Advertisement

Angin Puting Beliung Menerjang Gondangrejo Karanganyar Merusak 28 Rumah, Tiang Listrik Ambruk

Indah Septiyaning Wardani
Selasa, 27 Februari 2024 - 10:17 WIB
Maya Herawati
Angin Puting Beliung Menerjang Gondangrejo Karanganyar Merusak 28 Rumah, Tiang Listrik Ambruk Tiang listrik di Desa Tuban, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, ambruk diterjang puting beliung pada Senin (26/2/2024). ist/BPBD Karanganyar - Solopos

Advertisement

Harianjogja.com, KARANGANYARAngin puting beliung menerjang Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (26/2/2/2024). Sebanyak 24 rumah dilaporkan rusak.

Selain menyebabkan rumah rusak, angin kencang yang melanda Gondangrejo juga menumbangkan sejumlah pohon, reklame hingga tiang listrik.

Advertisement

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Hendro Prayitno, mengatakan bencana puting beliung menerjang dua desa masing-masing Desa Selokaton dan Desa Tuban di wilayah Kecamatan Gondangrejo, Senin sore.

Di Desa Selokaton, pohon tumbang menutup akses jalan di Dusun Pancuran dan jalan penghubung Dusun Pancuran-Dusun Sidorejo. Kemudian, angin juga menumbangkan reklame dan tiga tiang listrik di Selokaton. Bahkan satu tiang listrik menimpa bangunan garasi rumah Sumarno, warga kampung Ngegot.

“Sampai pukul 01.00 WIB langsung ditangani PLN untuk tiang listrik yang roboh,” kata dia kepada Solopos.com, jaringan Harianjogja.com, Selasa (27/2/2024) pagi.

BACA JUGA: Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan di Kulonprogo Disediakan Layanan Konsultasi HIV/AIDS

Selain pohon, reklame dan tiang listrik roboh, dia menambahkan ada 17 rumah di Dusun Ngegot, Desa Selokaton rusak diterjang angin puting beliung. Kerusakan sebagian besar ada di bagian atap yang berterbangan.

Kemudian angin puting beliung juga menerjang Desa Tuban, Kecamatan Gondangrejo. Dampak angin puting beliung ini 11 rumah rusak diterjang angin tersebut. Satu rumah warga milik Suripto, mengalami kerusakan berat. Bangunan dapur dan gudang ukuran 15×16 meter roboh total.

“Dinding dari gedek bambu dan atap seng rangka kayu roboh. Kalau rumah lainnya rusak pada bagian atap yang terbang dibawa angin,” katanya.

Hendro mengatakan tim BPBD langsung diterjunkan ke lokasi dan melakukan pembersihan pascaterjangan angin puting beliung. Kemudian menyerahkan bantuan logistik kepada warga terdampak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo Jogja Jumat 3 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Palur Solo

Jogja
| Jum'at, 03 Mei 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement