HomeSepakbola

Chelsea Menang Meyakinkan Atas Spurs

Oleh:Lukman Nur Hakim
24 Januari 2022 - 07:47 WIB

Dua andalan Chelsea, Hakim Ziyech (kiri) dan Timo Werner. - Twitter@ChelseaFC

Harianjogja.com, JAKARTA - Laga Chelsea vs Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-23 di Stadion Stamford Bridge akhirnya dimenangi The Blues dengan skor 2-0, Minggu (23/1/22).

Belum genap satu menit laga babak pertama berjalan, Chelsea langsung mengancam Tottenham yang diasuh pelatih Antonio Conte. Namun, umpan Mount belum dapat dimaksimalkan oleh striker Romelu Lukaku. Lagi-lagi, Chelsea kembali mengancam lini pertahanan Tottenham, kini lewat Hudson Odoi. Sayangnya sundulannya masih melebar tipis di sebelah kanan gawang Hugo Lloris.

Tuan rumah benar-benar memegang kendali pertandingan pada lima menit awal laga berlangsung tanpa adanya perlawanan dari Spurs. The Blues kembali mendapatkan peluang dari sepak pojok, namun sundulan Thiago Silva masih berada diatas gawang Spurs.
Kembali lagi, Chelsea melepaskan serangan ke pertahanan Tottenham lewat Hakim Ziyech. Tapi, tendangannya masih mudah ditepis olah Lloris. Setelah 12 menit laga berjalan barulah tim tamu berhasil menyimbangi tempo tuan rumah.

Buktinya, Hary Winks berhasil mengancam gawang Chelsea, namun tendangannya masih berhasil diamankan oleh Kepa Arizabalaga. Memasuki 20 menit laga berjalan, belum ada ancaman yang dilakukan kedua yang mengancam pertahanan keduanya.

Insiden terjadi ketika laga memasukin menit 21. Berawal dari sepakan pojok, bola muntah yang mengarah ke sisi sebelah kiri pertahanan Tottenham dikejar oleh Mount dan Tanganga. Saling tabrakan terjadi antar keduanya, Tanganga yang kehilangan keseimbangan meluncur ke arah papan board dan menabraknya. Untungnya, tidak terjadi luka serius yang terjadi pada insiden tersebut.

Setengah jam laga berjalan, belum ada peluang yang sangat mengancam dari kedua tim, namun pertandingan masih sepenuhnya di kendalikan oleh The Blues. Menit 31, Chelsea mendapatkan peluang untuk mencetak gol andai saja umpang dari Mount dapat dijangkau oleh Lukaku.

Chelsea benar benar menguasai pertandingan pada 30 menit ini, Kali ini Odoi mecoba peruntungannya dengan menyepak bola ke gawang Lloris, tapi bola malah melenceng ke sudut kiri gawang. 

Keasyikan menyerang, Chelsea kecolongan dengan lepasnya Sesengon di lini sebalah kanan Chelsea. Sayangnya, tendangan Sessegnon masih melenceng jauh dari gawang Kepa.

Pada menit 39, Harry Kane sebetulnya berhasil menjebol gawang Kepa. Namun, wasit menilai Kane melakukan pelanggran terhadap Thiago Silva terlebih dahulu.

Lukaku kembali mengancam gawang Lloris setelah lolos dari pengawalan lini belakang Tottenham, namun bola masih bisa dihadang oleh bek The Lily White. Setelah Lukaku kini giliran Thiago Silva yang memanfaatkan sepak pojok Ziyech, sayangnya sundulannya masih berada diatas gawang Lloris.

Lagi dan lagi, tuan rumah mendapat peluang emas di akhir laga setelah Azpilicueta dilanggar Sessengon. Tnamun Lloris masih bisa menangkap dengan baik tendangan tersebut. Sampai peluit akhir babak pertama dibunyika, skor Chelsea vs Tottenham masih sama kuat 0-0.

Hal unik terjadi sebelum wasih mebunyikan peluit babak kedua. Hal unik tersebut ketika jaring gawang Tottenham ada yang terputus dan wasit meminta perangkat pertandingan untuk memperbaikinya terlebih dahulu sebelum memulai laga.

Setelahnya laga di mulai kembali. Chelsea langsung menyerang melalui sisi kanan Tottenham. Hasilnya Ziyech berhasil menjebol gawang Lloris dengan gol yang sangat indah dari luar kotak penalti ke pojok kanan gawang Lloris memanfaatkan umpan Odoi dan membuat Chelsea sementara unggul 1-0.

Belum 1 menit setelah gol pertama terjadi, Ziyech kembali mengancam gawang Lloris, namun kali ini Lloris dapat menepis tendangan keras Ziyech. Setelah gol Ziyech, Spurs langsung bergerak cepat, akan tetapi lini pertahanan Chelsea masih sangat kuat untuk ditembus oleh lini depan spurs.

Chelsea kembali mengancam gawang Tottenham, kali ini melalui Mount. Berawal dari kerja sama Mount dengan Odoi, bola dapat disepak oleh Mount ke arah gawang, namun bola masih tinggi melambung diatas gawang Spurs.

Petaka kembali datang kepada tim tamu pada menit ke 54. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Eric Dier kepada Odoi, Chelsea berhasil mendapatkan tendangan bebas. Tendangan bebas yang diambil oleh Mount berhasil disambar oleh Thiago Silva dan merobek gawang Lloris, sehingga membuat skor menjadi 2-0 bagi tuan rumah.

Tottenham bergerak cepat setelah dua gol cepat Chelsea. Bergwjin berhasil memaksimalkan umpan dari Hary Kane, namun tendangan setengan voli yang dilakukannya masih tepat berada dipelukan Kepa.

