Advertisement

Stadion Paling Aneh di Dunia, Penonton Harus Menoleh ke Samping untuk Menonton Pertandingan

Lajeng Padmaratri
Rabu, 17 Mei 2023 - 13:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Stadion Paling Aneh di Dunia, Penonton Harus Menoleh ke Samping untuk Menonton Pertandingan Stadion Mmabatho di Afrika Selatan terkenal dengan desainnya yang tidak biasa. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, MAFIKENG—Stadion Mmabatho di Afrika Selatan terkenal dengan desainnya yang tidak biasa. Pasalnya, stadion ini memiliki tribun tinggi yang justru tidak menghadap ke lapangan, melainkan ke arah tribun lainnya.

Stadion ini dibangun pada tahun 1981. Hingga saat ini, Stadion Mmabatho sering disebut sebagai contoh desain arsitektur yang tidak praktis karena desain tribunnya.

Advertisement

Melansir Oddity Central, desain stadion itu diwujudkan oleh pemerintah Lucas Mangope yang memerintah Bophuthatswana Bantusan dan dirancang oleh arsitek Israel Goodovitch serta insinyur Ben Abraham. Mereka datang dengan konsep yang tidak konvensional dan bertentangan dengan hampir semua prinsip dasar desain stadion.

Rupanya, pihak berwenang tampaknya menyukai gagasan itu dan melanjutkan pembangunannya. Setelah diresmikan, tidak butuh waktu lama bagi orang-orang untuk menyadari bahwa keberadaan tribun yang ditinggikan dengan desain aneh itu tidak menawarkan pemandangan terbaik dari aksi pemain di lapangan. Para penonton di tribun bahkan harus menoleh ke samping untuk menonton pertandingan.

Terletak 300 km dari Johannesburg, dekat perbatasan Afrika Selatan dengan Botswana, Stadion Mmabatho adalah stadion terbesar kelima di negara Afrika, tetapi belakangan ini jarang digunakan karena desainnya yang tidak praktis. Stadion itu adalah rumah dari Mmabatho Kicks dari Liga Sepak Bola Profesional Bophuthatswana yang sekarang sudah tidak ada.

Desain yang tidak biasa dan pengalaman menonton yang buruk adalah alasan utama mengapa Mmabatho dilecehkan selama Piala Dunia FIFA 2010, baik untuk pertandingan resmi maupun sebagai lapangan latihan. Satu-satunya aksi yang dilihatnya akhir-akhir ini melibatkan pertandingan amal sesekali dan pertandingan netral antara klub sepak bola Afrika Selatan.

Stadion dengan 59.000 tempat duduk ini paling sering digambarkan sebagai tempat yang aneh. Meski demikian, beberapa orang benar-benar melihatnya sebagai karya seni, dan bahkan membandingkannya dengan bunga tulip yang sedang mekar.

Betapapun beraninya desain Mmbatho, kurangnya fungsionalitas tribun yang mencolok telah menurunkan popularitas stadion besar ini ke peringkat rendah. Desain stadion ini bahkan tidak menginspirasi arsitek saat ini untuk meniru konsepnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement