News

Sepak Bola Putri Indonesia Dibantai Australia 18 Gol Tanpa Balas

Penulis: Lukman Nur Hakim
Tanggal: 21 Januari 2022 - 23:07 WIB
Timnas putri Indonesia - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia mendapat hasil buruk di pertandingan pertama Grup B Piala Asia 2022 lawan Australia, Jumat (21/1/2022), di Mumbai Football Arena, India yang berkesudahan 18-0 untuk kemenangan Australia.

Inisiatif serangan langsung di babak pertama dilakukan oleh Australia sejak peluit pertandingan dibunyikan melalui Samantha Kerr, namun sayang dirinya belum bisa mengkontrol bola tersebut dengan baik.

Memasuki lima menit pertama, Australia benar–benar menguasai jalannya pertandingan sore hari ini. Hasilnya, pada menit kesembilan, Samantha Kerr berhasil mencetak gol ke gawang Indonesia memanfaatkan umpang Emily Van Egmond.

Belum dua menit setelah gol pertama, pemain terbaik nomer dua dunia ini kembali mencetak gol kedua bagi Austrlia setelah menerima kembali umpan Emily Van Egmond. Tak sampai situ, kelengahan para pemain Indonesia kembali membuat Australia menambah golnya. Memanfaatkan umpang Samantha Kerr, penyerang Arsenal Women, Caitlin Foord mencetak gol ketiga Australia.

Setelah unggul tiga angka, Australia tidak berenti menggempur Timnas Indonesia. Buktinya, memasuki menit ke 17, Mary Fowler berhasil menambah kedudukan bagi Australia menjadi 4-0. Tidak sampai situ, pada menit ke 24, Hayley Raso membuat Australia kembali menambah keunggulan menjadi 5-0 setelah sundulannya tidak bisa ditepis oleh Fani.

Bagai jatuh tertimpa tangga, Australia mendapatkan hadiah penalti setelah Diah melanggar Foord di kotak penalti, Samantha Kerr berhasil mengeksekusi penalty dengan sangat tenang ke pojok kiri gawang Fani dan menambah skor menjadi 6-0 serta membuat dirinya menctak hattrick.

Indonesia bukan tanpa peluang, Zahra sempat membuat tembakan shoot on target ke gawang Australia, namun masih lemah dan bisa di amankan oleh kiper Australia. Memasuki setengah jam laga, Australia kembali menambah pundi – pundi golnya lewat Ellie Carpenter pada menit ke 34 memaksimalkan kelengahan lini pertahanan Indonesia.

Benar benar menunjukan kelasnya, Samantha Kerr kembali menyebloskan gol ke empatnya ke gawang Indonesia pada menit 36 dan membuat Australia unggul 8-0. Petaka kembali datang bagi Indonesia ketika menit 39 Shalika melanggar Caitilin Foord di dalam kotak penalti membuahkan penalti untuk Australia. Emily Van Egmond berhasil mengeksekusi tendangan tersebut dan membuat Australia unggil 9-0.

Setelah gol kesembilan, Australia masih menggempur pertahanan Indonesia, akan tetapi sampai peluit babak pertama dibunyikan skor masih 9-0 untuk Australia.

Babak kedua dimulai, Australia langsung tancap gas. Buktinya lewat skema tendangan pojok, Ellie Carpenter menambah keunggulan Australia di menit 49 menjadi 10-0 atas tim Garuda Pertiwi. Tak kunjung mengendurkan serangan, penyerang andalan Chelsea Women, Samantha Kerr kembali menjebloskan gol kelimanya dan menambah skor menjadi 11-0.

Setelahnya, pada menit ke 57 dan 58, Emily van Egmond berhasil menyebloskan dua gol lagi ke gawang Indonesia yang kali ini dijaga Nurhalimah dan membuat skor menjadi 13-0 sekaligus hatrick dari Emily van Egmond. Sebenarnya, Samantha Kerr mampu menambah pundi pundi golnya, namun sepakan penaltinya hanya membentur mistar gawang saja.

Unggul 13-0, Australia tidak mengendorkan serangnya. Pada menit 67, pemain Tottenham, Kyah Simon mencetak gold an menambah keunggulan menjadi 14-0. Tak sampai situ, pada menit 69, Emily mencetak quatrik dan membuat Australia unggul 15-0.

Australia benar–benar ingin membuktikan kekuatannya pada laga kali ini. Kyah Simon kembali menambah keunggulan Australia setelah memanfaatkan kesalahan Timnas Indonesia. Lagi lagi, kini Aivi Luik yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit 78 setelah sepakan back heel dirinya tidak mampu di hadang oleh Nurhalimah.

Indonesia bukan tanpa peluang, Baiq Amitatun sempat mengancam gawang Australia. Namun, tendangannya masih tinggi diatas gawang Australia. Pada menit 88, Hayley Raso kembali menambah keunggulan Australia menjadi 18-0. Hasil ini bertahan sampai peluit panjang dibunyikan oleh wasit.

