Advertisement

Resmi, Rafael Struick dan Ivar Jenner Jadi WNI

Jumali
Selasa, 23 Mei 2023 - 05:07 WIB
Jumali
Resmi, Rafael Struick dan Ivar Jenner Jadi WNI Pemain naturalisasi Rafael Struick dan Ivar Jenner Jadi WNI - PSSI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dua pemain kelahiran Belanda, Rafael Struick dan Ivar Jenner, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), setelah mereka menjalani upacara pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Senin (23/5/2023).

BACA JUGA: Ivar Jenner Jalani Debut Bersama dengan Tim Utama

Advertisement

Struick dan Jenner sebelumnya direncanakan dinaturalisasi agar dapat membela timnas Indonesia U-20 pada Piala Dunia U-20 2023. Namun meski kejuaraan akbar tersebut batal diselenggarakan di Indonesia dan Indonesia tercoret dari kompetisi itu, Struick dan Jenner tetap menjalani proses naturalisasi sesuai komitmen mereka.

Resminya Struick dan Jenner menjadi WNI, disambut hangat Ketua Umum PSSI Erick Thohir, di tengah kegiatan penandatanganan nota kesepakatan antara PSSI dengan Japan Football Association (JFA) di Tokyo, Jepang.

"Alhamdulillah Struick dan Jenner sudah menjalani proses pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta hari ini," kata Erick seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Selesainya proses untuk menjadi WNI sangat disyukuri oleh Struick dan Jenner yang sama-sama bermain di Liga Belanda. Struick saat ini membela ADO Den Haag, sedangkan Jenner bermain untuk FC Utrecht II.

"Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saya saat ini, tetapi saya sangat senang. Terima kasih banyak. Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita. Saya sudah tidak sabar untuk bergabung dengan tim dalam pemusatan latihan," tutur Jenner.

"Ini adalah hari yang istimewa buat saya, buat keluarga saya. Sama seperti Ivar, saya juga sudah tidak sabar untuk melakukan pemusatan latihan bersama timnas Indonesia," kata Struick.

Dengan resminya Struick dan Jenner menjadi WNI, Erick pun menilai persaingan untuk memperebutkan posisi di tim nasional akan semakin menarik dan kompetitif. Sehingga ke depannya, diharapkan dapat terbentuk skuat timnas Indonesia yang berkualitas baik.

"Para pemain lain tentu akan semakin termotivasi untuk bersaing secara sehat, meningkatkan kemampuan agar dipilih menjadi bagian dari skuat Garuda," kata sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Setelah Struick dan Jenner resmi menjadi WNI, kini tinggal satu proses lagi yang harus dijalani sebelum keduanya dapat dipanggil memperkuat timnas Indonesia. Proses itu adalah perpindahan federasi dari Federasi Sepak bola Kerajaan Belanda (KNVB) ke PSSI.

Erick pun berharap proses itu dapat dilaksanakan sesegera mungkin, agar kedua pemain tersebut dapat memperkuat tim Merah-Putih pada sejumlah kompetisi mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement