HomeSepakbola

Alasan Thailand Ganti Kiper Saat Hadapi Timnas Indonesia

Oleh:Newswire
30 Desember 2021 - 10:07 WIB

Timnas Indonesia vs Singapura : Instagram : PSSI

Harianjogja.com, SINGAPURA – Thailand melakukan pergantian pemain yang tak biasa ketika menghabisi Tim Nasional (Timnas) Indonesia 4-0 di leg pertama final Piala AFF 2020. Mereka mengganti kiper Siwarak Tedsungnoen dengan Kawin Thamsatchanan ketika laga tinggal 15 menit lagi dan saat itu Thailand tengah unggul 3-0.
Keputusan pelatih Thailand, Alexandre Polking itu lantas langsung menjadi kontroversi karena dinilai meremehkan Timnas Indonesia. Namun, ternyata ada alasan sedih di balik keputusan tersebut karena Polking sengaja memainkan Kawin yang sedang berduka karena baru saja kehilangan ayahnya. Bertanding di Stadion Nasional, Singapura, Rabu 29 Desember 2021, Thailand sukses melibas Indonesia dengan skor empat gol tanpa balas. Empat gol tersebut dicetak oleh dua gol Chanathip Songkrasin (2’ dan 52’), Supachok Sarachat (67’), dan Bordin Phala (83’).
Terdapat momen yang menyita perhatian pada laga tersebut. Tepatnya di menit ke-75. Pasalnya, Polking mengganti sang kiper yaitu Siwarak Tedsungnoen dengan memasukan Kawin. Pergantian yang dilakukan Polking bukan tanpa alasan. Dia juga menegaskan bahwa tidak bermaksud memandang sebelah mata Indonesia lantaran timnya sedang unggul jauh. “Saya ingin memperjelas, saya ingin memainkan Kawin di lapangan dan tidak bermaksud meremehkan Indonesia,” kata Polking dalam konferensi pers, Kamis (30/12/2021).
Polking memasukan Kawin dengan tujuan yang mulia. Dia mengaku ingin membuat kiper berusia 31 tahun itu bahagia karena baru saja kehilangan ayahnya.
“Saya menggantikan Kawin, karena ayahnya meninggal. Saya ingin membuat dia bahagia lagi,” ungkapnya. Diketahui, ayah Kawin baru saja meninggal jelang laga final leg pertama Piala AFF 2020. Saat ingin memasuki lapangan pun dirinya terlihat tampak emosional dengan raut wajah yang gembira. Usai laga Polking pun menangis karena tak kuasa menahan rasa sedih yang tengah dirasakan Kawin. Kini ia pun bertekad semakin ingin membawa Thailand juara Piala AFF 2020 dengan kembali mengalahkan Timnas Indonesia di leg kedua yang berlangsung pada Sabtu 1 Januari 2022 pukul 19.30 WIB.

Tag: Timnas Indonesia Editor: Jumali

Artikel Terkait
SEMIFINAL SEA GAMES 202: Hadapi Thailand, STY: Kondisinya Kini Berbeda 15 hours ago
Sepak Bola SEA Games 2021: Gol Bunuh Diri Laos Antar Thailand Jadi Lawan Indonesia di Semifinal 2 days ago
Taktik Jitu Kunci Kemenangan Timnas U-23 3 days ago
SEPAKBOLA SEA GAMES 2021: Juarai Grup A, Garuda Muda Melenggang ke Semifinal 3 days ago
Suporter Indonesia Beri Ucapan Ultah Kepada Shin Tae-yong, Usai Indonesia Bekuk Filipina 4-0 4 days ago

Berita Pilihan

Hempaskan Juventus, Inter Sukses Rengkuh Trofi Coppa Italia Sosok Ini yang Bikin Dedy Gusmawan Kepincut PSS Begini Kondisi Cedera Ramai Rumakiek Setelah Ditangani Tim Dokter PSSI 22 Pemain Mataram Utama Bertolak ke Sidoarjo untuk Semifinal Liga 3 Rusia Tetap Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Euro 2028 meski Dihukum FIFA
Berita Terbaru
Arema FC vs PSIS Semarang: Panpel Siapkan Vaksin Booster untuk 3.000 Orang Aremania 7 hours ago
Final Liga Eropa, Eintracht Frankfurt vs Rangers, Prediksi Skor dan Susunan Pemain 14 hours ago
SEMIFINAL SEA GAMES 202: Hadapi Thailand, STY: Kondisinya Kini Berbeda 15 hours ago
Kembali Berseragam PSS Sleman, Ini Kata Syaiful Ramadan 20 hours ago
Penurunan Fisik Pemain PSS Sleman Dinilai Masih Wajar 22 hours ago

Terpopuler

Penurunan Fisik Pemain PSS Sleman Dinilai Masih Wajar Kembali Berseragam PSS Sleman, Ini Kata Syaiful Ramadan Arema FC vs PSIS Semarang: Panpel Siapkan Vaksin Booster untuk 3.000 Orang Aremania SEMIFINAL SEA GAMES 202: Hadapi Thailand, STY: Kondisinya Kini Berbeda Final Liga Eropa, Eintracht Frankfurt vs Rangers, Prediksi Skor dan Susunan Pemain
PSIM Jogja Rekrut Fauzan Fajri dan Ricky Ohorella 1 day ago
Renan Silva Diharapkan Tidak Hanya Mampu Pecahkan Kebuntuan 1 day ago
Hadapi Thailand di Semifinal, Indonesia U-23 Tanpa Asnawi Mangkualam 1 day ago
Prediksi Newcastle vs Arsenal, Liga Inggris Dini Hari Nanti 2 days ago
Sepak Bola SEA Games 2021: Gol Bunuh Diri Laos Antar Thailand Jadi Lawan Indonesia di Semifinal 2 days ago