HomeSepakbola

Salah Pakai Jersey, Kiper PSIS Didenda Rp10 Juta

Oleh:Ichsan Kholif Rahman
07 Desember 2021 - 05:17 WIB

Jandia Eka Putra - Instagram @jandiaekaputra

Harianjogja.com, JAKARTA—Komite Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi kepada sejumlah pemain dan klub.

Sebagaimana dilansir pssi.org pada Senin (6/12/2021), Komdis PSSI mengeluarkan 17 poin putusan Komdis PSSI kepada tim Liga 1 dan Liga 2 Indonesia.

Kiper PSIS Semarang, Jandia Eka Putra, yang salah memakai jersey disanksi Komdis PSSI. Kejadian itu sempat viral di media sosial saat Jandia memakai jersey kiper cadangan.

Jandia teledor saat PSIS Semarang bertemu PSM Makassar pada Senin (22/11/2021). Jandia Eka Putra tak mengenakan jersey yang seharusnya.

Pemilik nomor punggung 30 ini menggunakan jersey milik rekan setimnya yakni Joko Ribowo. Hasil sidang Komite Disiplin PSSI tanggal 3 Desember 2021 memutuskan bahwa Jandia terbukti bersalah dan didenda Rp10 juta.

Persis Solo didenda karena bertingkah buruk dalam pertandingan. Komdis PSSI mewajibkan Persis Solo membayar denda sebesar Rp50 juta setelah mendapat lima kartu kuning dalam pertandingan saat Persis Solo melawan Hizbul Wathan Football Club (HWFC) pada 23 November 2021 lalu.

Persis Solo dianggap bertingkah buruk dengan mendapat lima kartu kuning. Hukuman ke Persis Solo menjadi kali kedua setelah sebelumnya Persis Solo mendapat sanksi yang sama saat melawan PSCS Cilacap. Tercatat dalam fase penyisihan grup, Persis Solo sudah menghabiskan Rp100 juta untuk membayar denda.

Tim Liga 2, KS Tiga Naga, menjadi tim terbanyak yang disanksi Komdis PSSI. Semuanya dikarenakan kericuhan saat KS Tiga Naga menghadapi Semen Padang pada 29 November 2021 lalu. Pelatih kepala KS Tiga Naga, Feryandes Rozialta, disanksi 3 tahun tidak boleh beraktivitas di dunia sepak bola Indonesia karena dianggap memprovokasi ofisial tim untuk menyerang perangkat pertandingan. Feryandes juga didenda 25 juta atas perbuatannya. Lalu asisten Pelatih KS Tiga Naga, Beni Setiadi, juga harus absen selama dua tahun setelah menyerang perangkat pertandingan dan didenda Rp10 juta. Sanksi yang sama dengan Beni turut dijatuhkan kepada kitman KS Tiga Naga Andria Syahputra. Dia dianggap melakukan penyerangan kepada perangkat pertandingan.

Masseur KS Tiga Naga, Herlizon Herly, juga tak luput dari sanksi Komdis PSSI. Herlizon juga dianggap menyerang perangkat pertandingan dan harus menerima sanksi yang sama dengan Beni dan Andria.

Lalu, secara umum tim KS Tiga Naga wajib membayara denda tambahan Rp75 juta.

“Tingkah laku buruk tim, empat ofisial tim secara bersama sama melakukan ancaman, intimidasi, pengejaran, pemukulan dan penganiayaan terhadap perangkat pertandingan,” tulis keterangan Komdis PSSI.

Sumber: JIBI/Solopos.com Tag: Liga 1 Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Save Our Soccer Nilai Bali Tidak Layak Gelar Liga 1 1 week ago
Punya Gaji Rp68 Miliar Per Tahun, Mesut Ozil Jadi Incaran RANS Cilegon FC 2 weeks ago
Luis Milla Dikaitkan dengan RANS Cilegon FC 2 weeks ago
Aturan Baru PPKM, Liga 1 Boleh Uji Coba Pertandingan dengan Penonton 2 weeks ago
Mobil Tim Kecelakaan, Pemain Muda Persikabo Meninggal Dunia 3 weeks ago

Berita Pilihan

Alasan Thailand Ganti Kiper Saat Hadapi Timnas Indonesia Resmi, Persija Rekrut Makan Konate Pemain Keturunan Ini Ogah Bela Timnas Indonesia Lolos ke Final, Gilang Juragan_99 Berikan Rp500 Juta ke Timnas Aturan Gol Tandang Tak Berlaku di Piala AFF, Ini Penjelasannya
Berita Terbaru
Chelsea Menang Meyakinkan Atas Spurs 9 hours ago
Diwarnai 2 Penalti dan 1 Gol Injury Time, Elche Gagal Balas Dendam ke Madrid 16 hours ago
Jelang Hadapi Persebaya, PSS Pilih Latihan di Pantai 1 day ago
Hasil dan Klasemen Liga Italia, Inter Makin Kokoh di Puncak 1 day ago
Newcastle United Akhirnya Bukukan Kemenangan Kedua Musim Ini 1 day ago

Terpopuler

Liga Prancis: Lyon Gusur Monaco dari Jatah Langsung ke Liga Champions Alasan Bos Real Madrid Florentino Perez Gulirkan Liga Super Eropa: Klub Tekor karena Covid PIALA INDONESIA 2018 : PERSIKABO VS PERSIJA : Preview dan Prediksi Yap, Yaya Setujui Kontrak Baru Jika Mencetak Gol ke Gawang Celta Vigo, Messi Cetak Sejarah Baru
Tundukkan Mallorca, Villarreal Lewati Barcelona di Klasemen La Liga 1 day ago
Dortmund Kalahkan Hoffenheim, Haaland Cedera 1 day ago
MU Menang Dramatis Atas West Ham 1 day ago
Aston Villa Menang Atas Everton, Laga Diwarnai Pelemparan Botol ke Pemain Villa 1 day ago
Laga Sarat Emosi Milan Lawan Juventus, Wasit Mendadak Diganti 1 day ago