Advertisement

Sederet Prestasi Kombes Sumardji Manajer Timnas Indonesia

Restu Wahyuning Asih
Rabu, 17 Mei 2023 - 08:57 WIB
Sunartono
Sederet Prestasi Kombes Sumardji Manajer Timnas Indonesia Manajer Timnas Indonesia, Kombes Pol Sumardji, bersama dengan Pelatih Indra Sjafri, Shin Tae Yong, dan Mantan Ketum PSSI Iwan Bule - PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Manajer Timnas Indonesia Kombes Pol Sumardji menjadi korban pemukulan dari official Thailand saat laga final sepak bola di SEA Games 2023.

Ia mengalami luka di bagian bibir setelah dihantam tendangan oleh tim Thailand. Namun hal itu langsung dibalas dengan karma baik, lantaran Indonesia berhasil menjuarai SEA Games 2023.

Advertisement

Kemenangan ini menjadi hal yang tak terlupakan karena Indonesia akhirnya menorehkan gelar juara SEA Games setalah 32 tahun lamanya. Seperti diketahui, Timnas Indonesia menang dramatis atas Thailand dengan skor final 5-2 pada Selasa, 16 Mei 2023 di Olympic Stadium Phnom Penh.

BACA JUGA : Manager Timnas Indonesia Korban Pemukulan Ofisial

Berikut sederet prestasi Sumardji di bidang sepakbola:

Piala Asia U-20

Sumardji yang berprofesi sebagai manajer, berhasil mendampingi Timnas Indonesia lolos Piala Asia U-20 pada 2023. Indonesia yang menjadi tuan rumah, keluar sebagai pemenang Grup F. Bahkan skuad Garuda berhasil masuk ke putaran final. Sayangnya Indonesia gagal mendapat juara.

Juara Piala AFF U-22

Pada 2019, Sumardji berhasil mendampingi skuad Garuda sebagai pemenang Piala AFF U-22 2019 yang digelar di Kamboja. Meski sempat terseok, Indonesia mampu keluar sebagai juara setelah mengalahkan Vietnam di semifinal dengan skor 1-0. Kemudian Indonesia juga menumbangkan Thailand di final dengan skor 2-1.

Bhayangkara FC Juara Liga 1

Sumardji juga sempat menorehkan prestasinya saat mendampingi Bhayangkara FC memenangkan Liga 1 pada 2017. Meski kalah di pertandingan terakhirnya melawan Persija Jakarta dengan skor 2-1, namun Bhayangkara FC menang poin.

Pada akhir musim tersebut, tim Gurdians mendapatkan 68 poin, yang mana mengungguli Bali United meski memiliki poin yang sama.

Lulusan Secapa

Sumardji merupakan perwira menengah polisi dengan pangkat Komisaris Besar (Kombes). Pria kelahiran 12 Februari 1972 ini mengemban amanat sebagai Auditor Kepolisian Madya Tk. III Itwasum Polri sejak 23 Desember 2022.

Lulusan Secapa Polri tahun 2001 yang berpengalaman dalam bidang lantas menduduki Dirlantas Polda Bengkulu sebelum menjadi auditor kepolisian. Di dunia sepak bola Tanah Air, Sumardji mengawali kariernya sebagai manajer klub Bhayangkara FC pada 2016.

Sejumlah prestasi pun ditorehkannya bersama klub besutan Polri itu. Dia berhasil membawa Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 musim 2017. Sumardji pun dipercaya menjadi manajer langganan di Timnas Indonesia U19 dan U22 hingga senior. B

ersama timnas, dia berhasil mendulang banyak prestasi di antaranya Piala AFF U22 tahun 2019 dan runner-up Sea Games 2019.  Selain menjadi manajer timnas, Sumardji pernah ditunjuk sebagai anggota tim Satuan Tugas Tim Nasional Indonesia (Satgas Timnas) pada 2023 di bawah Ketua Umum PSSI saat itu, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Kemudian, di bawah kepemimpinan Erick Thohir, dia dipercaya menjadi anggota Exco PSSI periode 2023-2027 dan Manajer Timnas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement