Advertisement

279 Atlet Bulutangkis dari 7 Negara Bertanding dalam Superliga Junior 2023

Nina Atmasari
Senin, 08 Mei 2023 - 09:57 WIB
Sunartono
279 Atlet Bulutangkis dari 7 Negara Bertanding dalam Superliga Junior 2023 Direktur Superliga, Achmad Budiharto (4 dari kiri), penyelenggara dan para atlet bulutangkis dalam Press Conference Polytron Superliga Junior 2023 di Grand Artos Hotel, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Sebanyak 279 atlet bulutangkis siap bertarung bertanding dalam Polytron Superliga Junior 2023. Tak hanya asal Indonesia, para atlet junior tersebut juga datang dari beberapa negara dengan tradisi bulutangkis yang kuat di kawasan Asia yaitu Malaysia, Chinese Taipei, Vietnam, Thailand, Singapura, dan Hong Kong China.

Polytron Superliga Junior 2023 akan memperebutkan empat piala bergengsi, yaitu Piala Liem Swie King (U-19 Putra), Piala Susy Susanty (U-19 Putri), Piala Hariyanto Arbi (U-17 Putra), Piala Yuni Kartika (U-17 Putri).

Advertisement

Selain itu, ratusan atlet junior tersebut juga akan bersaing untuk membawa pulang total hadiah lebih dari Rp1 miliar. Pertandingan akan berlangsung di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah pada 8 hingga 14 Mei 2023, terbuka untuk umum dan gratis.

Direktur Superliga, Achmad Budiharto, menjelaskan penyelenggaraan Superliga Junior 2023 ini dilakukan setelah empat tahun vakum karena pandemi Covid-19. "Setelah terakhir pada 2019 lalu, dengan beragamnya partisipan dari berbagai negara maupun klub tahun ini, diharapkan dapat meningkatkan sisi kompetitif yang memacu semangat dan daya juang serta kekompakkan tim dalam pertandingan format beregu," katanya, dalam Press Conference Polytron Superliga Junior 2023 di Grand Artos Hotel, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (7/5/2023).

Ia berharap kejuaraan ini menjadi ajang untuk meningkatkan level atlet-atlet junior di Kawasan Asia sehingga kelak melahirkan juara-juara yang tak hanya berprestasi di kawasan Asia tapi juga panggung dunia. Selain itu, ia mengatakan momentum ini menjadi ajang memetakan kekuatan negara lawan dan mengasah bakat, mental serta teknik para atlet muda.

Ketua Umum Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf berharap kejuaraan bulutangkis beregu yang mengadaptasi format beregu Piala Thomas dan Uber ini menjadi ajang bagi para atlet junior mengembangkan kualitas bertanding maupun mengasah mental untuk melangkah ke kejuaraan yang lebih tinggi.

“Dengan format beregu, atlet-atlet tidak hanya harus menampilkan kemampuan terbaik di atas lapangan, tapi juga membangun nilai-nilai kekompakan, kerjasama dan soliditas sebagai tim," katanya.

Polytron Superliga Junior 2023 diikuti oleh 13 klub nasional dan mancanegara. Salah satu atlet U-19 dari klub PB Djarum, Moh. Zaki Ubaidillah menyatakan siap mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya demi meraih podium memboyong Piala Liem Swie King bersama rekan setimnya. Juara Piala Presiden 2022 ini juga menyebut ini telah menjalani berbagai persiapan rutin, baik fisik maupun mental demi meraih targetnya tersebut.

“Karena saya dan tim memiliki target untuk meraih piala, kami sudah melakukan latihan secara rutin dari jauh-jauh hari agar bisa tampil prima dan mendapat hasil maksimal. Meskipun lawannya cukup berat dan banyak dari atlet luar negeri, tapi kami tetap optimistis,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement