Advertisement

Penyakit Polio di Klaten, Antusiasme Warga Ikut Imunisasi Tinggi

Taufiq Sidik Prakoso
Jum'at, 19 Januari 2024 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Penyakit Polio di Klaten, Antusiasme Warga Ikut Imunisasi Tinggi Ilustrasi vaksin / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Antusiasme warga Kabupaten Klaten untuk mengikuti Sub Pekan Imunisasi Nasional atau PIN Polio tinggi.

Capaian imunisasi di Kabupaten Bersinar masuk tiga besar tertinggi di Jawa Tengah (Jateng). Sub PIN Polio digelar serentak di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) serta Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Advertisement

Sub PIN Polio merupakan program imunisasi tambahan untuk menanggulangi kejadian luar biasa (KLB) polio di beberapa daerah, salah satunya Klaten. Ada temuan satu kasus polio di Klaten yang dialami seorang anak berumur enam tahun dan kondisinya kini terus membaik.

Sub PIN Polio termasuk di Klaten digelar dalam dua tahap dengan tahap pertama dimulai pada Senin (15/1/2024). Sementara, tahap kedua bakal dimulai pada Senin (19/2/2024). Imunisasi diberikan kepada semua anak usia nol tahun hingga tujuh tahun 11 bulan 29 hari. Di Klaten, sasaran Sub PIN Polio mencapai 127.183 anak. Pada Sub PIN Polio tahap pertama, capaian imunisasi putaran pertama di Klaten terhitung tinggi.

“Alhamdulillah capaian hasil Sub PIN Polio di Klaten peringkat ketiga se-Provinsi Jateng,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Hanung Sasmito Wibowo, Jumat (19/1/2024).

BACA JUGA: Hujan Terus Menerus hingga 23 Januari 2024, Ini Daerah Sebarannya

Capaian Sub PIN Polio hingga hari ketiga atau Rabu (17/1/2024) mencapai 69,76%. Hingga kini, Sub PIN Polio putaran pertama masih terus berjalan. “Target cakupan Sub PIN Polio minimal 95 persen untuk masing-masing putaran. Monitoring dan evaluasi terus kami laksanakan sampai Sabtu [20/1]. Semoga Klaten bisa meraih capaian lebih dari 95 persen,” kata Hanung.

Ditanya ada atau tidaknya penolakan imunisasi di Klaten, Hanung mengatakan monitoring dan evaluasi hingga kini masih terus berjalan. “Setelah monev, kami lakukan sweeping bagi sasaran yang menolak ataupun yang belum bisa hadir di fasilitas kesehatan,” jelas Hanung.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Yunita Dyah Suminar, menjelaskan di Jateng ada 3,9 juta anak yang menjadi sasaran Sub PIN Polio. Capaian imunisasi tambahan itu ditargetkan minimal 95% dari sasaran.

“Kami mengimbau agar 3,9 juta anak di Jateng dibawa ke tempat-tempat pos Sub PIN Polio. Imunisasi ini gratis dan tidak menyebabkan anak demam dan sebagainya,” kata Yunita saat pencanangan Sub PIN Polio di Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Senin.

Di Jateng, hanya ada satu temuan kasus polio yakni satu kasus di Klaten. Dia menilai semestinya di Klaten tidak ada kasus polio karena cakupan imunisasi polio di Klaten sudah mencapai 101%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo, DPC PDIP Terima Pendaftaran Kader Partai Lain

Kulonprogo
| Minggu, 28 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement