followers.

Begitu pula kanal Youtube Ansan Greeners FC, dari semua unggahannya, video yang menampilkan Asnawi masih paling banyak ditonton. Peningkatan pelanggan (subscribers) juga terjadi di saluran Youtube tersebut.

Pada pertengahan April 2021, 'subscribers' Ansan Greeners FC bertambah 1.200. Itu membuat, hingga hari ini, Ansan Greeners mempunyai 4.680-an pelanggan di Youtube.

Selain Ansan Greeners, media sosial K-League juga kebanjiran popularitas saat Asnawi datang ke Korea Selatan. Dari 10 besar video terpopuler di kanal Youtube K League sepanjang masa, tiga di antaranya menyangkut Asnawi Mangkualam Bahar.

Salah satu video bahkan bisa menyedot lebih dari 1,7 juta penonton dalam waktu dua minggu. Dua video lain berpenonton 1,1 juta dan 928 ribu, tidak sampai satu bulan.

Subscriber Youtube K League pun terus meninggi. Dari 102.000 subscribers pada awal Januari 2021, sekarang atau sampai Senin (10/5), subscriber mereka sudah 153.000 orang. Demi menarik warganet Indonesia, K-League menyisipkan bahasa Indonesia dalam video unggahan mereka tentang Asnawi Mangkualam Bahar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Berita Terkait

Hasil Lazio vs Juventus Skor 2-1: Kalah, Si Nyonya Tua Tetap Melaju ke Final Copa Italia 2023/2024
Hasil Arsenal vs Chelsea Skor 5-0: The Gunners Bantai The Blues, Kokoh di Puncak Klasemen Liga Inggris
Liga Jerman, Bayern Perpanjang Asa
Prediksi Skuat City Hadapi Luton Town Malam Nanti

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Tuntas Klaim Kumpulkan 75.000 KTP untuk Maju Pilkada Sukoharjo Jalur Independen
  2. Indonesia Ukir Sejarah ke Semifinal Piala Asia U-23, Erick Thohir: Bangga!
  3. BI Rate Naik Jadi 6,25 Persen, BTN Masih Pertimbangkan Penyesuaian Bunga KPR
  4. Pilkada 2024 Makin Ramai, Kades Pentur Siap Maju jadi Calon Bupati Boyolali

Berita Terbaru Lainnya

Statistik Timnas Indonesia Melawan South Korea di Perempat Final Piala Asia, Memang Pantas Menang
Bantai Brighton & Hove Albion 0-4, Manchester City Tempel Terus Arsenal di Liga Inggris
Hasil South Korea U-23 vs Indonesia U-23 Skor Adu Penalti 10-11: Pratama Arhan Penentu Kemenangan Garuda Muda ke Semifinal Piala Asia
Dramatis, Garuda Muda Maju ke Semifinal Piala Asia usai Kalahkan Korsel Lewat Adu Penalti, Sejarah Baru Timnas Indonesia
Babak Kedua Indonesia vs Korsel, 2-2, Diwarnai 2 Kartu Merah, Korsel Paksa Garuda Muda Perpanjangan Waktu
Indonesia vs Korsel, Struick 2 Gol Tampil Trengginas di 8 Besar Piala Asia
Melaju ke Semifinal, Jepang Singkirkan Qatar 4-2 di Perempatfinal Piala Asia
Babak Pertama Indonesia Unggul 1-0 atas Korea Selatan di 8 Besar Piala Asia Berkat Gol Indah Rafael Struick
Susunan Pemain dan Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan 8 Besar Piala Asia
Kontrak Shin Tae-yong Resmi Diperpanjang untuk Timnas Indonesia hingga 2027