HomeSepakbola

Jadi Pesepak Bola Terkaya Sejagat, Ini Sumber Kekayaan Cristiano Ronaldo

Oleh:Annisa Sulistyo Rini
25 September 2021 - 10:57 WIB

Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo - Twitter Man Utd

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo telah dinobatkan sebagai pesepak bola terkaya sedunia tahun ini versi Forbes.

Pada Selasa (21/9/2021), Forbes mengumumkan total pendapatan pemain bola asal Portugal itu senilai US$125 juta atau setara Rp1,78 triliun (asumsi kurs Rp14.250 per US$). Angka ini mengalahkan Lionel Messi dengan total pendapatan US$110 juta atau sekitar Rp1,56 triliun.

Dilansir Forbes, belum genap satu hari kabar bahwa Cristiano Ronaldo pindah dari Juventus ke MU, striker kawakan itu telah menjadi bestselling player di situs merchandise olahraga Fanatics.

Baca juga: Pengin Melancong ke Korea Selatan, Berapa Biaya yang Harus Disiapkan?

Dia menduduki puncak penjualan pemain top lainnya yang telah berpindah klub dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Tom Brady dari NFL pada 2020, pemain NBA LeBron James pada 2018, dan Bryce Harper dari MLB pada tahun 2019.

Namun, bisa dikatakan 'kemenangan' termanis CR7 adalah mengalahkan rivalnya Lionel Messi, yang berada di peringkat kedua, dalam daftar pesepak bola terkaya. Messi telah mengumumkan kepindahannya ke PSG dari Barcelona beberapa minggu sebelum Ronaldo berpindah klub.

Kepopuleran Ronaldo di dunia maya juga membantunya merebut kembali posisi teratas pada peringkat Forbes tahun ini. Sebagaimana diketahui, pemain berusia 36 tahun ini memiliki setengah miliar pengikut di dunia maya, terdiri dari Facebook 149 juta, Instagram 344 juta, dan Twitter 94,3 juta.

Baca juga: Terancam Menghilang dari Muka Bumi, 8 Tempat Ini Layak Dikunjungi

Ronaldo diperkirakan mengantongi US$125 juta sebelum pajak pada musim 2021-2022 dengan US$70 juta berasal dari gaji dan bonus untuk kepulangannya di MU, di mana pada 2003-2009 dia menyumbang 3 gelar Premier League berturut-turut dan satu gelar piala Champions.

Selain itu, pundi kekayaan Ronaldo berasal dari endorsement personal dan kerja sama dengan beberapa merek terkenal, termasuk Nike, Herbalife, Clear, dan brandnya CR7 dengan produk seperti parfum, pakaian dalam, kacamata, hotel, gym, dan masih banyak lagi.

Tercatat, hanya tiga atlet aktif lainnya yang menghasilkan lebih banyak secara komersial, yaitu Roger Federer (U$90 juta), LeBron James (U$65 juta), dan Tiger Woods (U$60 juta)

Namun, saat ini permainan Ronaldo tidak menunjukkan tanda-tanda melambat dan masih banyak mengungguli banyak lawannya di Eropa, yang sebagian besar lebih muda 10 tahun darinya.

Saat laga perdana kembalinya dia ke MU, dia berhasil menggolkan 2 kali dan sekarang mencatatkan 4 gol dalam 3 pertandingan Premier League.

Adapun, selain Ronaldo dan Messi di peringat pertama dan kedua, ada pula Neymar Jr. di peringkat ketiga dengan pendapatan senilai US$95 juta.

Menyusul di posisi keempat ada Kylian Mbappe dengan total pendapatan US$43 juta dan Mohamed Salah di posisi kelima dengan pendapatan total US$41 juta.

Sumber: Forbes Tag: Sepakbola Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Madrid Menang Adu Penalti Lawan Atletico, Raih Piala Super Spanyol 1 year ago
Edson Tavares Tukangi Borneo FC 1 year ago
Liverpool Melaju ke Final Piala Duna Antarklub 1 year ago
Bertemu Jokowi di Istana, PSSI Minta Jaminan Pekerjaan untuk Mantan Insan Sepakbola 1 year ago
Dennis Wise Sanjung Penampilan Tim Garuda Select 1 year ago

Berita Pilihan

Ini Catatan Statistik PSIM & Persis di Derbi Mataram Jilid I Musim Ini Disimpan Saat Persis Tundukkan Persijap, Irfan Bachim dan Kanu Disiapkan Lawan PSIM PSS Sudah Kembali ke Sleman, Kapten Berterima Kasih kepada Suporter Arthur Irawan Tak Ikut PSS ke Sleman, Dirut PT PSS: Bukan Menghindari Suporter Irfan Bachdim Disebut Bakal Merapat ke Persis Solo
Berita Terbaru
Kesulitan di Chelsea, Ziyech Bakal Senang Kembali ke Ajax 5 hours ago
Piala AFF: Ezra Walian Siap Tempur Lawan Kamboja 5 hours ago
PSS Sleman Waspadai Kebangkitan Persipura 8 hours ago
Salah Pakai Jersey, Kiper PSIS Didenda Rp10 Juta 8 hours ago
8 Besar Liga 2 & Liga 1 Bakal Digelar dengan Penonton 20 hours ago

Terpopuler

Liga Prancis: Lyon Gusur Monaco dari Jatah Langsung ke Liga Champions Alasan Bos Real Madrid Florentino Perez Gulirkan Liga Super Eropa: Klub Tekor karena Covid PIALA INDONESIA 2018 : PERSIKABO VS PERSIJA : Preview dan Prediksi Yap, Yaya Setujui Kontrak Baru Jika Mencetak Gol ke Gawang Celta Vigo, Messi Cetak Sejarah Baru
Putri Mataram Jadi Kampiun Ardek 98 Cup 2 days ago
Timnas Indonesia Jalani Pemulihan Kondisi Fisik untuk Persiapan Piala AFF 2020 2 days ago
PSS Balikkan Keadaan dan Kalahkan PSIS, Begini Reaksi Dejan 3 days ago
Comeback, PSS Sleman Bungkam PSIS 3 days ago
Putri Mataram Siap Gondol Trofi Ardek 98 Cup   3 days ago