Advertisement

Indonesia Turunkan Skuad Terbaik untuk Rebut Piala Sudirman 2023

Akbar Evandio
Minggu, 30 April 2023 - 17:27 WIB
Sunartono
Indonesia Turunkan Skuad Terbaik untuk Rebut Piala Sudirman 2023 Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie berpose saat penyerahan medali juara tunggal putra turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2023 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (29/1/2023). Jonatan Christie menjadi juara tunggal putra Daihatsu Indonesia Masters 2023 usai mengalahkan rekan senegaranya Chico Aura Dwi Wardoyo dengan skor 21-15 dan 21-13. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso - tom.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan menurunkan tim terbaik yang dimiliki Indonesia untuk berjuang demi kejayaan Merah-Putih pada  kejuaraan Piala Sudirman 2023.

Kabid Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan dengan diperkuat para pemain terbaik di sektornya masing-masing. Indonesia bertekad untuk memboyong kembali lambang supremasi kejuaraan dunia bulu tangkis beregu campuran tersebut.

Advertisement

Dengan diperkuat para pemain terbaik di masing-masing sektor, ia optimistis tim bulutangkis Indonesia akan mampu berbicara banyak dan memboyong Piala Sudirman yang sudah lama dinantikan.

Kejuaraan bertajuk TotalEnergies BWF Sudirman Cup Finals 2023 tersebut bakal berlangsung di Suzhou, China, pada 14-21 Mei 2023. Sejak kejuaraan beregu campuran ini diperkenalkan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Indonesia baru sekali merebutnya, yaitu pada perhelatan perdana saat berlangsung di Jakarta tahun 1989.

Penantian tanpa gelar juara selama lebih dari tiga dasa warsa itulah yang ingin diakhiri tim bulu tangkis Indonesia tahun ini.

Tak heran, demi ambisi besar memboyong trofi yang namanya diabadikan untuk menghormati dedikasi dan perjuangan tokoh bulu tangkis Sudirman itulah, PP PBSI menyertakan kekuatan terbaik menuju Suzhou, China.

"Kami bertekad ingin juara dan memboyong kembali Piala Sudirman yang pertama kali dan terakhir direbut Indonesia pada tahun 1989. Karenanya, kami harus datang ke China dengan kekuatan terbaik dan terkuat yang kita miliki," katanya melalui rilis PBSI, Minggu (30/4/2023).

Demi memuluskan target tersebut, Rionny pun menyebut pasangan ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dipanggil untuk masuk membela skuad Merah-Putih pada Piala Sudirman 2023.

Meskipun saat ini Dejan/Gloria bukan dibina di Pelatnas Cipayung, tetapi dengan performa apik dan menjanjikan belakangan ini, kedua pemain ini pantas direkrut masuk tim Indonesia.

"Ini karena membawa nama Indonesia. Siapa pun pemain yang memiliki performa terbaik, layak masuk tim. Meskipun Dejan/Gloria tidak dibina di Pelatnas Cipayung, melihat prestasi dan performanya selama ini, mereka sangat layak kita panggil dan masuk untuk memperkuat tim Indonesia ke Piala Sudirman 2023," katanya.

Di luar Dejan/Gloria, nama-nama pemain lain yang memperkuat tim Indonesia ke Piala Sudirman adalah para pemain penghuni Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur. Di tunggal putra diperkuat Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Untuk tunggal putri, ada Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Pada ganda putra, Indonesia mengandalkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Sedangkan di ganda putri, diperkuat Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari.

 

Sementara di ganda campuran masih ada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah.

"Inilah para pemain terbaik yang siap membela nama Indonesia pada perebutan Piala Sudirman 2023. Kita membawa amunisi pemain yang begitu merata di semua sektor. Dengan kekuatan terbaik yang kita miliki, Indonesia tentu siap menghadapi semua lawan," kata Rionny.

Berikut Skuad Indonesia ke Piala Sudirman 2023:

Putra:

  1. Anthony Sinisuka Ginting
  2. Jonatan Christie
  3. Fajar Alfian
  4. Muhammad Rian Ardianto
  5. Marcus Fernaldi Gideon
  6. Kevin Sanjaya Sukamuljo
  7. Leo Rolly Carnando
  8. Daniel Marthin
  9. Rinov Rivaldy
  10. Adnan Maulana
  11. Dejan Ferdinansyah

Putri:

  1. Gregoria Mariska Tunjung
  2. Putri Kusuma Wardani
  3. Apriyani Rahayu
  4. Siti Fadia Silva Ramadhanti
  5. Ribka Sugiarto
  6. Lanny Tria Mayasari
  7. Pitha Haningtyas Mentari
  8. Nita Violina Marwah
  9. Gloria Emanuelle Widjaja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wapres Ma'ruf Amin Segera Temui Gibran, Ini yang Akan Dibahas

News
| Rabu, 24 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement