HomeSepakbola

Paralimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditutup, Sampai Jumpa di Paris 2024

Oleh:Newswire
06 September 2021 - 00:17 WIB

Upacara penutupan Paralimpiade Tokyo digelar di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Minggu (5/9/2021). - REUTERS/Issei Kato

Harianjogja.com, TOKYO - Paralimpiade Tokyo, resmi ditutup dengan closing ceremony yang digelar di National Stadium, Tokyo, Jepang, Minggu (5/9/2021) malam WIB. Presiden Komite Paralimpiade Internasional (IPC), Andrew Parsons, resmi menutup ajang olahraga yang telah diundur setahun karena pandemi tersebut.

"Saya tidak menyangka perjalanan, pertandingan hampir selesai... Saya tidak ingin melakukan ini, tetapi sudah waktunya bagi saya untuk menyatakan Paralimpiade Tokyo 2020 ditutup," kata Parsons.

Selama 12 hari, Parsons mengatakan, para atlet telah memberikan harapan, membuka pemikiran, dan yang terpenting "atlet mengubah kehidupan."

Baca juga: Hanik Puas Meski Tak Bisa Tembus Final Paralimpiade Tokyo

"Paralimpiade membantu mewujudkan mimpi banyak orang di Tokyo dan memberikan harapan bagi yang menonton di rumah," ujar Parsons.

Parsons juga berterima kasih kepada masyarakat Jepang yang membuat Paralimpiade dapat digelar. Tidak hanya itu, dia juga memberikan apresiasi kepada tim IPC, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, Gubernur Tokyo Yuriko Koike dan Presiden panitia penyelenggara Tokyo Games, Seiko Hashimoto.

Tak lupa Parsons juga berterima kasih kepada federasi internasional, ofisial dan atlet-atlet yang berpartisipasi, serta relawan yang membawa energi dalam penyelenggaraan Paralimpiade Tokyo.

Baca juga: Indonesia Raih Medali Pertama Paralimpiade Tokyo 2020

"Semua atlet Paralimpiade di seluruh dunia, sampai jumpa di Paris tiga tahun lagi," tutup Parsons.

Sebelum pidatonya, Parsons menyerahkan bendera Paralimpiade kepada Walikota Paris Anne Hidalgo, yang akan menjadi tuan rumah Paralimpiade selanjutnya.

Pada pengujung upacara penutupan, para musisi termasuk paduan suara menyanyikan lagu "What a Wonderful World" ciptaan Bob Thiele yang direkam pertama kali oleh Louis Amstrong.

Kaldron api Paralimpiade Tokyo kemudian ditutup, kembang api kembali menyala di atas stadion untuk terakhir kalinya, "Arigato" terpampang di layar, diikuti dengan tulisan "See you in Paris 2024."

Sumber: Antara Tag: Olimpiade Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Ini Catatan Statistik PSIM & Persis di Derbi Mataram Jilid I Musim Ini Disimpan Saat Persis Tundukkan Persijap, Irfan Bachim dan Kanu Disiapkan Lawan PSIM PSS Sudah Kembali ke Sleman, Kapten Berterima Kasih kepada Suporter Arthur Irawan Tak Ikut PSS ke Sleman, Dirut PT PSS: Bukan Menghindari Suporter Irfan Bachdim Disebut Bakal Merapat ke Persis Solo
Berita Terbaru
Kesulitan di Chelsea, Ziyech Bakal Senang Kembali ke Ajax 3 hours ago
Piala AFF: Ezra Walian Siap Tempur Lawan Kamboja 4 hours ago
PSS Sleman Waspadai Kebangkitan Persipura 6 hours ago
Salah Pakai Jersey, Kiper PSIS Didenda Rp10 Juta 7 hours ago
8 Besar Liga 2 & Liga 1 Bakal Digelar dengan Penonton 19 hours ago

Terpopuler

Liga Prancis: Lyon Gusur Monaco dari Jatah Langsung ke Liga Champions Alasan Bos Real Madrid Florentino Perez Gulirkan Liga Super Eropa: Klub Tekor karena Covid PIALA INDONESIA 2018 : PERSIKABO VS PERSIJA : Preview dan Prediksi Yap, Yaya Setujui Kontrak Baru Jika Mencetak Gol ke Gawang Celta Vigo, Messi Cetak Sejarah Baru
Putri Mataram Jadi Kampiun Ardek 98 Cup 2 days ago
Timnas Indonesia Jalani Pemulihan Kondisi Fisik untuk Persiapan Piala AFF 2020 2 days ago
PSS Balikkan Keadaan dan Kalahkan PSIS, Begini Reaksi Dejan 3 days ago
Comeback, PSS Sleman Bungkam PSIS 3 days ago
Putri Mataram Siap Gondol Trofi Ardek 98 Cup   3 days ago