HomeSepakbola

Aturan Gol Tandang Tak Berlaku di Piala AFF, Ini Penjelasannya

Oleh:Budi Cahyana
23 Desember 2021 - 18:27 WIB

Para pemain Indonesia merayakan gol ke gawang Singapura di semifinal pertama Piala AFF 2021, Rabu (22/12/2021). Aturan gol tandang dihapus di Piala AFF. - Antara/Humas PSSI

Harianjogja.com, JOGJA—Aturan gol tandang tak berlaku di semifinal Piala AFF 2021 yang digelar dalam dua leg. Timnas Indonesia pun harus menang melawan Singapura di leg kedua yang akan berlangsung Sabtu, 25 Desember 2021, pukul 19.30 WIB untuk memastikan tempat di final.

Indonesia bermain 1-1 kontra Singapura di leg I semifinal Piala AFF 2020. Unggul lebih dulu lewat sepakan Witan Sulaeman pada menit 28, gawang Indonesia kemudian dibobol penyerang Singapura, Ikhsan Fandi, di menit 70.

Jika menggunakan aturan gol tandang, hasil 1-1 sangat menguntungkan Indonesia karena hasil itu dicapai saat anak asuh Shin Tae-yong berlaku sebagai tim tamu. Indonesia tinggal butuh hasil 0-0 untuk melangkah ke final. Di semifinal leg kedua yang juga akan berlangsung di Singapura, Indonesia akan berstatus tuan rumah. Dengan aturan gol tandang, jika laga berakhir imbang 2-2 atau lebih, Singapura yang bakal lolos ke final.

Namun, AFF memutuskan menghapus aturan gol tandang sehingga hasil imbang dengan skor berapa pun di semifinal kedua akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Apabila hasil masih imbang, pemenang diputuskan lewat adu penalti.

AFF mengikuti jejak UEFA yang sudah terlebih dahulu menghapus aturan gol tandang di semua kompetisi yang berada di bawah naungan mereka mulai musim 2021/2022.

Liga Champions, Liga Eropa, Liga Champions Wanita, Liga UEFA Junior, Piala Super Eropa, dan Europa Conference League, akan menerapkan aturan baru.

UEFA menghapus aturan gol untuk mendorong permainan yang lebih menyerang. Menurut Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, regulasi gol tandang ini justru menghalangi tim tuan rumah bermain menyerang di laga kedua apabila sudah bermain imbang dan mencetak gol di laga pertama.

 

 

Tag: Piala AFF Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Ini Jadwal Lengkap & Siarang Langsung Pertandingan Piala AFF U-23 2022 3 months ago
Prediksi Leg Kedua Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand 4 months ago
Jika Menang Piala AFF, Hotman Paris Beri Rp1 Miliar ke Timnas 4 months ago
Indonesia Kalah Kelas dari Thailand, Ini Respons Shin Tae-yong 4 months ago
Hadapi Singapura di Leg Kedua AFF 2020, Ini yang Harus Diperbaiki Timnas 4 months ago

Berita Pilihan

Hempaskan Juventus, Inter Sukses Rengkuh Trofi Coppa Italia Sosok Ini yang Bikin Dedy Gusmawan Kepincut PSS Begini Kondisi Cedera Ramai Rumakiek Setelah Ditangani Tim Dokter PSSI 22 Pemain Mataram Utama Bertolak ke Sidoarjo untuk Semifinal Liga 3 Rusia Tetap Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Euro 2028 meski Dihukum FIFA
Berita Terbaru
Arema FC vs PSIS Semarang: Panpel Siapkan Vaksin Booster untuk 3.000 Orang Aremania 8 hours ago
Final Liga Eropa, Eintracht Frankfurt vs Rangers, Prediksi Skor dan Susunan Pemain 14 hours ago
SEMIFINAL SEA GAMES 202: Hadapi Thailand, STY: Kondisinya Kini Berbeda 15 hours ago
Kembali Berseragam PSS Sleman, Ini Kata Syaiful Ramadan 21 hours ago
Penurunan Fisik Pemain PSS Sleman Dinilai Masih Wajar 22 hours ago

Terpopuler

Penurunan Fisik Pemain PSS Sleman Dinilai Masih Wajar Kembali Berseragam PSS Sleman, Ini Kata Syaiful Ramadan Arema FC vs PSIS Semarang: Panpel Siapkan Vaksin Booster untuk 3.000 Orang Aremania SEMIFINAL SEA GAMES 202: Hadapi Thailand, STY: Kondisinya Kini Berbeda Final Liga Eropa, Eintracht Frankfurt vs Rangers, Prediksi Skor dan Susunan Pemain
PSIM Jogja Rekrut Fauzan Fajri dan Ricky Ohorella 1 day ago
Renan Silva Diharapkan Tidak Hanya Mampu Pecahkan Kebuntuan 1 day ago
Hadapi Thailand di Semifinal, Indonesia U-23 Tanpa Asnawi Mangkualam 1 day ago
Prediksi Newcastle vs Arsenal, Liga Inggris Dini Hari Nanti 2 days ago
Sepak Bola SEA Games 2021: Gol Bunuh Diri Laos Antar Thailand Jadi Lawan Indonesia di Semifinal 2 days ago