Dengan kekalahan 18 - 0 dari Australia, menjadikan rekor kekalahan baru bagi Timnas Putri Indonesia setelah sebelumnya takluk 14-0 oleh Vietnam pada pagelaran AFF.

Di laga selanjutnya, Timnas Indonesia akan berhadapan lawan Thailand dan Filipina.

Susunan Pemain Indonesia vs Australia:

Timnas Putri Australia: M. Arnold; A. Kennedy, Clare Polkinhorne, Ellie Carpenter, S. Catley; Clare Wheeler; H. Raso, Emily van Egmond, M. Fowler, C. Foord; Sam Kerr.

Timnas Putri Indonesia: Fani Supriyanto; Vivi Okatavis, Diah Tri (Shalika Aurelia, 26), Ade Mustikiana, Remini Chere; Pani Tri, Helsya M, Baiq Amitatun, Octavianti Dwi, Vivi Silfianus (Rani Mulyasari, 26); Zahra Muzdalifah.

Tim Nasional Putri Indonesia melakoni laga perdana mereka melawan Australia dalam Piala Asia Putri 2022 di Mumbai Football Arena, Jumat (21/1/22), disiarkan langsung oleh Inews Tv.

Pertandingan ini merupakan laga pertama pada srikandi Indonesia setelah tiga dekade lamanya absen dari gelaran Piala Asia Putri. Pada gelaran tahun ini, Timnas Putri membawa skuad berisikan punggawa yang bermain di liga domestik saja, hanya nama Shalika Aurelia yang bermain di luar negeri, Roma FC.

Berbanding terbalik dengan Indonesia, Timnas Putri Australia membawa pemain ke Piala Asia tahun ini dengan skuad campuran antara pemain muda dan pemain berpengalaman.

Pelatih Autralia Tony Gustavson masih membawa beberapa pemain bintangnya, yakni Sam Kerr, Alanna Kennedy, Emily van Egmond. Dari skuad yang diturunkan oleh Australia, kebanyakan dari mereka bermain di Eropa dan Amerika Serikat.

Kabar Terkini Australia dan Indonesia:

Australia membawa skuad yang bisa dikatakan menakutkan di Piala Asia 2022 ini. Pelatih Tony meracik tim yang ia tangani dengan campuran antara para pemain muda yang sedang bersinar dengan para pemain berpengalaman seperti Sam Kerr dan koleganya.

Terlebih, dalam lima laga terakhir, Australia berhasil menang atas Brazil dan menahan imbang pusat kekuatan sepak bola wanita, yaitu Amerika Serikat. Namun, yang menjadi sorotan pada skuad Australia tentu adalah Sam Kerr yang merupakan peringkat 3 Baloon D’or 2021.

Berbeda dengan Australia, Indonesia menurukan pemain yang notabennya bermain di liga domestik saja, hanya satu nama yang bermain diluar, yaitu Shalika Aurelia. Tercatat, dalam lima laga terakhir skuad Srikandi Indonesia, mereka hanya menang melawan Kamboja dan Singapura, sisanya mereka di gulung 5-1 oleh Thailand dan 6-0 oleh Vietnam.

Berita Terkait

Milan dalam Tekanan, Bayang-Bayang Kekalahan 5-0 dari Atalanta
100 Anak Ikuti AFC Grassroots Day 2022 di Lapangan Kenari Jogja
Dampak Pandemi, China Mundur sebagai Tuan Rumah Piala Asia 2023
Link Siaran Langsung Tmnas U-23 Indonesia Vs Filipina di Sea Games 2021 Sore Ini

Berita Lainnya

  1. Final Liga Champions: Secuil Kisah dari Paris 41 Tahun Silam
  2. Jokowi Beri Tugas Baru Lagi, Ini Sederet Jabatan Luhut Pandjaitan
  3. Tukul Arwana Disuntik Vaksin Nusantara, Begini Kondisinya Sekarang
  4. Penganiayaan Di Tempat Parkir Karaoke Solo, 3 Pemuda Ditangkap Polisi

Berita Terbaru Lainnya

Kiper PSS Sleman, Ega Rizky Ingin Cepat Sembuh Sebelum Kompetisi
Lampaui Mourinho dan Wenger, Guardiola Kejar Rekor Ferguson
Jadi Orang Asia Pertama Peraih Golden Boot Liga Inggris, Son Dipuji Paulo Bento
Gabung PSIM Jogja, Ini Kata Eks PSS Sleman
Pamit dari Manchester United, Edinson Cavani Acungkan Jari Tengah ke Suporter
Thomas Doll Tak Bisa Menjamin Persija Langsung Juara
PSS Sleman Jalani TC Selama Sepekan di Kaliurang
SEPAK BOLA SEA GAMES 2021: Ernando Jadi Hero, Garuda Muda Amankan Perunggu
Unggul 2 Poin atas Inter, Milan Rajai Seri A Italia Musim Ini
Siapa Saja Pendamping City di Liga Champions? Ini Klasemen Akhir Liga Inggris