Setengah jam laga berjalan, Chelsea kembali mendapatkan peluang emas usai Ziyech dijatuhkan oleh Davies. Sayangnya, tendangan bebas kali ini tidak dapat dimaksimalkan untuk menambah gol bagi tuan rumah.

Unggul 2-0 tidak membuat Chelsea mengendurkan serangannya, tuan rumah masih bernafsu menambah angka. Di sisi lain Tottenham ingin menyusul ketinggalan mereka dan membuat tempo pertandingan pada babak kedua ini semakin cepat.

Lukaku kembali mengancam gawang Spurs setelah menerima umpan dari Jorginho, namun tendangannya masih dapat diamankan oleh Lloris. Tottenham juga mendapatkan peluang melalui Winks, namun tendangannya masih dapat dihentikan bek The Blues.

75 menit pertandingan berjalan, terjadi jual beli serangan diantara kedua tim. Tetapi, lini pertahanan kedua tim sangat rapat dan disiplin yang membuat bola tidak dapat merobek kembali gawang keduanya. Lloris benar benar bermain apik pada laga kali ini dengan beberapa kali menepis tendangan dari lini depan Chelsea.

Memasuki 10 menit seblum laga berakhir tidak ada yang berubah, kedua tim sama-sama masih memainkan tempo cepat dan saling jual beli serangan. Namun, tidak ada lagi serangan yang benar mengancam gawang keduanya.

Pada menit ke 85, Tottenham, mendapatkan peluang emas. Lewat skema tendangan pojok, Hary Kane berhasil menyundul bola dengan keras kearah gawang Chelsea. Sayangnya, Kepa masih sigap untuk menepis sundulan itu dan membuat skor masih 2-0.

Setelah peluang tersebut, Tottenham malah balik mengatur jalannya pertandingan pada 5 menit terakhir babak kedua, tetapi lini pertahanan Chelsea masih sulit ditembus oleh lini depan Spurs.

Sampai peluit panjang dibunyikan wasit, skor masih 2-0 untuk Chelsea. Dengan hasil ini Chelsea masih berada di peringkat ke 3 klasemen dengan poin 47 . Sedangkan Tottenham turun ke peringkat 7 klasemen sementara dengan poin 36.

Susunan Pemain Chelsea Vs Tottenham:

Chelsea (4-2-2-2) : Kepa; C. Azpilicueta, T. Silva, A. Rudiger, M. Sarr; M. Kovacic, Jorginho; H. Ziyech, M. Mount; C. Hodson Odoi, R. Lukaku.

Tottenham (3-5-2) : H. Lloris; D. Sanchez, E. Dier, J. Tanganga; B. Davies, P. Hojbjerg, H. Winks, M. Doherty, R. Sesengon; S. Bergwijn, H. Kane.

Sumber: JIBI/Bisnis.com Tag: Liga Inggris Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Prediksi Newcastle vs Arsenal, Liga Inggris Dini Hari Nanti 2 days ago
Preview Final Piala FA: Klopp Sebut Liverpool Butuh Keberuntungan untuk Kalahkan Chelsea 4 days ago
MU Dipermalukan Brighton, Ralf Rangnick: Kami Main Buruk, Saya Minta Maaf 1 week ago
Tak Berkutik, Setan Merah Digulung Brighton 4 Gol Tanpa Balas 1 week ago
Tersisa 3 Laga Lagi, Ini Jadwal Laga Penting Liga Inggris Akhir Pekan Ini 1 week ago

Berita Pilihan

Hempaskan Juventus, Inter Sukses Rengkuh Trofi Coppa Italia Sosok Ini yang Bikin Dedy Gusmawan Kepincut PSS Begini Kondisi Cedera Ramai Rumakiek Setelah Ditangani Tim Dokter PSSI 22 Pemain Mataram Utama Bertolak ke Sidoarjo untuk Semifinal Liga 3 Rusia Tetap Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Euro 2028 meski Dihukum FIFA
Berita Terbaru
Arema FC vs PSIS Semarang: Panpel Siapkan Vaksin Booster untuk 3.000 Orang Aremania 7 hours ago
Final Liga Eropa, Eintracht Frankfurt vs Rangers, Prediksi Skor dan Susunan Pemain 14 hours ago
SEMIFINAL SEA GAMES 202: Hadapi Thailand, STY: Kondisinya Kini Berbeda 15 hours ago
Kembali Berseragam PSS Sleman, Ini Kata Syaiful Ramadan 20 hours ago
Penurunan Fisik Pemain PSS Sleman Dinilai Masih Wajar 22 hours ago

Terpopuler

Penurunan Fisik Pemain PSS Sleman Dinilai Masih Wajar Kembali Berseragam PSS Sleman, Ini Kata Syaiful Ramadan Arema FC vs PSIS Semarang: Panpel Siapkan Vaksin Booster untuk 3.000 Orang Aremania SEMIFINAL SEA GAMES 202: Hadapi Thailand, STY: Kondisinya Kini Berbeda Final Liga Eropa, Eintracht Frankfurt vs Rangers, Prediksi Skor dan Susunan Pemain
PSIM Jogja Rekrut Fauzan Fajri dan Ricky Ohorella 1 day ago
Renan Silva Diharapkan Tidak Hanya Mampu Pecahkan Kebuntuan 1 day ago
Hadapi Thailand di Semifinal, Indonesia U-23 Tanpa Asnawi Mangkualam 1 day ago
Prediksi Newcastle vs Arsenal, Liga Inggris Dini Hari Nanti 2 days ago
Sepak Bola SEA Games 2021: Gol Bunuh Diri Laos Antar Thailand Jadi Lawan Indonesia di Semifinal 2 days ago